Langsung ke konten utama

Cara Ke Brunei Darussalam Dari Kota Kinabalu Sabah Malaysia

Negara Brunei Darussalam merupakan negara kecil yang dikenal makmur dan sejahtera rakyatnya. Saking makmurnya Brunei membuatku penasaran ingin mengunjungi negara ini. Ntah apa yang spesial disana Akupun tak tau, yang jelas Aku ingin kesana, melihat sendiri kehidupan disana seperti apa, melihat suasana kotanya seperti apa.

Langkah Pertama Naik Bus Dari KK Sentral Menuju Pelabuhan Menumbok

Tangal 5 Januari 2023, Aku dan teman teman memulai perjalanan menuju Brunei Darussalam melalui Kota Kinabalu Sentral (KK ) Sentral, disini kami membeli tiket Bus seharga RM 20.00 menuju pelabuhan Menumbok dengan lama perjalanan 2.5 jam, dan kami harus memilih perjalanan pagi yakni jam 7.45

Schedule Bus KK- Menumbok

Sedangkan jadwal dari Menumbok ke Kota Kinabalu ( KK ) adalah

• Setiap hari senin- jum'at 11.00am/pagi dan 1.30pm/siang
  • Setiap hari sabtu dan minggu jam 5pm/sore

Sebenarnya BUS langsung dari KK menuju Brunei Darussalam ada, hanya saja berangkatnya tidak setiap hari, namun hanya hari senin, rabu dan jum'at yakni Jam 7.30am/ pagi saja. Sedangkan dari Brunei ke KK setiap hari selasa, kamis dan sabtu di jam 7.30 am /pagi juga.

Karena kami harus berangkat ke Brunei hari kamis, alhasil kami harus ke Menumbok terlebih dahulu. Menumbok ini merupakan terminal Bus dan juga pelabuhan kapal Fery dan Boat.

Kami harus berangkat dihari Kamis, lantaran kami sudah membeli tiket pesawat untuk pulang ke Kuala Lumpur pada hari Jum'at jam 9 pagi. Jika hari ini kami tak sampai ke Brunei maka tiket pasti hangus, belum lagi kami pasti kena denda karena cancel penginapan yang sudah kami pesan sebelumnya.

Langkah Kedua Naik Boat Menumbok Menuju Pelabuhan Labuan

Karena kami butuh perjalanan cepat makanya kami memilih menggunakan Boat yang lama perjalanan menyebrang ke Pelabuhan Labuan hanya 20 menit. Dan saat itu kami mendapatkan tiket utk keberangkatan jam 12.45 karena jam 11.30 Full 😢 Oh iya harga tiket Boat untuk WNA adalah RM 16.50 dan untuk lokal RM 9.00. Sistem pembelian tiket masih manual jadi ya harus antri dan deg degan deh, karena harus kejar kejaran dengan waktu.

Terminal Bus Menumbok

Pelabuhan Menumbok

Jadwal Boat Menumbok Labuan

Ruang Tunggu Pelabuhan Menumbok

Adapun jadwal Boat dari Menumbok ke Labuan adalah sbb:

• Setiap hari senin, jam 6.45-7.15-8.15-9.45-11.00am -12.30pm-2.00-3.15-4.30-5.40
  • Setiap hari selasa -jum'at  jam 6.45-7.45-9.00-10.15-11.30am -12.45pm -2.00-3.15-4.30-5.40
  • Setiap hari sabtu - minggu jam 6.30-8.30-9.45-11.00am- 12.00pm-1.00-2.15-3.15-4.30-5.40

Dan Jadwal Boat dari Labuan ke Menumbok adalah :

Setiap hari jam 7.30-8.30-9.45-10.45-11.45am -1.15pm-2.15-3.30-4.00-5.00

Akhirnya Boat berangkat juga jam 12.50 dan jam 1.15 sudah sampai di pelabuhan di Labuan. Nah disini pasport kami diperiksa oleh petugas imigrasi, Alhamdulillah semua berjalan lancar.

Langkah Ketiga Naik Ferry Labuan Menuju Pelabuhan Feri Serasa Brunei

Setelah keluar dari pelabuhan Labuan, yang pertama kami cari adalah kounter tiket kapal menuju Brunei Darussalam. Lokasi kounter tiket berada disebelah kanan pintu keluar pelabuhan.  Disini Aku baru bernafas lega karena Ferry terakhir berangkat jam 3.15 sore.

Jadwal Kapal Labuan Brunei

Book Online Fery Labuan Brunei

Pelabuhan Serasa Brunei

Jadwal Ferry Dari Labuan - Terminal Feri Serasa Jam 7.00 am  dan 15.15pm dengan harga tiket RM 61.30 sudah include tax dan biaya print tiket.

Kami masih punya waktu sekitar 2 jam di Pelabuhan Labuan, masa ini Aku gunakan untuk sholat dan istirahat saja, hingga waktunya tiba kami naik Ferry rasanya bahagia banget. Akhirnya Aku akan menginjakkan kaki di Negara Brunei Darussalam. Dan perjalanan Labuan ke Brunei hanya 1 jam saja. Jadi jam 4.30 sore kami sudah sampai di Brunei dan disambut oleh petugas Imigrasi yang baik hati😊

Budget Kota Kinabalu - Brunei Darussalam

Bus KK- Menumbok RM 20.00

Boat Menumbok - Labuan RM 16.50

Fery Labuan - Serasa Brunei  RM 61.30

Total = RM 97.80 * Rp 3.580 = Rp 350.000

Komentar

1. seneng banget ya mbak, impian yang terwujud nih.
    jadi ada gambaran buat aku nantinya kalau misal mau ke Brunei dengan melalui jalur darat.

BalasHapus
  2. Serunya kak jalan2 ke sana... Mupeng bangets... Lama juga ya perjalanan ke Kinabalu, tp gak kerasa ya karena rasa penasaran yg menggebu-gebu.. .

3. Ya Allah, Kak. Seneng deh kalo baca tulisan perjalanan kk... Trus penjelasannya detail, tinggal praktekin aja nih ke Brunei Darussalam lewat Kota Kinabali Sabah, Malaysia. Hihi.

4. Aku penasaran banget ingin ke Brunei, sempat lihat story kak Sarah dan Zacka, seru juga kayanya kapan2 explore Brunei

BalasHapus
  5. Luar biasa..Apakah ada transportasi darat dari kinabalu k Brunei?

Balasan
    1. Ada pake bus, sesuai dengan tulisan diatas

Hapus

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid