Langsung ke konten utama

Cara Naik MRT dari Terminal 4 Changi Singapura

Nah ceritanya ini adalah pengalaman pertama aku traveling sendiri keluar negeri. Gak jauh jauh sih, hanya ke Pulau Langkawi Malaysia saja, berhubung dapat tiket murahnya dari Langkawi airport Malaysia menuju Changi airport Singapura, mau tak mau aku harus browsing sana sini dan tanya sana sini sama teman teman yang udah pernah turun di Changi khususnya di terminal 4 untuk penerbangan Air Asia.

Terminal 4 Changi Singapura

Aku bertanya seperti apa sih Bandara Changi Terminal 4 itu ? dan apakah disana ada MRT ? secara dari terminal 4 rencananya aku mau langsung menuju pelabuhan fery harbour front, agar aku bisa segera kembali ke Batam. Setelah bertanya kesana kemari dan menonton youtube, akhirnya aku tau bahwa terminal 4 Changi merupakan Bandara terbaru di Singapura yang mulai beroperasi pada bulan oktober tahun 2017 , dan disana belum ada MRT, jadi jika ingin naik MRT aku harus ke terminal 2 dahulu.

Ok, dengan berbekal pesan pesan dari kawan dan membaca beberapa artikel mengenai Terminal 4 Changi serta menonton video youtube yang ada, akhirnya pada tanggal 11 September 2018, Air Asia dari Langkawi Malaysia membawaku  sampai ke Bandara yang sangat besar ini. Takjub , kagum, deg degan aku rasakan karena apa yang aku bayangkan sama yang aku jalanin sendiri sedikit berbeda.

                "  Baca Juga : Trip Kesingapura 2d 1N modal dibawah sejuta  "                

Terminal 4 Changi Singapura
Sampai dipintu keluar dari pesawat, aku mulai membaca petunjuk arah kemana aku harus pergi. Aku ikuti petunjuk ARRIVAL , namun pas terbaca toilet pastinya aku mampir dulu dong  tinggalin jejak kecil dulu disana, hehehe. Toilet nya kece weii, bersih sebersih bersihnya, bahkan tissunya aja ada gambar daun gitu. Trus didepan pintu keluar toilet ada mesin yang bisa kita gunakan untuk memberi penilaian terhadap toilet ini, aku kasi exellent deh. Nah tak jauh dari toilet ada air minum gratis, ada trolley yang tersusun rapi,  ada juga mesin wifi agar tamu bisa menggunakan wifi bandara, eaa keren banget ya.

Keluar dari pintu pesawat ikuti petunjuknya utk Kedatangan (Arrival )
Mampir dulu di Toilet
Bersih banget toiletnya
Trolley di Bandara dekat pintu keluar pesawat

Ada petugas Bandara yang akan membantu penumpang memberi petunjuk jalan
Nah setelah itu, aku ikuti petunjuk berikutnya yakni turun kebawah untuk proses imigrasi, namun sebelum stamp pasport aku mengisi form embarkasi terlebih dahulu yang ada tak jauh dari imigrasi, contohnya ada disediakan mereka. Setelah form terisi pergilah ke antrian imigrasi.

Turun 1 lantai di Terminal 4 Changi

Mengisi Form Embarkasi Sebelum Stamp Pasport

Antrilah sesuai Pasport yang dimiliki

Saat di imigrasi paling ditanya, kita penerbangan dari negara mana, dan kemudian ditanya ke Singapura ada urusan apa, karena aku hanya transit saja, dan menunjukkan tiket feryku,  jadi aku gak ditanya macam macam oleh petugasnya, langsung deh dapat stamp dan lewat. Alhamdulillah sampai disini aman.

Setelah keluar dari imigrasi, selanjutnya aku mencari petunjuk lain, dan ketemulah petunjuk untuk ke terminal 2, jadi aku ikuti saja sampai aku menemukan pintu keluar yang ternyata selanjutnya aku harus naik shuttel bus.

Setelah keluar dari imigrasi aku ikuti petunjuk untuk ke Terminal 2 Changi

Ruang tunggu diterminal 4 menuju terminal 2 dan MRT

Shuttle Bus dari Terminal 4 Changi Ke Terminal 2 , Free charge

Setelah Shuttle Bus datang, aku pun buru buru naik, dan menikmati perjalanannya selama kurang lebih 10 menit. Shuttle bus ini tak menunggu penumpang penuh loh, waktunya berangkat ya berangkat walau isi penumpang cuma 10 orang, dan ini free alias gratis.

Terminal 2 Changi Singapura
Setelah sampai di terminal 2 aku pun langsung masuk kedalam, dan lagi lagi mencari petunjuk untuk menemukan MRT. Dari pintu masuk beloklah kekiri sesuai petunjuk (train to city )

Petunjuk dari pintu masuk terminal 2 Changi

Ikuti Petunjuk yang ada logo MRT

Turun tangga menuju Stasiun MRT

Beloklah Kekiri menuju Stasiun MRT

Turun Tangga lagi menuju Stasiun MRT

Tiba di Stasiun MRT, silahkan beli tiket di office dan Machine  atau gunakan EZ LINK

Duduk manislah menunggu kedatangan MRT

Ganti MRT dari pintu keluar sebelah kiri MRT menuju  City
MRT dari changi air port hanya berhenti di 2 stasiun, yakni expo dan tanah merah, nah karena aku mau ke harbour front jadi aku turun di stasiun tanah merah kemudian keluar dari MRT sebelah kiri, dan naik lagi MRT EW4  tujun Outram park EW 16.

Setelah di Stasiun Outram Park EW16 maka carilah petunjuk menuju North East Line (  Line ungu  NE3 ) dan kemudian naiklah menuju Harbour front (NE1 ) setelah itu keluarlah dari MRT dan cari petunjuk menuju Harbour front. Oke perjalanan selesai, waktunya aku check in dilantai 3 counter Majestic Fery dengan menunjukkan tiket fery dan potongan form embarkasi yang aku isi dari terminal 4 changi , dan kemudian menunggu keberangkatan Fery dilantai 2.

Pintu masuk dan keluar dari Stasiun MRT Harbour Front
Taraaa...aku balek ke Batam lagi , dan semoga tulisan ini bermanfaat ya.





















Komentar

  1. Thanks infonya, iya nih terminal 4 itu baru, aku aja baru dengar/baca di tulisan ini, kayaknya semua sudah pernah aku jalani kecuali yang terminal 4 ini. Btw lelah kan disana, bandaranya luas bingit :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lelah tapi asik kak..bandaranya bagus banget..

      Hapus
  2. Belum pernah kesini tapi baca ini detail banget mba sarah. Terimakasih manfaat banget. Seperti biasanya fasilitas di sg selalu rapi dan bersih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mbak. semoga bermanfaat tulisannya :)

      Hapus
  3. kerenya adalah sudah mencoba pergi sendiri:D good luck kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhe...takut takut tapi pengen coba, akhirnya bisa juga :)

      Hapus
  4. Wah aku belum pernah nih ke Terminal 4. Masih baru sih soalnya. Kalau di Singapura sih mudah banget dan gampang dari terminal 1 sampai 3.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar kalo pake air asia bakalan lewat terminal 4 ini deh bang.. :)

      Hapus
  5. Informasinya sangat bermanfaat kali... jadi ingat awal kesana nyasar. Dengan adanya artikel ini, newbie seperti aku tak lagi bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama newbi kak..makanya aku tulis semoga bisa membantu yang lain juga biar gak kebingungan selama disana

      Hapus
  6. Templet baru ya kak? Infonya bermanfaat kak karena memang butuh panduan beginian... Ke langkawi murah ya kak? Pengin sih jalan bareng crucils lagi ke sana....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Template lama kok akak...ya aka langkawi murah meriah makanannya...aturlah waktu kesana lagi, curcil pasti senang

      Hapus
  7. Nggak bawa bagasi banyak ya? Tadi aku fikir bagasinya akan diambil di terminal 2. Wkwkwk. Ternyata jauhan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bawa ransel aja teh, biar gak ribet nunggu bagasi....terminal 2 jauh teh..mau 10 menitan baru sampai hehehe

      Hapus
  8. Walau sudah berkunjung bolak balek ke sG.
    Tetap aja ya kak.
    Ada hal seru yg bs diceritakan. Seperti MRT dan shuttle Bus

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mak khalid, SG luas jadi tetap mesti jeli dengan transportasi disana,

      Hapus
  9. tenang kak...di terminal 4 sofa nya empuk2...kalo capek bisa isitrahat sambil tiduran walau posisi duduk :)

    BalasHapus
  10. Sama seperti beberapa teman di atas, aku juga belum pernah ke Terminal 4. Terakhir ke Singapura tahun 2017 dan naik Jetstar.

    Betul, SELURUH penumpang harus turun di Tanah Merah, dari situ mereka harus memutuskan mau ke arah Joo Koon atau ke arah Pasir Ris.

    BalasHapus
  11. Maaf, berapa lama waktu yang dibutuhkan dari keluar pesawat, imigrasi, tunggu dan naik shuttle sampai terminal 2? Kalau ada transit 4 jam, beda maskapai, apakah keburu? Dengan kondisi sendirian, ada bagasi.

    BalasHapus
  12. Kak kalo setelah sampai naik shuttle di terminal 2 itu banyak resto / coffeeshop 24 jam?

    BalasHapus

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid