Langsung ke konten utama

Liburan Awal Tahun 2023 Kota Kinabalu - Kundasang Sabah Malaysia 2 Hari 1 malam

Kundasang merupakan sebuah kota di distrik Ranau Sabah Malaysia yang berada di sepanjang tepi lembah Kundasang. Kundasang terkenal dengan keindahan view bukit bukit nan hijau dan juga Gunung Kinabalu. Karena keindahannyalah Aku dan teman teman tertarik untuk berkunjung kesana.

Sulap Homestay Kundasang

2 Januari 2023, Jam 8 malam waktu Malaysia,  pesawat Air Asia yang kami tumpangi mendarat dengan lancar di kota Kinabalu.  Tampak dari ketinggian kota Kinabalu tidaklah terang seperti kota kota besar lainnya, kota Kinabalu sangat redup jika dilihat dari ketinggian.

Asiknya Airport di Kota Kinabalu ada Grab, sehingga kita bisa punya pilihan selain taxi airport. Letak grab ada di pintu 5 sehingga jika keluar dari pintu kedatangan kita harus berbelok sebelah kiri dan teruslah berjalan sampai ujung. Biaya grab dari airport menuju Switch Paradise Hotel tempat kami menginap adalah RM 10.00 saja, karena kami ber 4 jadi bisa share cost RM 2.5, murah meriah 😊 Dan karena kami sampainya malam, jadi pilihan malam ini adalah istirahat saja.

Sewa Mobil RM 120 / Hari di Kota Kinabalu

Berbekal informasi dari Kak Ian resepsionis hotel tempat kami menginap, kamipun mendapatkan kontak untuk penyewaan mobil selama di Kota Kinabalu, kalo cari di online juga bisa kok dengan harga yang sama juga RM 120/ hari. Mobil yang kami dapat adalah jenis Sedan Proton Saga, mobilnya juga matic dan nampak seperti mobil baru. Untuk bensin full kami cukup mengisi dengan biaya RM 49.9.

Tanggal 3 Januari 2023 sebelum ke Kundasang, kami pergi mencari sarapan dulu didekat Paradise Hotel, Alhamdulillah kami ketemu Happy Muslim Restoran, disini kami menikmati Nasi Ayam dan Soto Ayam, rasanya enak banget. Total kami makan bertiga  sekitar RM 31.

Setelah sarapan selesai, baru kami melanjutkan perjalanan menuju Kundasang. Berbekal google maps kami melewati jalan demi jalan yang medannya juga sudah bagus, sehingga perjalanan jadi lancar.

30KM sebelum sampai di Kundasang, kabut udah mulai muncul menutupi jalan dan bukit2 yang ada disebelah kanan kiri jalan, apalagi saat itu hujan mulai turun, jadilah jalan menjadi agak licin ditambah medan yang berkelok kelok, membuat temanku lebih hati hati dalam menyetir.

Kami berhenti saat menemukan tandas /toilet yang ada dipinggir jalan, Tandas disini biayanya ada yang RM 0.50 ada juga RM 0.30. Oh iya, disepanjang jalan juga kita bisa melihat plang gereja khatolik hingga sampai di kundasang. Bisa jadi di Kinabalu- Kundasang memang mayoritasnya Khatolik. Dan 2.5 jam berlalu akhirnya kamipun sampai di penginapan Sulap Homestay.

Sulap Homestay Kundasang Penginapan Paling Bagus Viewnya

Memilih penginapan itu gampang gampang susah gaes, selain dari segi harga tentunya kita ingin mendapatkan view dan lokasi yang paling bagus. Setelah browsing dari hari kehari, akhirnya kami memutuskan untuk memilih Sulap Homestay. Oh iya pesan Sulap Homestay langsung di websitanya saja ya, sebab kalo dari Agoda full terus.

Sulap Homestay Kundasang

Sulap ini ada 2 bangunan, 1 untuk Sulap House yang bisa diisi oleh tamu yang lebih dari 4 orang keatas, sedangkan untuk Sulap Room biasanya untuk tamu 2 - 4 orang. Untuk fasilitas sama saja, tetap disediakan dapur. Hanya saja kalo untuk sarapan tamu yang menginap di Sulap Room harus pergi ke Sulap House. Jarak dari Sulap Room ke Sulap House sekitar 120m. Dan yang viewnya seperti bangunan di Eropa itu adalah Sulap House.

Harga Sulap Room

• Sulap  House For 10 Pax + Include sarapan 3 person
  • Senin - Kamis RM 600
  • Jum'at - Minggu / Hari Raya RM 650

Setelah meletakkan barang barang di kamar, Kami memih keluar untuk makan siang, kebetulan sekali didepan Sulap room ada rumah makan muslim, akhirnya kamipun makan siang disana, harganya juga standar ya mulai dari RM 6.00 saja untuk nasi goreng dan nasi lauk ayam.

