Langsung ke konten utama

Cara Ke Brunei Darussalam Dari Kota Kinabalu Sabah Malaysia

Negara Brunei Darussalam merupakan negara kecil yang dikenal makmur dan sejahtera rakyatnya. Saking makmurnya Brunei membuatku penasaran ingin mengunjungi negara ini. Ntah apa yang spesial disana Akupun tak tau, yang jelas Aku ingin kesana, melihat sendiri kehidupan disana seperti apa, melihat suasana kotanya seperti apa.



Langkah Pertama Naik Bus Dari KK Sentral Menuju Pelabuhan Menumbok

Tangal 5 Januari 2023, Aku dan teman teman memulai perjalanan menuju Brunei Darussalam melalui Kota Kinabalu Sentral (KK ) Sentral, disini kami membeli tiket Bus seharga RM 20.00 menuju pelabuhan Menumbok dengan lama perjalanan 2.5 jam, dan kami harus memilih perjalanan pagi yakni jam 7.45


Schedule Bus KK- Menumbok


Schedule Bus KK- Brunei


Bus KK - Menumbok


Adapun jadwal Bus dari Kota Kinabalu ( KK )  - Menumbok adalah

  • Setiap hari senin - jum'at  7.45 am/pagi dan 9.45am /pagi
  • Setiap hari sabtu dan minggu jam 1.45 pm/siang

Sedangkan jadwal dari Menumbok ke Kota Kinabalu ( KK ) adalah

  • Setiap hari senin- jum'at 11.00am/pagi dan 1.30pm/siang
  • Setiap hari sabtu dan minggu jam 5pm/sore

Sebenarnya BUS langsung dari KK menuju Brunei Darussalam ada, hanya saja berangkatnya tidak setiap hari, namun hanya hari senin, rabu dan jum'at yakni Jam 7.30am/ pagi saja. Sedangkan dari Brunei ke KK setiap hari selasa, kamis dan sabtu di jam 7.30 am /pagi juga.

Karena kami harus berangkat ke Brunei hari kamis, alhasil kami harus ke Menumbok terlebih dahulu. Menumbok ini merupakan terminal Bus dan juga pelabuhan kapal Fery dan Boat.  

Kami harus berangkat dihari Kamis, lantaran kami sudah membeli tiket pesawat untuk pulang ke Kuala Lumpur pada hari Jum'at jam 9 pagi. Jika hari ini kami tak sampai ke Brunei maka tiket pasti hangus, belum lagi kami pasti kena denda karena cancel penginapan yang sudah kami pesan sebelumnya.


Langkah Kedua Naik Boat Menumbok Menuju Pelabuhan Labuan

Karena kami butuh perjalanan cepat makanya kami memilih menggunakan Boat yang lama perjalanan menyebrang ke Pelabuhan Labuan hanya 20 menit. Dan saat itu kami mendapatkan tiket utk keberangkatan jam 12.45 karena jam 11.30 Full 😢 Oh iya harga tiket Boat untuk WNA adalah RM 16.50 dan untuk lokal RM 9.00. Sistem pembelian tiket masih manual jadi ya harus antri dan deg degan deh, karena harus kejar kejaran dengan waktu.


Terminal Bus Menumbok


Pelabuhan Menumbok

Jadwal Boat Menumbok Labuan

Ruang Tunggu Pelabuhan Menumbok


Adapun jadwal Boat dari Menumbok ke Labuan adalah sbb:

  • Setiap hari senin, jam 6.45-7.15-8.15-9.45-11.00am -12.30pm-2.00-3.15-4.30-5.40
  • Setiap hari selasa -jum'at  jam 6.45-7.45-9.00-10.15-11.30am -12.45pm -2.00-3.15-4.30-5.40
  • Setiap hari sabtu - minggu jam 6.30-8.30-9.45-11.00am- 12.00pm-1.00-2.15-3.15-4.30-5.40


Dan Jadwal Boat dari Labuan ke Menumbok adalah :

Setiap hari jam 7.30-8.30-9.45-10.45-11.45am -1.15pm-2.15-3.30-4.00-5.00

Akhirnya Boat berangkat juga jam 12.50 dan jam 1.15 sudah sampai di pelabuhan di Labuan. Nah disini pasport kami diperiksa oleh petugas imigrasi, Alhamdulillah semua berjalan lancar.


