Langsung ke konten utama

Waterfront Emang Pusat Rekreasi Saat Berlibur di Kuching Sarawak Malaysia

Sabtu tanggal 17 September 2022, kuawali perjalananku melalui Pelabuhan Fery Internasional Batam Centre, Dengan harga tiket 360K one way ( Citra Fery ) , Aku membelinya di Travel, kalo beli langsung dipelabuhan ternyata 350K. Batam menuju Pelabuhan Stulang Laut  ( Johor ) ditempuh selama 2 jam. Kapalnya besar, dan sangat nyaman. 


Jembatan Darul Hana Sarawak
Jembatan Darul Hana Sarawak



Kapal Citra Ferry Batam - Malaysia
Pelabuhan Harbourbay


Sesampainya di Pelabuhan Stulang Laut, pemeriksaan di imigrasi berjalan lancar, tak perlu menunjukkan aplikasi apapun, hanya stamp paspor dengan beberapa pertanyaan dari petugas, Akupun dipersilahkan melanjutkan perjalanan.


Aku membeli simcard di area pelabuhan dengan harga RM 30.00 dan setelah bisa berinternet ria, Akupun keluar dari pelabuhan, dan menunggu bus dihalte yang berada tak jauh dari pelabuhan Stulang Laut. Kali ini BUS 123 tujuan JB Central cukup lama datangnya, sekitar 35 menit gitu deh, cukup bosan menunggu tapi ya gitulah, demi harga tiket murah meriah RM 1.3 Aku harus sabar menanti.


Halte Bus Stulang Laut Johor
Pelabuhan Stulang Laut


Perjalanan dari Pelabuhan Stulang Laut menuju JB Central hanya 15 menit saja. Setelah sampai di JB Akupun mencari konter untuk membeli tiket Bus menuju Senai Airport seharga RM 8.00. 


JB Central
JB Sentral

Bus JB Central Senai Airport
Suasana JB Sentral Selepas Pandemi


Jam 6 waktu Malaysia, Bus menuju Senai Airport pun berangkat, dan lama waktu perjalanan kali ini sekitar 45 menit, karena suasana jalan saat itu juga lancar jaya. Sehingga jam 6.45 kami semua sudah sampai di bandara. 


Enaknya naik Air Asia kita bisa checkin online dan bisa langsung mencetak boarding pass melalui mesin yang ada di dalam bandara, sehingga tak perlu lagi ke konter, lagipula memang  saat itu Aku gak ada bagasi juga selain 1 travel bag ukuran kecil.


Jam 20.00 Pesawatku berangkat dan menempuh perjalanan diudara selama 1.5 jam, dan akhirnya Aku sampai juga di Bandara Kuching. Alhamdulillah sampai dengan selamat. Di Bandara Aku bisa memesan Grab dan ini tentu saja membuat biaya perjalanan lebih murah, yakni RM 13.00 menuju penginapanku yang berada di Woodpacker Lodge Waterfront dengan lama perjalanan sekitar 25 menit saja. Dan setelah sampai di penginapan, Akupun memilih istirahat karena jam juga sudah menunjukkan pukul 10 malam waktu malaysia.


Penginapan Woodpecker
Hostel Tempat Aku Menginap



Jogging di Area Waterfront Kuching Sarawak


Karena hostel tempat Aku menginap terletak tak jauh dari pusat kota dan waterfront, jadi pagi pagi sekali Aku sudah bangun dan memilih olahraga. Kebetulan juga waterfront kuching posisinya berada disamping sungai, alhasil membuatku jauh lebih bersemangat. Maklum anak air, kalo dah ketemua benda cair ini bawaannya tenang aja, heheheh


Meski masih pagi, suasana di waterfront sudah mulai ramai aja, karena memang banyak yang jogging juga. Namun Aku tak menemukan ada yang jual sarapan, dan toko toko disekitarnya juga masih pada tutup. Alhasil ya udah Aku tetap jogging santai sajalah walau perut mulai lafaaar 😁


Ada Jembatan Darul Hana Yang Indah di Waterfront Kuching

Masih diseputaran waterfront, ada jembatan tinggi yang begitu indah, nama jembatan tersebut adalah Darul Hana. Jembatan Darul Hana menghubungkan Kuching Selatan dan Kuching Utara. Jika dilihat dari bawah, Jembatan ini melingkar seperti huru S yang bisa jadi berarti Sarawak. 


Jembatan Darul Hana Dari Waterfront


Akupun mulai berjalan menaiki jembatan Darul Hana, saat berada ditengah jembatan, Aku bisa melihat suasana kota Sarawak, dan melihat masjid yang berada ditepi sungai yang bernama Masjid India Bandar Kuching, Astana dan juga Esplanade.


Masjid India Bandar Sarawak


Ada Pertunjukan Air Mancur Menari Saat Malam Hari 

Menghabiskan waktu liburan di area waterfront cukup menyenangkan, saat pagi hari kita bisa melakukan jogging, sore bisa menikmati kuliner dan mencoba naik wisata boat yang akan membawa kita mengelilingi sungai disarawak dengan biaya RM 19.00/30 menit, sedangkan dimalam harinya kita bisa mendapatkan hiburan berupa air mancur menari yang diputar didepan gedung Esplanade. Atraksi air menari ini disajikan kurang lebih selama 2 jam, yakni dari jam 8 malam hingga pukul 9 malam.


Setelah atraksi air menari habis, satu persatu pengunjung juga mulai meninggalkan area waterfront, Akupun beranjak pergi untuk menikmati kuliner malam hari, kira kira jam 10 malam ternyata yang jualan juga sudah mulai berkemas kemas dagangannya. Melihat suasana mulai sepi Akupun beranjak pulang ke penginapan dan memilih istirahat.


Kota kuching menurutku cukup nyaman dijadikan tempat liburan, suasana kotanya masih seperti di Indonesia, orangnya ramah ramah, makanan halal juga banyak.  Minusnya cuma di transportasi umum saja yang kurang, karena selama 2 hari Aku di Kuching Aku tak menemukan BUS, yang banyak hanya transportasi online seperti Grab dan Maxim.


View Esplanade Kuching



ASTANA Dan ESPLANADE Yang Tak Tersampaikan

Astana merupakan istana yang jadi kediaman resmi dari Yang di-Pertua Negeri Sarawak ( Gubernur Sarawak ). Asatana tidak bisa dimasuki oleh pengunjung, sehingga hanya bisa diliat dari luar saja.  Sedangkan Esplanade bisa dikunjungi dengan cara menyewa perahu kecil untuk menyebrang sungai. Pilihan ke Esplanade sebaiknya di sore hari karena bisa menikmati waktu senja.











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Serunya Bermain Cable Ski di Batam Wake Park Bengkong

Mendengar permainan Cable Ski biasanya kesan pertama itu harganya MUAHAL ! dan hanya orang orang berduit lah yang sanggup menikmati water sport ini. karena dihari sabtu dan minggu harga bermain cable ski ini  Rp 250.000/ jam. Namun jangan minder duluan, karena Batam Wake Park yang ada di Bengkong ini memberikan harga promo di weekday hanya RP 50.000/ hari, Nah loh ?? masih gak pengen nyobain main watersport yang seru ini ? promo dari Batam Wake park Beralamat di kawasan golden city bengkong, Batam wake park ini hadir untuk meramaikan permainan yang penuh tantangan di atas air.  Ada dua area danau buatan yang disediakan bagi peserta yang ingin bermain cable ski. 1 Danau kecil  Disinilah tempat bagi pemula belajar cara memainkan wakeboarding/ cable ski. pertama tama kita wajib memakai life jacket, helmet, wakeboarding dan mengikatnya dengan erat.  Kemudian pelatihnya akan mengajari teknik teknik bermain cable ski. Kedengarannya simple dan mudah ya ? Tapi percayalah, kam

Indahnya Pantai Glory Melur Barelang Batam

Siapa ni disini yang paling senang hunting pantai baru yang ada di Batam ? Yang tunjuk tangan satu hati dong sama aku hehehe. Gatal aja bawaan kaki kalo udah dengar ada pantai baru yang dibuka. Apalagi kalo didaerah Barelang, karena aku tau disana lautnya bagus, pasirnya lembut serta kalo air laut sedang pasang, duuh jernih banget airnya, sejernih hatiku, eaaaa. Sejak di buka pada akhir Desember 2020, baru di bulan Februari 2021 aku bisa mengunjungi Pantai Glory Melur yang semakin hari semakin diminati oleh para pengunjung ini. Tak salah menurutku karena kalo dilihat dari foto foto yang bertebaran di media sosial, Pantai Glory Melur memang indah dan rapi penataannya. Minggu pagi sengaja aku turun dari rumah jam 6.00 lantaran aku juga ingin melihat moment sunrise di daerah Jembatan 1. Namun sayang karena harus mampir membeli sarapan dan mengisi bahan bakar, akhirnya aku kesiangan juga. Matahari sudah naik saat aku sampai di Jembatan 1 Barelang. Perjalanan tetap aku lanjutkan dengan sena