Beli Durian Merah Di Kundasang Ternyata Rasanya Hambar

Saking uniknya Aku liat ada durian berwarna merah, Akupun meminta kepada teman temanku untuk membelinya, untuk ukuran paling kecil harga duriannya RM 20.00, tak masalahlah pikirku yang penting mencobanya daripada penasaran, selain itu ada juga durian putih yang kami beli dengan harga 1 buah RM 60.00, mahal ? iya karena kalo dikurs kerupiah satu buah sekitar Rp 215.000 karena duriannya juga tak terlalu besar.

Namun saat dimakan, durian putih ini begitu enak, rasanya manis, dan isinya tebal. Sehingga taklah ada rasa menyesal membelinya walau mahal, namun berbanding terbalik dengan durian merah ini, rasanya betul tak enak, tapi mau dibuang ketong sampah kok ya sayang, alhasil Aku akali dengan memakannya sistem 1-1, 1 bijik makan yang merah, kemudian 1 bijik makan yang putih biar balance rasanya 😂, dan akhirnya habis juga kami memakannya, terutama Aku lah yang congok, makan paling banyak. maafkan saye 😋

Desa Dairy Farm / Peternakan Sapi di Kundasang

Tempat wisata yang pertama kami kunjungi saat berada di Kundasang adalah Desa Dairy Farm, karena lokasinya sangat dekat sama Sulap Homestay, paling 7 menit saja sudah sampai  dengan mengendarai mobil, Sayangnya saat kami kesana kabut turun dengan tebalnya karena hujan seharian. Akhirnya kami hanya main2 didepan gerbangnya saja. Namun foto dibawah ini Aku ambil keesokan pagi harinya.

Untuk masuk ke Desa Dairy Farm, tamu cukup membayar RM 5.00 / orang dewasa dan anak anak RM 4.00, sedangkan anak anak usia dibawah 6 tahun Free. Namun kita harus membelinya lewat online melalui websitenya , dan saat kami kesana, syukur penjaganya baik hati, jadi kami diizinkan sekali ini saja untuk membeli secara offline.

Desa Dairy Farm Kundasang

Jam Buka Desa Dairy Farm adalah setiap hari dari pukul 8 pagi hingga 5 sore dengan aktivitas sebagai berikut :
Jam 8.00 am- 9.00am  ( Selasa, Kamis, Minggu ) waktunya packing susu yang telah di produksi
Jam 9.00am -2.00pm Sapi sapi dilepas diarea kandang, bisa juga liat sapi dimandikan
Jam 2.00pm- 4.00pm, waktunya pemerasan susu sapi
Jam 8.30am & 4.30pm waktunya sapi dikasi makan

Desa Dairy Farm Kundasang

View didalam area Desa Dairy Farm sangatlah indah, apalagi kalo cuaca sedang cerah, Gagahnya Gunung Kinabalu yang dikelilingi oleh perbukitan yang hijau membuat kita merasa berada di Eropa, padahal masih di Asia.

Tak hanya bisa melihat sapi bercorak hitam putih disini, kita juga bisa melihat langsung proses packing susu, dan membeli susu segarnya mulai dari harga RM 2.20 saja. Tersedia rasa vanilla dan coklat, namun saat itu Aku mencicipi susu segar dengan rasa vanilla, susunya enak dan pastinya gak bikin eneg. Selain membeli susu segar, kami juga membeli Yougurt dengan harga mulai dari RM 6.00, selain itu masih ada jajanan lain seperti pizza dan bola bola ayam crispi.

Sosodikon Hill Kundasang Dan Kebun Strawberry yang terlewatkan

Keesokan harinya cuaca begitu cerah, sehingga kami terlalu menikmatinya di penginapan, sehingga kami bisa dibilang kesiangan menuju Desa Dairy Farm karena kabut telah turun pada pukul 9 pagi. Namun kami berusaha tetap pergi kekebun Strawberry , tapi sayang saat sampai disana, strawberry sedang tidak ada hanya juice nya saja yang tersedia, sementara kami inginnya memetik buahnya. Jadi kami memutuskan untuk keluar saja. Diperjalanan sebetulnya kami ingin ke Sosodikon Hill, tapi ternyata kami kelewatan dan akhirnya malas mau putar arah lagi, ya sudahlah kami melanjutkan perjalanan selanjutnya yakni ke Fish Spa yang ada di Ranau

Fish Spa Bombon Kg Marakau Ranau

Lokasi Fish Spa sebetulnya agak jauh dari Kundasang, sebelum kesini, kami telah checkout terlebih dahulu dari hotel. Perjalanan ditempuh sekitar 1.5 jam juga, tapi tenang saja kita bisa mengandalkan google maps kok, dan bakalan ketemu lokasinya yang tak jauh dari Pekan Ranau. Lokasi Fish Spa mudah ditemukan karena ada Plangnya juga yang diletakkan dipinggir jalan raya.

Fish Spa Bombon Kg Marakau Ranau buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 5 sore dengan harga tiket masuk :
  • Dewasa  (Lokal Malaysia ) RM 5.00
  • Dewasa ( Luar Negara ) RM 10.00
  • Anak anak RM 3.00
Fish Spa Marakau Ranau

Tiket masuk tersebut akan ditukar dengan makanan ikan satu bungkus. Ketika kita masuk ke area kita akan melihat sungai yang berisi ikan ikan yang banyak, ikannya besar besar, bikin geram ah😂, Aku yang paling tak bisa liat air, tak menunda nunda lagi turun kesungai untuk memberi makan ikan ikan disana, sungguh menyenangkan berinteraksi dengan mereka karena sudah jinak. Saat kita memberi makan, maka mereka akan mendekat, dan sesekali berjalan dan menggigit kaki, issh geli geli tapi aku coba tetap tenang, karena tak ingin membuat mereka takut.

Rasanya Aku ingin lebih lama disini, karena selain adem tempatnya Aku tuh suka air, suka berinteraksi dengan hewan, tapi sayang hari mulai siang, kami harus keluar dan melanjutkan perjalanan ketempat yang lain lagi.

Kebuh Teh Sabah

Mendengar kata kebun teh, yang ada dalam bayanganku adalah hamparan kebun teh nan hijau, tentunya bisa memanjakan mata, kamipun menuju kebun teh sabah dengan menempuh jarak sekitar 1 jam juga, lagi lagi kami hanya mengandalkan google maps, perjalanan disini cukup sepi namun viewnya mantap betul, Alhamdulillah kami sampai ditujuan, dan masuknya ternyata disini free.

Didalam kawasan Kebun Teh ada restoran yang menjual hasil teh dan makanan lainnya, ada juga rumah pohon serta penyewaan baju adat disana.

Ada gazebo tempat beristirahat dengan pemandangan hamparan bukit nan hijau didepan sana. Ingin sekali berlama lama disini, tapi memang waktu tak memungkinkan. Sehingga kamipun keluar lokasi dan menuju pulang ke kota Kinabalu agar kami tidak kemalaman dijalan, mengingat suasana malam di kota kinabalu sedikit gelap, jadi cari aman saja kami sore sudah harus keluar dari daerah Ranau.

Kebun Teh Sabah

Kamipun menuju kekota dan berhenti hanya untuk mengisi perut, setelah itu kami mencari pencucian mobil yang syukurnya masih ada yang bukan walau sudah jam 6 sore di daerah kinabalu. Oh iya carwash disini seharga RM 18, sudah cuci luar dalam.

Kami tiba di OYO Stay inn Hotel pukul 8 malam dengan selamat. Dan mobil diambil pemiliknya di Hotel ini juga.

Total Biaya Selama di Kota Kinabalu - Kundasang Untuk 4 orang 2 Hari 1 Malam :

Nomor Kontak Penyewaan Mobil di Kota Kinabalu +60 10-954 1726

u

Komentar

1. asik banget wisata ke pedesaan kayak gini, ke kebun teh, kebun strawberry. Jadi pengen juga
    aku sendiri belum singgah ke Kinabalu, next time perlu juga diagendakan

BalasHapus
  2. Waaaah ini bagian Malaysia yg aku sampe skr ga sempet2 datangin. Padahal penasaran dengan Sabah Serawak dan Bbrp kota lainnya. Cuacanya panas banget ya mba. Aku cuma pernah ke Brunei dulu, dan suhunya ampun siiih, ga kuat blasss saking panasnya 😅

Duuuh sayang amat durian merah ternyata hambar. Aku udh kebayang bakal manis kayak madu sih . Tapi sama kayak mba, aku pun ttp bakal beli secara penasaran dengan rasa. kalopun ternyata ga enak, at least udh coba 😄

3. Asyik bgts Kak Sarah di Kinabalu ya. Mupeng..... Wisata beginian paling demen aku mah. Ada sapi juga... Penginapnnua keren dan gak milik ya...

BalasHapus
  4. Kalau dihitung-hitung jatuhnya biayanya cukup terjangkau juga yaKak, bisa keliling Kinabalu dengan biaya satu jutaan. Aku baru tahu ini nih, makasih banget udah ngasih tulisan ini. Aku belum kemana-mana lagi selain Legoland doank haha

5. Beberapa waktu ini kayaknya orang-orang yang travelling ke Malaysia pada explore desanya, ya.. Desanya pun bagus banget dan layak jadi tempat wisata plus healing, dari pada ke wilayah perkotaan terus, kann... Thanks tulisannyaa, Kak Sarah.. :D

6. kalau dilihat dari foto-fotonya bukan seperti berada di Malaysia ya, seperti di Eropa. BTW berapa budjet untuk terbang ke sana kalau ditotalkan.

BalasHapus
  7. Infonya berguna ni utk yg mau ke Kinabalu, menarik, mbak.

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid