Cara Dan Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor di Polda Batam

No Comments
Bisa membeli kendaraan baru adalah impian setiap orang, selain bisa merawatnya dari awal, nama diSTNK dan BPKB tentulah sudah nama kita sendiri,  tapi bagaimana jika kita hanya sanggup membeli kendaraan bekas ? tentulah banyak hal yang harus kita persiapkan juga. Mulai dari mengganti sparepart yang mungkin sudah waktunya untuk diganti, hingga mengganti nama di STNK dan BPKB.



Dokumen untuk balik nama kendaraan



Mengurus biaya balik nama kendaraan tak juga bisa dibilang murah, tidak ada biaya dibawah 500ribu baik itu untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Sepengalaman Aku pernah mengurus pajak 5 tahunan dan ganti nama kendaraan roda dua tahun 2010 menghabiskan biaya sekitar 800rb, itu untuk motor, apalagi mobil ya, bisa bisa bakalan diatas 1 juta deh.



Program pemerintah yang menggratiskan biaya untuk balik nama kendaraan bermotor yang dimulai sejak bulan Juli 2021-30 November 2021 tidak aku sia siakan, meski berulang kali berusaha untuk mendapatkan nomor antrian tetapi gagal, Aku tetap berusaha mencobanya. 


Cara Daftar lewat online WA Polda Batam



Akhirnya di bulan Oktober, ternyata  sistem mendapatkan nomor antrian yang tadinya siapa cepat datang dia dapat, sekarang diganti  dengan cara online ( daftar melalui WA ) Dengan sistem pengambilan nomor antrian menggunakan WA ternyata Aku bisa mendapatkan nomor antrian dengan mudah. Alhamdulillah ya. Tak perlu lagi subuh subuh atau tengah malam kekantor POLDA demi mendapatkan nomor antrian.


Tata Cara Mengajukan Berkas Untuk Balik Nama


Tanggal 2 November jam 8 pagi akupun sudah sampai di kantor POLDA BATAM, setelah memarkirkan kendaraan di area CEK FISIK, Aku segera ke kantor menemui petugasnya. Adapun dokumen yang disiapkan saat mengurus ganti nama kendaraan :

  • STNK dan BPKB Asli
  • KTP ASLI yang akan ganti nama
  • Surat Jual Beli Kendaraan Asli dan Bermaterai
  • Kwitansi Jual Beli Kendaraan Asli

Semua dokumen diatas difoto copi rangkap 3 ya, dan dimasukkan dalam map biar lebih rapi. Setelah petugas mengecek kelengkapan surat2 nya, nanti kita akan dikasi 2 formulir yang harus diisi. Setelah formulir itu diisi maka kita bawa ke petugas Cek Fisik,  setelah petugas Cek Fisik selesai mencatat nomor mesin dan lain lain, maka kembali lagi kita ke petugas sebelumnya dan menyerahkan formulir yang telah diisi oleh petugas Cek Fisik.






Setelah dicek oleh petugas, kemudian dokumen tadi kita bawa ke gedung administrasi yang gedungnya berada tak jauh dari tempat pendaftaran tadi. Kita pergi kelantai dua dan disana kita akan mengisi kembali formulir.  Nah kali ini formulirnya diisi dengan nama kita dan nama kendaraan yang sesuai di STNK / BPKB. Setelah itu diisi maka kita akan diarahkan ke bagian pembayaran. 






Untuk biaya penerbitan BPKB kendaraan roda 2 adalah Rp 225.000 ditambah biaya Map Rp 5.000 sementara untuk Mobil roda 4  Rp 375.000 ditambah biaya Map Rp 5.000 dan untuk biaya ganti nama gratis.


Setelah membayar, kemudian kita diarahkan ke bagian penyerahan BPKB dan STNK, nantinya disini kita akan diberikan Resi pengambilan STNK dan BPKB baru.  Yang ditahan hanya BPKB saja sementara STNK dikembalikan lagi. Untuk masa penyelesaian adalah 7 hari kerja, artinya ketika Aku datang tanggal 2 November, nantinya tanggal 9 November 2021 aku di suruh ke SAMSAT Batam Center untuk pengambilan STNK nya. Sementara BPKB mesti menunggu 45 hari kerja.


Tanggal 16 November 2021, Akupun ke Samsat Batam Center dengan tujuan hendak mengambil STNK dan plat nomor kendaraan, alangkah terkejutnya Aku ketika melihat biaya yang tertera di STNK. Kukira program ini benar benar memberikan keringanan kepada masyarakat, ternyata sama aja membebani. Ditahun 2021 bulan Juni lalu Aku sudah membayar pajak kendaraan sebesar Rp 1.8 juta, dan hanya selisih 4 bulan Aku balik nama, malah diharuskan membayar pajak lagi sebesar Rp 700 ribuan, ditambah biaya ini dan itu, jadi total uang yang harus Aku keluarkan lagi saat di Samsat Batam Center adalah Rp 1.071.000. Pengen nangsi eeii karena total uang yang Aku keluarkan Rp 1.451.000


Tadinya Aku selalu mempromosikan program ini kepada teman temanku, tapi ketika Aku mengalami hal ini, stop di Aku saja yang merasa jengkel!!  Tak sesuai harapanku.







Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)