Langkah Ketiga Naik Ferry Labuan Menuju Pelabuhan Feri Serasa Brunei

Setelah keluar dari pelabuhan Labuan, yang pertama kami cari adalah kounter tiket kapal menuju Brunei Darussalam. Lokasi kounter tiket berada disebelah kanan pintu keluar pelabuhan.  Disini Aku baru bernafas lega karena Ferry terakhir berangkat jam 3.15 sore. 


Jadwal Kapal Labuan Brunei

Book Online Fery Labuan Brunei

Pelabuhan Serasa Brunei

Jadwal Ferry Dari Labuan - Terminal Feri Serasa Jam 7.00 am  dan 15.15pm dengan harga tiket RM 61.30 sudah include tax dan biaya print tiket.

Kami masih punya waktu sekitar 2 jam di Pelabuhan Labuan, masa ini Aku gunakan untuk sholat dan istirahat saja, hingga waktunya tiba kami naik Ferry rasanya bahagia banget. Akhirnya Aku akan menginjakkan kaki di Negara Brunei Darussalam. Dan perjalanan Labuan ke Brunei hanya 1 jam saja. Jadi jam 4.30 sore kami sudah sampai di Brunei dan disambut oleh petugas Imigrasi yang baik hati😊




Budget Kota Kinabalu - Brunei Darussalam

Bus KK- Menumbok RM 20.00

Boat Menumbok - Labuan RM 16.50

Fery Labuan - Serasa Brunei  RM 61.30

Total = RM 97.80 * Rp 3.580 = Rp 350.000
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Serunya Bermain Cable Ski di Batam Wake Park Bengkong

Mendengar permainan Cable Ski biasanya kesan pertama itu harganya MUAHAL ! dan hanya orang orang berduit lah yang sanggup menikmati water sport ini. karena dihari sabtu dan minggu harga bermain cable ski ini  Rp 250.000/ jam. Namun jangan minder duluan, karena Batam Wake Park yang ada di Bengkong ini memberikan harga promo di weekday hanya RP 50.000/ hari, Nah loh ?? masih gak pengen nyobain main watersport yang seru ini ? promo dari Batam Wake park Beralamat di kawasan golden city bengkong, Batam wake park ini hadir untuk meramaikan permainan yang penuh tantangan di atas air.  Ada dua area danau buatan yang disediakan bagi peserta yang ingin bermain cable ski. 1 Danau kecil  Disinilah tempat bagi pemula belajar cara memainkan wakeboarding/ cable ski. pertama tama kita wajib memakai life jacket, helmet, wakeboarding dan mengikatnya dengan erat.  Kemudian pelatihnya akan mengajari teknik teknik bermain cable ski. Kedengarannya simple dan mudah ya ? Tapi percayalah, kam

Indahnya Pantai Glory Melur Barelang Batam

Siapa ni disini yang paling senang hunting pantai baru yang ada di Batam ? Yang tunjuk tangan satu hati dong sama aku hehehe. Gatal aja bawaan kaki kalo udah dengar ada pantai baru yang dibuka. Apalagi kalo didaerah Barelang, karena aku tau disana lautnya bagus, pasirnya lembut serta kalo air laut sedang pasang, duuh jernih banget airnya, sejernih hatiku, eaaaa. Sejak di buka pada akhir Desember 2020, baru di bulan Februari 2021 aku bisa mengunjungi Pantai Glory Melur yang semakin hari semakin diminati oleh para pengunjung ini. Tak salah menurutku karena kalo dilihat dari foto foto yang bertebaran di media sosial, Pantai Glory Melur memang indah dan rapi penataannya. Minggu pagi sengaja aku turun dari rumah jam 6.00 lantaran aku juga ingin melihat moment sunrise di daerah Jembatan 1. Namun sayang karena harus mampir membeli sarapan dan mengisi bahan bakar, akhirnya aku kesiangan juga. Matahari sudah naik saat aku sampai di Jembatan 1 Barelang. Perjalanan tetap aku lanjutkan dengan sena