Langsung ke konten utama

Cara Buat Paspor Dan Endorsment Nama Imigrasi Batam

Jaman sekarang berlibur keluar negeri bukanlah hal yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia, karena banyak sekali maskapai yang memberikan diskon harga tiket menuju negara diseluruh dunia. Apalagi bagiku yang tinggal di Batam, jarak kota Batam menuju Singapura hanya membutuhkan waktu 45 menit saja, Hal inilah membuatku ingin sekali membuat paspor. Namun seiring peminat yang membuat paspor semakin banyak, maka untuk mendaftar harus menggunakan aplikasi M-Paspor.

Paspor Indonesia

Daftar Membuat Paspor Melalui Aplikasi M-Paspor

Kalo jaman dulu, kita rela datang subuh subuh kekantor imigrasi demi mendapatkan nomor antrian, Alhamdulillah sekarang sudah dipermudah, cukup dengan menginstall aplikasi M-Paspor kita udah bisa mendaftarkan diri dan keluarga untuk membuat Paspor. Tapi sayang sungguh disayang, sekarang untuk mendapatkan quota pendaftaran juga sangat sulit, karena cepat sekali fullnya. 

Setelah beberapa kali Aku mencoba, akhirnya Aku bisa juga mendaftar, Aku melakukan pendaftaran dihari Jum'at sekitar jam 2 siang, sesuai rekomendasi dari teman teman. Saat itu Aku melihat untuk kantor imigrasi di Batam sudah full semua, yang tersisa hanya di kantor Belakangpadang, Tanjunguban dan Tanjungpinang. Akhirnya Aku memilih kantor Belakangpadang karena lebih dekat dari Batam

Setelah kita bisa masuk ke Aplikasi, kita harus mengisi semua form yang disediakan melalui aplikasi, kemudian kita harus melampirkan :

  • KTP
  • KK
  • IJAZAH
  • AKTA LAHIR

Setelah dokumen tersebut diupload, kita akan memilih tanggal yang masih tersedia, trus kita akan diberikan dokumen bukti daftar M Paspor, dan bukti daftar ini harus di PRINT OUT, untuk dibawa ke imigrasi. Setelah itu kita diharuskan membayar sebesar Rp 350.000 untuk paspor biasa dan Rp 650.000 untuk E-paspor dalam waktu 1 jam, dan jika tidak dibayar, maka pengajuan daftar paspor ini dibatalkan dan kita  harus mulai daftar dari awal lagi.

Batam - Belakangpadang 

Meski jarak Batam - Belakangpadang dekat, tetap aja Aku harus nyebrang menggunakan pancung/boat. Pelabuhannya terletak di Sekupang bersebelahan dengan pelabuhan domestik. Biaya sekali perjalanan adalah Rp 20.000 berarti PP 40.000 dengan jarak tempuh 20 menit.

Setelah sampai di Pelabuhan Belakangpadang, kita cukup melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki saja, karena jarak imigrasi tidak terlalu jauh kok, paling 1.5km dari pelabuhan.

Setelah sampai di Imigrasi, temuilah security yang jaga disana, tunjukkan berkas berkas asli dan fotocopy yang kita bawa seperti  KTP,  KK ,IJAZAH, AKTA LAHIR, Surat Keterangan Kerja, Materai 10rb 1 Lembar, dan FORM DAFTAR ONLINE (wajib diprint out )

Jika dokumen lengkap, kita akan dikasi nomor antrian, dan tinggal menunggu untuk wawancara, lama waktu tergantung suasana disana ya, rata rata perorang menghabiskan waktu 10-20 menit. Setelah semua selesai, paspor bisa diambil 4 hari kemudian.

Oh iya, didalam kantor Imigrasi Belakangpadang juga ada playground untuk anak anak, sehingga anak anak bisalah bermain disana biar gak bosan menunggu, namun tetap diawasi ya.

Endorsment Nama Orangtua Jika Nama 1 Kata di Paspor

Buat pemegang paspor yang namanya hanya 1 kata sepertiku, jika ingin ke Saudi Arabia baik untuk urusan transit, jalan jalan, atau umroh ini harus membuat endorsment nama dipaspornya, karena Kerajaan Saudi Arabia memberlakukan minimal 2 kata dan maximal 3 kata untuk masuk kenegaranya. 

Adapun syarat untuk endorsment nama :

  • KK
  • KTP
  • IJAZAH
  • AKTA LAHIR
  • PASPOR 
  • Surat dari Travel untuk yang ingin umroh ( wajib )

Pengajuan endorsment nama tak perlu menggunakan aplikasi M-paspor, karena kita bisa langsung datang ke imigrasi, biaya penambahan endorsment nama adalah GRATIS dan masa waktu penyelesaian tetap 3-4 hari kerja.

Endorsment Paspor

Endorsment ini berlaku hanya untuk masuk kenegara Saudi Arabia, karena saat apply VISA kita diwajibkan memasukkan Nama Depan Nama Tengah dan Nama Belakang. Jadi bagi nama 1 kata, biasanya akan ditambah dengan nama Ayah dan Nama Kakek dibelakangnya, begitu juga saat membeli tiket pesawat dengan tujuan Saudi Arabia, nama yang tertera ditiket sebaiknya langsung nama yang sudah di endorse. 

Contoh nama dihalaman Depan SARAH Nama di halaman endorsment ACHMAD DENI, jadi pesan nama ditiket pesawat  SARAH ACHMAD DENI

Semoga bermanfaat :)






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid

Cara Naik MRT dari Terminal 4 Changi Singapura

Nah ceritanya ini adalah pengalaman pertama aku traveling sendiri keluar negeri. Gak jauh jauh sih, hanya ke Pulau Langkawi Malaysia saja, berhubung dapat tiket murahnya dari Langkawi airport Malaysia menuju Changi airport Singapura, mau tak mau aku harus browsing sana sini dan tanya sana sini sama teman teman yang udah pernah turun di Changi khususnya di terminal 4 untuk penerbangan Air Asia. Terminal 4 Changi Singapura