Langsung ke konten utama

Cara Dan Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor di Polda Batam 2021-2023

Bisa membeli kendaraan baru adalah impian setiap orang, selain bisa merawatnya dari awal, nama diSTNK dan BPKB tentulah sudah nama kita sendiri,  tapi bagaimana jika kita hanya sanggup membeli kendaraan bekas ? tentulah banyak hal yang harus kita persiapkan juga. Mulai dari mengganti sparepart yang mungkin sudah waktunya untuk diganti, hingga mengganti nama di STNK dan BPKB.



Dokumen untuk balik nama kendaraan



Mengurus biaya balik nama kendaraan tak juga bisa dibilang murah, tidak ada biaya dibawah 500ribu baik itu untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Sepengalaman Aku pernah mengurus pajak 5 tahunan dan ganti nama kendaraan roda dua tahun 2010 menghabiskan biaya sekitar 800rb, itu untuk motor, apalagi mobil ya, bisa bisa bakalan diatas 1 juta deh.



Program pemerintah yang menggratiskan biaya untuk balik nama kendaraan bermotor yang dimulai sejak bulan Juli 2021-30 November 2021 tidak aku sia siakan, meski berulang kali berusaha untuk mendapatkan nomor antrian tetapi gagal, Aku tetap berusaha mencobanya. 


Cara Daftar lewat online WA Polda Batam



Akhirnya di bulan Oktober, ternyata  sistem mendapatkan nomor antrian yang tadinya siapa cepat datang dia dapat, sekarang diganti  dengan cara online ( daftar melalui WA ) Dengan sistem pengambilan nomor antrian menggunakan WA ternyata Aku bisa mendapatkan nomor antrian dengan mudah. Alhamdulillah ya. Tak perlu lagi subuh subuh atau tengah malam kekantor POLDA demi mendapatkan nomor antrian.


Tata Cara Mengajukan Berkas Untuk Balik Nama


Tanggal 2 November jam 8 pagi akupun sudah sampai di kantor POLDA BATAM, setelah memarkirkan kendaraan di area CEK FISIK, Aku segera ke kantor menemui petugasnya. Adapun dokumen yang disiapkan saat mengurus ganti nama kendaraan :

  • STNK dan BPKB Asli
  • KTP ASLI yang akan ganti nama
  • Surat Jual Beli Kendaraan Asli dan Bermaterai
  • Kwitansi Jual Beli Kendaraan Asli

Semua dokumen diatas difoto copi rangkap 3 ya, dan dimasukkan dalam map biar lebih rapi. Setelah petugas mengecek kelengkapan surat2 nya, nanti kita akan dikasi 2 formulir yang harus diisi. Setelah formulir itu diisi maka kita bawa ke petugas Cek Fisik,  setelah petugas Cek Fisik selesai mencatat nomor mesin dan lain lain, maka kembali lagi kita ke petugas sebelumnya dan menyerahkan formulir yang telah diisi oleh petugas Cek Fisik.






Setelah dicek oleh petugas, kemudian dokumen tadi kita bawa ke gedung administrasi yang gedungnya berada tak jauh dari tempat pendaftaran tadi. Kita pergi kelantai dua dan disana kita akan mengisi kembali formulir.  Nah kali ini formulirnya diisi dengan nama kita dan nama kendaraan yang sesuai di STNK / BPKB. Setelah itu diisi maka kita akan diarahkan ke bagian pembayaran. 






Untuk biaya penerbitan BPKB kendaraan roda 2 adalah Rp 225.000 ditambah biaya Map Rp 5.000 sementara untuk Mobil roda 4  Rp 375.000 ditambah biaya Map Rp 5.000 dan untuk biaya ganti nama gratis.


Setelah membayar, kemudian kita diarahkan ke bagian penyerahan BPKB dan STNK, nantinya disini kita akan diberikan Resi pengambilan STNK dan BPKB baru.  Yang ditahan hanya BPKB saja sementara STNK dikembalikan lagi. Untuk masa penyelesaian adalah 7 hari kerja, artinya ketika Aku datang tanggal 2 November, nantinya tanggal 9 November 2021 aku di suruh ke SAMSAT Batam Center untuk pengambilan STNK nya. Sementara BPKB mesti menunggu 45 hari kerja.


Tanggal 16 November 2021, Akupun ke Samsat Batam Center dengan tujuan hendak mengambil STNK dan plat nomor kendaraan, alangkah terkejutnya Aku ketika melihat biaya yang tertera di STNK. Kukira program ini benar benar memberikan keringanan kepada masyarakat, ternyata sama aja membebani. Ditahun 2021 bulan Juni lalu Aku sudah membayar pajak kendaraan sebesar Rp 1.8 juta, dan hanya selisih 4 bulan Aku balik nama, malah diharuskan membayar pajak lagi sebesar Rp 700 ribuan, ditambah biaya ini dan itu, jadi total uang yang harus Aku keluarkan lagi saat di Samsat Batam Center adalah Rp 1.071.000. Pengen nangsi eeii karena total uang yang Aku keluarkan Rp 1.451.000


Tadinya Aku selalu mempromosikan program ini kepada teman temanku, tapi ketika Aku mengalami hal ini, stop di Aku saja yang merasa jengkel!!  Tak sesuai harapanku.


Cara Balik Nama Kendaraan Roda 2 Bulan Maret 2023


Siapkan berkas berkas seperti dibawah ini dan difoto copy 2 rangkap saja

  • STNK dan BPKB Asli
  • KTP ASLI yang akan ganti nama
  • Surat Jual Beli Kendaraan Asli dan Bermaterai
  • Kwitansi Jual Beli Kendaraan Asli
Datang saja langsung ke POLDA KEPRI yang berlokasi di Nongsa. Prosedurenya masih sama dengan yang diatas, hanya saja setelah membayar biaya BPKB kita langsung diarahkan ke SAMSAT Batam Center untuk mengambil STNK baru dan pembayarannya.  Kemudian setelah mendapatkan STNK kita diarahkan kebagian pengambilan PLAT Baru. Disini siapkan Obeng utk membuka PLAT yang ada di kendaraanmu / atau kalo gak bawa bisa menggunakan jasa  yang ada diarea parkiran. Untuk biaya lepas dan pasang PLAT baru Rp 15.000

Untuk BPKB bisa diambil satu bulan dari tanggal pendaftaran, nah seperti Aku yang daftar tanggal 6 Maret 2023 jadi ambilnya tanggal 6 April 2023.

Nah ini biaya ganti plat, STNK, BPKB dan ganti nama kepemilikan kendaraan bermotor


STNK



Oh iya, untuk biaya balik nama sekarang GRATIS SAMPAI WAKTU YANG TIDAK DITENTUKAN







Komentar

  1. min... untuk antrian cek fisik di polda tahun 2023 apakah masih manual? terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid