Selasa, 17 Januari 2017

Jelajah Ex Camp Vietnam di Pulau Galang Barelang Batam

Bulan tua isi dompet juga cekak, Namun tak membuat hati ini surut untuk menjelajah wisata di Batam. Pilihan kali ini pengen jelajah kampung ex vietnam yang berada setelah jembatan V barelang, Tepatnya di Pulau Galang. Maklum saja sudah cukup lama saya tidak mampir kesini, Kangen juga ama monyetnya. Nah Loh ???  Becanda kok, Pengen ajak adik aja jalan2 karena ia belum pernah kesini.

Setelah mempersiapkan bekal air minum dan kue kue yang cukup ( efek penghematan jajan diluar ), Kami pun berangkat. Dari Batu Aji kami membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai di Kampung Ex Vietnam. Cuaca yang amat panas dan begitu cerah, Membuat kami semangat mengendarai motor, Karena view yang kami lihat pun jadi indah. Berhenti di loket sebelum masuk kawasan nya dengan membayar biaya masuk Rp 5.000 untuk orang dewasa, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua. 

Spot Spot apa saja yang bisa di jelajahi di Ex Kampung Vietnam ?

1. Patung Dewi Kuan Im
Seperti nya Patung Dewi ini menjadi Icon sejarah Ex kampung Vietnam, Setiap orang yang datang pasti mengabadikan moment foto bersama disini, Karena letaknya di atas bukit, Sehingga berada disini kita bisa melihat view Pulau Galang .

Patung Dewi Kuan Im

View Depan Patung Dewi Kuan Im

Dupa Untuk Sembahyang Imlek

2. Wisata Religi di Ta On Duc Me Catholic Church

Area taman wisata ini sepertinya baru dibuka sehingga plang namanya pun belum di buat, Hanya saja kita sudah di ijinkan masuk untuk menjelajahi wisata ini.

Patung Bunda Maria

Kapal Yang Menceritakan Perjalanan Yesus

Kapal Yang Menceritakan Perjalanan Yesus

Gua Maria
Kapal2 diatas masih ada lagi beberapa yang hampir siap di buat, Sehingga tema dari cerita Yesus bisa berlanjut.


3. Penjara / Ruang Tahanan

Ruang Tahanan yang di gunakan untuk menahan para pengungsi yang melakukan tindakan kekerasan seperti pembunuhan, perkosaan, pencurian, dll

Ruang Tahanan di Lantai Bawah

Ruang Tahanan

Tahanan Pencuri Hati Abang :) 

4. Museum 

Disini terdapat beberapa foto para pengungsi, Lukisan dan barang barang sejarah dari peninggalan mereka.

Gerbang Masuk Museum


Taman Depan Museum

Sejarah Perahu Para Pengunsi
5. Kapal  Perahu dan Kebun Rusa

Ada 2  Kapal Kayu yang di letak di kawasan ini, Kapal yang di gunakan oleh para pengungsi untuk meninggalkan kampung nya negara Vietnam menuju Pulau Galang. Dan ada juga beberapa hewan rusa yang selalu menanti kedatangan para pengunjung untuk sekedar memberikan mereka makanan daun.

Kapal Ex Pengungsi dari Vietnam

Rusa yang ada di Pulau Galang
6. Tempat2 Ibadah 

Dikawasan ini saya  menemukan Gereja untuk Khatolik, dan Tempat sembahyang bagi agama Budha serta Vihara. 

Vihara

Gereja Khatolik

Patung Budha

Nah, Selain tempat2 diatas, Ternyata masih banyak lagi tempat bersejarah yang bisa di datangi, Seperti Barrack, Pemakaman, Taman Humanity, Sekolah, Rumah sakit dll.  3 Jam kami berada disana ternyata belum cukup untuk mendatangi semua spot tersebut.

Detik detik jam kepulangan, Kami di kejutkan oleh rombongan Monyet yang sedang menculik seluruh makanan dan minuman yang kami letak di atas motor. Alhasil mereka membawa kabur dan berpesta menikmatinya. Saat saya mencoba mendekati mereka, Ternyata mereka lebih garang, dan tetap kekeuh membawa makanan kami.. Teganya Kau Nyet...Sungguh teganya teganya teganya....hahahha


Monyet yang lagi Pesta Makan Roti
Selamat mengexplore kampung Ex warga Vietnam ya, Jangan letak barang berharga di motor, Karena Monyet di sini sungguh banyak dan liar. Jangan terlalu mendekati mereka juga jika ingin aman.

Untuk sekedar jajan makanan kecil dan minuman, Saya lihat sudah ada beberapa kedai yang berjualan.

Akses kendaraan umum yang menuju ke kampung Ex Vietnam belum ada, Jadi masih harus menggunakan kendaraan pribadi.

Narsis Sebelum Pulang

Sabtu, 14 Januari 2017

Lima Tempat Yang Menjadi Alasan Kawasan Puncak Selalu Ramai


Sudah bukan berita yang menghebohkan lagi jika berita televisi menyiarkan kondisi lalu lintas di area Puncak, Bogor, padat dan macet. Baik kala liburan akhir pekan atau libur panjang seperti liburan sekolah, kawasan ini tidak pernah sepi wisatawan. Anda yang belum pernah ke daerah Puncak mungkin lantas bertanya-tanya, ada apa di sana?
      Taman Nasional Gunung Gede Pangrangro

Source: Wisata Cibodas

Biasanya, mahasiswa dari perguruan tinggi di kawasan Jakarta, Bandung, dan sekitarnya tidak akan melewatkan kesempatan untuk menjajaki pendakian ke gunung ini. Bahkan mereka yang masih seorang amatir pun tidak mau ketinggalan. Hal tersebut tidak salah, karena pendakian Gunung Gede Pangrangro dirasa cocok dan cukup aman bagi para pemula.



      Taman Safari
Source: Taman Safari Indonesia
Jika Anda tidak berniat untuk mendaki Gunung Gede Pangrangro, maka cobalah datang ke Taman Safari yang terkenal. Tempat wisata ini cocok Anda jadikan destinasi vakansi bersama keluarga, terutama mengajak anak-anak. Untuk mengelilingi kebun binatang yang menjadi nominasi dalam Social Awareness Award 2017 oleh Saleduck Asia ini Anda tidak harus berjalan kaki. Anda dapat melihat koleksi satwa di sini dari dekat dengan tetap mengendarai mobil atau menggunakan jasa bis yang disediakan pengelola.

Ada banyak sekali hotel murah di Puncak yang berlokasi tidak jauh dari Taman Safari. Dengan demikian, setelah puas melihat keanekaragaman fauna, menyaksikan berbagai pertunjukan satwa, menjajal berbagai wahana, dan trekking di Taman Safari, Anda bisa beristirahat sejenak dan lanjut mengunjungi destinasi selanjutnya.

      Kebun Raya Cibodas
Source: Daka Tour
Tempat wisata yang satu ini sebenarnya masih berada di kompleks Hutan Gunung Gede Pangrangro. Lokasinya tepat berada di bawah kaki Gunung Gede Pangrangro dengan luas nyaris mencapai 80 hektare. Topografi lapangan kebun raya ini bergelombang dan berbukit-bukit dan hamparan hijaunya menyegarkan mata.

Menurut beberapa sumber, awalnya Kebun Raya Cibodas difungsikan sebagai perkebunan kina. Namun rupanya kondisi tanah Cibodas tidak cocok untuk pertumbuhan kina. Karena itulah kemudian taman botani ini dialihfungsikan sebagai tempat koleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika. Berdasarkan catatan pengelola, ada 5.831 contoh tanaman dari 1.208 jenis tanaman yang hidup di kebun raya.

Di sini Anda tidak hanya dapat sekadar berjalan atau duduk-duduk saja menikmati hamparan lapangan dan pepohonan hijau. Di rumah kaca, Anda bisa melihat variasi kaktus, anggrek, dan tanaman langka. Ada pula rumah kaca di Jalan Araucaria yang tidak pernah sepi pengunjung. Selain itu, ada pula air terjun, kebun sakura, dan danau yang kian mempercantik. Anda bahkan juga bisa menyewa kuda untuk berkeliling menikmati indahnya Kebun Raya Cibodas.

      Perkebunan Teh
Source: Hello-PET.com
Sudah tidak terhitung banyaknya foto masyarakat di media sosial yang menampilkan lanskap perkebunan teh di kawasan Puncak. Anda pun juga bisa merasakan pengalaman berada di tengah-tengah perkebunan teh yang tenang dan asri di Agrowisata Gunung Mas. Lahan ini merupakan lahan milik negara yang dikelola oleh PTPTN VIII. Untuk masuk ke sini, Anda hanya dikenakan biaya sekitar Rp15.000,00 per orang.

Di kawasan Agrowisata Gunung Mas ini suah tersedia fasilitas untuk menginap. Harga yang dipatok per malamnya adalah sekitar Rp550.000,00. Namun jika Anda ingin mencari penginapan atau hotel murah di Puncak lainnya, Anda bisa cek dan pesan via Traveloka.com.

      Telaga Warna

Source: Wisata Puncak
Tempat wisata ini berada tidak jauh dari perkebunan teh kawasan Agrowisata Gunung Mas dan dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam. Di alam terbuka dengan suasana yang tenang ini adalah pilihan yang cocok bagi Anda yang ingin sejenak lepas dari kepenatan dan kehibukan rutinitas. Anda akan dikelilingi hamparan luas kebun teh dan juga telaga seluas 1,5 hektare yang kerap berubah warna.
Perubahan warna pada telaga tidak terjadi setiap saat. Menurut penelitian, ada tujuh warna air yang terihat pada telaga ini kala berubah. Namun tidak perlu berpikir berlebihan. Salah satu faktor yang memengaruhi perubahan warna tersebut adalah pantulan berbagai wana pohon yang ada di sekitar telaga.
Hanya itu saja yang menarik di Puncak sehingga orang betah bermacet ria di jalan? Tentu tidak. Masih banyak tempat wisata lain di Puncak yang harus Anda tahu dan kunjungi, seperti kebun bunga, berbagai air terjun, taman wisata dan rekreasi keluarga, dan lain-lain.

Nah, jika Anda merencanakan untuk mengunjungi kawasan Puncak dan menginap. Pesanlah jauh-jauh hari terutama apabila Anda berniat menghabiskan akhir pekan atau di sana, sehingga pilihan hotel murah di Puncak masih terbuka lebar untuk Anda. Selamat berlibur  Dan tetap jaga kebersihan tempat wisata  !

Jumat, 13 Januari 2017

Cantiknya View Gunung Bintan Dari Kolam Pemancingan Poyotomo Desa Sei Kuning


Penampakan Gunung Bintan dari Danau Sei Kuning
Setelah pulang dari De Bintan Villa, aku dan beberapa teman ku mengunjungi sebuah desa yang bernama Sei kuning. Desa ini terletak tak begitu jauh dari Gunung Bintan.

Tujuan kami kesini ingin melihat sebuah tempat wisata yang akan dibangun menjadi tempat bersantai dan memancing. Area taman dan danau ini cukup luas, Sehingga bisa menampung banyak orang. View Gunung Bintan yang berdiri kokoh menambah daya tarik dari kawasan ini.

Saat kami datang, proses pembuatan gazebo masih berlangsung, dan taman2 bunga juga masih di rapikan, plang nama juga belum ada, dan masuk masih di gratiskan.

Penataan Gazebo
Akses masuk ke kawasan ini, Bisa melalui jalan masuk menuju kawasan Gunung Bintan ( Lintas Barat jika dari Tanjung Uban ) ikuti saja jalan ini sekitar 15 menit, Sampai menemukan simpang 3 yang ada patung Buah Durian, ( Konon Desa ini penghasil Buah Durian ). Nah belok lah kekanan, teruslah ikuti jalannya sekitar 10 menit, Dan lihatlah sebuah pagar beton tinggi sebelah kanan, Maka kamu akan menemukan lokasinya.

Tempat Santai Disis Kiri

Tempat Santai Disisi Kanan
Untuk kendaraan umum belum ada, Sehingga menuju ke Desa Sei kuning memang harus menggunakan kendaraan pribadi. Penasaran dengan wisata baru ini.. Ayuuk masukan daftar tempat ini kedalam list perjalananmu ke Bintan.

Tenangnya Air seperti Tenangnya Perasaanku 

Keep Smile... sarahjalan :) 

New Update :
Saat hari raya Idul Fitri tiba, teman teman saya  sudah mengunjungi taman dan pemancingan ini, ternyata namanya adalah Pemancingan Poyotomo. Biaya masuk ke taman pemancingan ini sebesar Rp 10.000, Biaya alat sewa pancing Rp 30.000 beserta umpannya. Biaya sewa Gazebo Rp 30.000 Dan untuk Camping juga bisa, karena pengelola sudah menyediakan tenda dengan harga sewanya Rp 50.000 /tenda isi 3 orang.

Untuk fasilitas Toilet, Musholla dan Pujasera juga sudah ada. So... ayuk  ke Bintan.... :)  Nikmati wisata dan keindahannya, dan tetap  jagalah kebersihan area tempat wisatanya.





Kamis, 12 Januari 2017

Beberapa Tempat Wisata Yang Bisa Di Kunjungi Di Sumatera Barat


Sumatera Barat memiliki banyak tempat wisata, Ada Air terjun, Pantai, Danau, Lembah, Gunung pokoknya pas deh buat kamu yang senang dengan berpetualang di alam terbuka. Kalo soal kuliner jangan ditanya juga, Makanan enak banyak di jumpai disini.

Bandara Minang Kabau

Jika kamu punya waktu sekitar 2 atau 3 Hari berlibur di Sumatera Barat, ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi :

1. AIR TERJUN LEMBAH ANAI
Lembah anai terletak di tepi jalan raya, Ketika perjalanan dari Kota Padang menuju Bukit Tinggi, tepatnya di Nagari Singgalang Kecamatan Sepuluh Koto Kabupaten Tanah Datar

Air Terjun lembah Anai

2. GREAT WALL KOTO GADANG
Jika belum bisa ke negara China, jangan berkecil hati, Di Sumatera Barat ada tempat wisata menaiki dan menuruni ratusan anak tangga yang lebih dikenal dengan Great Wall, pemandangan disini cukup indah, Siapkan kaki yang kuat dan minuman yang cukup, Dipastikan kalian senang melihat keindahan alamnya, namun ngos ngosan ketika menapaki tangga demi tangga.

Great Wall Koto Gadang

View di Koto Gadang

3. LOBANG JEPANG
Letaknya tak jauh dari Great wall, jadi pastikan setelah beristirahat sejenak setelah melewati ratusan anak tangga, Kamu bisa  mampir ke Lobang Jepang, Selama perjalanan kedalam lobang jepang ini akan didampingi oleh tour guidenya.

Yuk Jelajah Lobang Jepang

4.  NGARAI SI ANOK
Lokasi nya berada di bukit tinggi, Disini kita bisa melihat lembah2 tinggi menjulang, dan pastinya mata kita akan takjub dengan pemandangan disekelilingnya


View Ngarak Sianok  Foto dari Mbak Sari Suwito

5.  Jam Gadang
Ini Icon nya Sumatera Barat, berada di daerah Bukit Tinggi. Setiap hari kawasan jam gadang selalu ramai oleh pedagang dan para pelancong. Pandai2 lah menawar harga disini jika ingin berbelanja..

Wisata Malam di Sekitaran JAM GADANG

6. LEMBAH HARAU
Kesumatera barat tanpa singgah melihat perkasanya Lembah Harau, Sayang banget deh rasanya, Karena lembah harau ini benar benar akan membuat kita takjub dengan keindahan disekelilingnya.

Lembah Harau yang perkasa

7. KELOK 9
Kelok 9 merupakan jalan lintas Riau - Sumatera Barat,  Disni kita bisa berhenti sesaat untuk melepas penat sembari menikmati jajanan ringan, seperti jagung bakar . Pesona kelok 9 akan membuat mu takjub.


Kelok 9 Nan Indah di Sumbar

8. PUNCAK LAWANG
Puncak lawang berada di Kabupaten Agam, terletak di atas bukit sehingga untuk menikmati suasana sore sangat asyik disini, Kita juga bisa melihat Danau Maninjau yang indah jika cuaca sedang cerah. Atau kalo ingin bermain paralayang disini juga bisa.

Puncak lawang dan Danau Maninjau

Puncak Lawang Saat Hujan Penuh Kabut

9. ISTANA PAGARUYUNG
Istana pagaruyung terletak di kota Batu Sangkar kabupaten Tanah Datar, Istana ini merupakan obyek wisata budaya, selain megah disini kita juga bisa menyewa baju adat Sumatera Barat

Istana Pagaruyung

Didalam Istana Pagaruyung

10. DANAU SINGKARAK
Danau singkarak cukup luas, Pemandangan yang ada di sekitar Danau benar benar memanjakan mata. Danau ini berada di Kabupaten Solok , Disini kita bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu.

Danau Singkarak Memiliki View yang sangat bagus

11. Pantai Air Manis
Pantai Air manis berada di Daerah padang Selatan.Menurut Cerita legenda jaman dahulu Batu tersebut ialah malin kundang yang di kutuk menjadi batu oleh ibunya.

Pantai Air Manis

Batu yang di kira Malin kundang

12. Jembatan Siti Nurbaya
Jembatan ini mulai sore hari sampai malam selalu ramai oleh anak muda yang menghabiskan waktu utuk bersantai di pinggiran jembatan.

Jembatan Siti Nurbaya


Tips :
Sebelum berpergian buat itenary terlebih dahulu, Karena wisata di Sumbar sangat banyak.
Siapkan fisik yang kuat, karena jarak lokasi wisatanya agak berjauhan
Jangan lupa icip2 rendang dan kuliner khas sumatera barat lainnya..enak enak  :)

Jika ingin perjalanan kalian gak mau ribet masalah penginapan, Destinasi wisata yang akan dikunjungi, Dan urusan rental mobil, Gak usah bingung dulu ah, Kalian bisa manfaatkan pelayanan dari Govakansi.com pastinya lebih seru. Go vakansi tidak hanya menemani perjalanan kalian di daerah Sumatera saja, Namun memiliki destinasi lain seperti Lombok, Bali, Jawa, Sumba, Flores, Belitung, Maluku, Kalimantan, Bahkan Raja Ampat pun ada.


Alasan Memilih Govakansi Sebagai Teman Perjalanan :
1. GAK RIBET
Kamu tinggal buka websitenya Go vakansi, Pilih trip nya mau kemana, Bayar, Dan Cuss Berangkat deh. ( Pembayaran bisa melalui kartu kredit juga )

2. TERPERCAYA
Go vakansi terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk peserta, Hingga pilihan destinasi yang menyenangkan untuk peserta.

3. HARGA TERBAIK
Paket perjalanan bersama Go vakansi hadir dengan harga yang kompetitif .

4. SERU
Mau ikut open trip atau private trip, Pergi bersama Go Vakansi akan memberikan pengalaman baru yang tentunya menyenangkan  karena banyak kejutan didalamnya.

Ayooo explore wisata Indonesia bersama Go Vakansi...