Langsung ke konten utama

Wisata 2D1N Singapura Dengan Modal di Bawah Satu Juta

4 bulan gak menyebrang ke negara tetangga Singapura rasanya kangen banget ei, kangen suasana jalanan yang teratur, kangen dengan kebersihan negaranya, dan kangen sama wisata wisata bagus yang bisa dinikmati secara gratis pula. Alhasil susun rencana deh sama kawan2 buat menghabiskan akhir pekan ke Singapura dari Batam dengan budget tetap gak boleh lewat dari 1 juta.

Park View Singapura

Awalnya pasti dong siapkan pasport yang masih berlaku diatas 6 bulan, kemudian beli tiket ferry. Ada beberapa fery yang melayani rute Batam - Singapura dengan harga tiket yang kurang lebih sama yakni :
1. Majestic Fery Rp 280.000 / PP
2. Sindo Fery Rp 280.000 /PP
3. Batam Fast
4. Horizon

tiket fery batam - singapura
Schedule Kapan Fery Batam Singapura PP

Dan kami memilih Majestic Ferry dengan rute melalui Sekupang, karena dari rumah kami dekat dan perjalanan yang ditempuh juga cuma 45 menit, dekat bukan ??

Tiket sudah ditangan, kami mencari cari hostel paling murah, nah dari beberapa applikasi yang wara wiri menawarkan harga terbaik, akhirnya aku memilih Agoda sebagai penyedia hostel pilihan, karena harganya paling murah yakni Rp 173.000/ orang untuk 24 tempat tidur mix laki perempuan campur disana, fasilitas AC, Kipas, Bantal, Selimut, Loker, Wifi, Breakfast, dan posisi hotel juga masih mudah dijangkau dari stasiun MRT Farrer Park, cuma 7 menit saja jalan kaki, sampai deh.

hostel singapura
New Society Hotel bagi Para Backpacker

Tiket fery dan penginapan sudah ditangan, hari sabtu tiba, sepulang kerja jam 12.00 aku langsung menuju pelabuhan sekupang yang berjarak 20 menit saja dari kantorku. Setelah di check in kan sama kawan2, aku datang dan tinggal boarding pass saja, kemudian duduk diruang tunggu sebentar dan langsung masuk kekapal, karena kapal akan berangkat pada pukul 13.10

45 menit kami tiba di harbour front Singapura, antrian juga tidak banyak sehingga kami tak perlu mengantri berjam jam. Setelah melewati imigrasi, salah satu teman membeli kartu simcard singapura seharga S$20.00 dengan quota 3GB untuk 30hari masa berlaku quota, untuk kartunya sendiri 90hari. Teman ku beli kartu karena dia akan pergi lagi ke Singapura minggu depannya.

Baca juga : Cara Naik Shuttle Bus dari Terminal 4 Changi Menunu Terminal 2

Setelah membeli kartu, kami menuju MRT harbourfront, ikuti saja petunjuk yang tersedia mulai kita keluar dari pelabuhan. Nah disini kami mengisi kartu EZ LINK senilai S$10.00 karena memang top up paling kecil segitu. Jika kita menginap disingapura, atau kita bakalan sering kesingapura, aku sarankan beli kartu EZ LINK saja daripada selalu mengantri untuk beli tiket MRT nya. oh ya kartu EZ LINK baru seharga S$ 12.00 isi $7.00.

Singapore Tourist Pass

Setelah kami ber4 mengisi kartu, kami pun langsung menuju MRT, dari harbour front NE1( line ungu ) kami menuju china town NE4 kemudian beralih ( line biru) DT19  menuju ke jalan besar DT22, karena hostel kami disana, keluar dari MRT ternyata kami harus jalan kaki sekitar 15 menit untuk mencari alamatnya, tak mengapa juga karena kiri kanan kami bangunan nya cukup menarik untuk di lihat lihat, corak bangunannya bagus bagus.

Depan Society Hostel

Jalan Besar Menuju Society Hostel

Setelah proses checkin selesai kami menuju kamar, dan menyimpan tas diloker, tak lupa kami makan dulu sebelum melanjutkan perjalanan menuju Garden Bay The Bay. Perut sudah terisi full , jam 5 waktu singapura kami pun keluar hostel menuju MRT Farrer Park NE8 ( Line Ungu ), karena stasiun ini yang terdekat, cukup jalan sekitar 7 menit saja.

Setelah sampai ke stasiun MRT Farrer Park kami menuju little india NE7 (line ungu ) kemudian beralih ke DT12 ( line biru ) menuju by front DT16. Setelah keluar dari stasiun ikuti saja petunjuk arah menuju Garden Bay, dan taraaaaa kawasan wisata yang sangat luas ini akan memanjakan matamu namun melelahkan kakimu, karena banyak banget spot wisata yang bisa dikunjungi disini. Namun kali ini kami hanya ingin menonton atraksi super tree yakni tarian dari lampu2 yang berasal dari pohon pohon yang besar tinggi menjulang pada pukul 18.45 waktu singapure. Setelah mendapatkan posisi duduk yang paling sempurna, kami pun beristirahat sebentar, dan ketika tiba waktunya pertunjukkan kami pun serasa di hipnotis oleh keindahan lampu2 pohon tersebut. Asli baguuuuuussss buanget dan rasanya aku berada di negeri dongen gitulah.

garden by the bay
Saking bersihnya wisata garden bay,  baring baring disini pun enak

garden by the baygarden by the bay

Selepas atraksi kami menuju shooping marina bay,  kami jalan kaki cukup jauh sekitar 30 menit dari Garden Bay ,namun lagi lagi kami kagum dengan kemegahan dan keindahan mall ini, dimana didalam mall  ada atraksi lampu juga, dan kami bisa menikmatinya dari lantai atas.

Setelah merasa cukup puas ngadem didalam mall, kami mau melanjutkan perjalanan ke Marlion Park namun sayang jalanan ditutup karena ada acara distadion, jadinya kami pulang ke hostel saja.

Keesoakan harinya setelah sarapan, sekitar jam 10.30 kami checkout, dan menuju stasiun MRT Farrer Park NE8 ( Line ungu )  menuju stasiun Littel India NE7, kemudian beralih ke DT 12 ( line biru ) ke DT14 menuju stasiun MRT bugis. Nah keluar dari stasiun bugis / bugis junction belok kiri teruslah berjalan jika ingin pergi ke kawasan masjid Sultan dan kampong Glam. Patokannya cari saja bangunan Park View dan ikuti saja jalannya, bakalan nampak kubah masjid Sultan deh. Di area masjid banyak yang jualan souvenir jadi bisalah beli oleh oleh. Kami disini sampai sholat zuhur selesai.

Park View gedungnya berwarna gold

Bangunan Sebelah Masjid Sultan

masjid sultan singapura
Masjid Sultan

Selanjutnya setelah dari stasiun MRT bugis DT14 ( Line biru ) kami balik lagi ke Little India DT12, kemudian beralih ke NE7 Little India ( Line ungu ) menuju NE5 Clarke Quay. Sampai di CQ kami cari makan siang, aku tetap makan bawa bekalku roti, yang lain aja beli di Burger King. Setelah makan kami pun menikmati suasana CQ, enak banget loh disini. Kalo gak ingat mau balik ke Batam, rasanya aku ingin berleyeh leyeh disini sampai malam, tempat nya asik banget, sungai nya juga bersih dari sampah. Cuma makanan disini terbilang cukup mahal. Maka dari itu jangan malu bawa bekal ya, kalo kamu tipe pejalan hemat seperti akyu :) .

Area Clarke Quay Singapure

Naik Kapal Ini S$ 25.00/ Pax

Jam 4.00 kami memilih pulang, jadi naik MRT NE5 Clarke Quay ( Line ungu ) menuju NE1 Harbour Front, dan kami menyempatkan diri untuk membeli oleh oleh, sebelum ke lantai 3 untuk checkin pulang ke Batam.

peta MRT Singapura
Jalur MRT yang kami gunakan Line ungu dan Line biru

Oh iya, total biaya transportasi menggunakan MRT hanya habis $5.70 jadi kartu EZ Link aku masih ada sisanya :)

Total Pengeluaran :
Tiket Fery : Rp 280.000
EZ Link : S$ 10.00 ( Rp 107.000 )
Hostel : Rp 173.000
Belanja dll  : S$ 11.00 ( Rp 117.700) include biaya denda ganti schedule kapal $3.00

=======Rp 677.700=========

Gimana ? murah bukan kalo backpacker bareng aku ?? intinya jangan malu bawa bekal makanan, jangan banyak ngeluh capek bejalan, dan jangan khilaf mata buat belanja :)

Komentar

1. seru ya kak keliling singapore hehe walaupun capek tapi happy

Balasan
    1. senang nya bareng kalian yang tak rewel...mau lagi lah ngetrip bareng kalian..hehehe

Hapus
  2. Murah ya jalan-jalannya padahal kelihatan seru. sayang gak ada aku, huhu sedih.

Balasan
    1. ntar kalo dah agak longgar waktu roma...ngetri bareng kita ya.. kalo perlu anggota TBK kumpul jalan bareng :)

Hapus
  3. Murah yaa tiket s'pore kl dari Batam. dari Tanjungpinang sekitar 400rb PP. Kapan2 kita jalan bareng ke spore yuuuk kak

Balasan
    1. YUP pengen banget TBK melalak bareng ke singapure, jadi kompaknya kita gak hanya dibatam bintan saja, tapi bisa keluar negeri juga :)

Hapus
  4. Aku agak susah ke singapura dengan budget dibikin tight :D. Krn stiap kali kesana, hobiku selalu main di clarke quay mba. Nyobain giant swing dan reverse bungy extremenya. Kdg ke singapur cuma main itu tjok, trus makan chili crabnya yg terkenal banget itu, besoknya pulang deh :p. Kalo waktu bnyk main di USS utk nyobain wahana2 yg ekstreme doang :p. Ngelepas stress ceritanya. Malah jd kangen ih ke singapur lg. Trakhir january kemarin, tp cm transit.

BalasHapus
  5. Walau cuma 2 hari satu malam tapi seru banget, Singapore emang keren deh, terartur dan rapi jadi pengunjung happy ke sana.

6. dah naik harga tiket kakakku. jadi 350 rupiah sekarang. sedih

7. Hyaaaaak bikin iri, sodara-sodaraaaa karena tinggal nyebrang :D Dari Flores itu yang paling mahal keluar Floresnya. Btw ini informasi keren, saya harus mencolek teman-teman saya untuk membaca ini :). Tengkyuuuu!

8. Enak banget yaa domisili batam bisa jalan2 teruus tiap bulanhehe

9. eh nyebrang masih dapat sgitu ya kak ?

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid