Kamis, 03 Desember 2015

PANTAI INDAH PURI SEKUPANG-BATAM



Berawal dari Iklan di salah satu Tv lokal batam, bahwa ada satu pantai yang telah dibuka untuk umum, makanya aku langsung mengajak temanku untuk mencari alamatnya. Secara sering wara wiri kedaerah sekupang. Belum pernah dengar yang namanya pantai Indah Puri.


Hari minggu 29 nov 2015, cuaca sangat mendukung untuk kami kepantai, aku tak membuang buang waktu lagi, berdasarkan alamat yang diiklankan dan informasi dari warga, aku pun tak begitu sulit menemukan lokasinya.ketika sampai mentok jalannya, kita sudah disambut oleh Gerbang yang bertuliskan INDAH PURI GOLF, oalaaahh ternyata ini sebuah resort untuk bermain Golf toh, pantasan aja kita tidak pernah tau, secara jangan kan bermain golf, mungkin megang stick golf aja kagak pernah..yang sering pegang mungkin, gagang sapu ama Gagang pel kali ya..hahahah..


Wah senang banget bisa masuk kedalam, jalanannya masih bersih, suasananya tenang, dan rerumput hijau disepanjang jalan, benar benar membuatku senang.. menemukan wisata baru itu senangnya disini....


Ayukk main kesini, tapi ingat!! Jangan menyampah ya. Jagalah kebersihan dan buka mata lebar lebar, karena tempat sampah sudah disediakan..










wisata tanjung pinang - bintan ( Kepri )

sudah tak terhitung berapa kali aku menginjakkan kakiku kekota tanjung pinang ini, secara aku memiliki keluarga yang sudah belasan tahun menetap dikota tanjung pinang, tepatnya dibatu 9, namun sayang, ketika weekend aku kepinang, aku hanya betah bermain2 dirumah bersama keponakanku..kalo pun aku keluar ya sama keluarga untuk sekedar makan2 didaerah bakar batu, atau ditepi pantai.setelah itu pulang kerumah, bercerita, bermain, atau sekedar membuat masakan kampung yang selalu kami rindukan.

Nah ketika ku mulai mendengar dan membaca situs2 tentang pantai atau wisata didaerah tanjung pinang dan sekitarnya, aku pun mulai tertarik untuk menjelajahinya.. berhubung rumah keluarga berada dibatu 9 ,maka tempat pertama yang aku kunjungi ialah Vihara Avalokitesvara Graha . Vihara ini sangat besar, bahkan menjadi vihara terbesar Se asia tenggara, tanaman buah naga yang tertata rapi menghiasi vihara ini, dan begitu banyak patung2 yang berjejer disepanjang jalan menuju bangunan viharanya membuat vihara ini begitu megah..
patung2 yang berjejer dan hamparan tanaman buah naga

gerbang vihara yang megah

taman yang bersih

setelah puas menikmati kecantikan dan kebersihan vihara ini, aku melanjutkan perjalananku menuju Danau Biru yang berada didaerah Kawal,Nah danau biru ini bukanlah danau yang memang ada secara alami, Danau ini ada karena sisa penggalian pasir secara besar besaran dan berkelanjutan yang dilakukan menggunakan alat berat, sesungguhnya aku sedih dan takut melihat kegiatan mereka mengeruk lahan ini,,aku takut Tuhan murka karena ciptaannya diacak2...waduuhhh kok jadi melow, heheheh abaikan sja..namun aku positif thinking saja bahwa  kegiatan ini sudah direstui artinya sudah resmi.. dan aku menjadi takjub juga ketika kulihat kubangan ini membentuk sebuah danau danau kecil yang menyimpan air berwarna hijau tosca dan biru..

danau yang berwarna hijau dan biru

Narsis dulu

Airnya tawar loh...

setelah berpanas panasan melihat danau biru yang cantik ini, aku melanjutkan perjalananku ke pantai Trikora, sepanjang jalan menuju pantai trikora tak henti2nya aku takjub dengan keindahan pantainya, Subhanallah indah nya ciptaanMu... air laut  yang nampak hijau, biru dari kejauhan , pasir putih , dan batu batu Besar yang terhampar dipesisir pantai, membuat Bintan memiliki ciri khas yang bisa membuatku rindu akan balik ,balik dan balik lagi kesini untuk menikmati keindahannya.

pantai trikora 4

airnya bening eiii




#wonderfullkepri
#kepribukanriau







Rabu, 02 Desember 2015

WISATA PANTAI DIDAERAH SEKUPANG-BATAM

Membicarakan masalah wisata pantai dikota Batam ini takkan ada habis habisnya, secara kota batam termasuk dalam kepulauan riau yang memang dikelilingi laut..alhasil saya yang sudah sah menjadi penduduk kota batam sejak tahun 2005 tak pernah merasa bosan untuk menjelajah pantai atau tempat wisata lainnya yang ada dikepulauan riau, khususnya kota batam ini.

Tak hanya didaerah Barelang dan kawasan Nongsa kita menemukan banyak Pantai, Namun didaerah sekupang juga memiliki pantai yang tak kalah bagusnya, karena dari pantai ini kita bisa melihat gedung gedung pencakar langit dari Kota Singapura...

Penasaran Pantai apa saja yang ada di daerah Sekupang ini..
1. Pantai Tanjung Pinggir,
Pantai Tanjung pinggir ini berdekatan dengan Sebuah resort yang bernama KTM, meski jauh dari jalan raya, namun pantai ini menjadi pantai favorit bagi warga yang tinggal didaerah sekupang, karena view bangunan singapure nya yang terlihat jelas ketika cuaca cerah, dan pantainya aman untuk berenang anak2,
Suasana pantai tanjung pinggir - Sekupang




2. Pantai Dangas
Pantai ini terletak dijalan Ir.Sutami, namun jangan khawatir meski jalanan yang dilalui terbilang sepi, namun kita pasti bisa menemukannya dengan mudah jika kita tidak segan untuk bertanya pada warga sekitarnya. tiket masuk kekawasan pantai ini cuma Rp. 5.000 kok dan nikmati pantai nya yang masih bersih karena pantai ini dikelola dengan baik.


ciri khas tempat duduk dipantai Dangas


pantainya masih bersih, dan nyaman untuk berenang.

3. Tangga 1000 ( Seribu )
Tangga seribu ini lokasinya bersebelahan dengan Pantai Dangas, hanya ada beberapa gazebo yang disediakan disini, untuk bersantai sore,sepertinya lebih adem disini..masuk juga dikenakan tiket Rp 5000 dengan free parkir.
AYUNAN KEMBAR  menjadi ciri khas wisata tangga seribu 


Lokasi untuk memancing..

yuk mulai hitung tangganya... :) 


4. Pantai Indah Puri
Pantai ini, baru beberapa minggu diresmikan untuk umum, secara pantai ini berada dilokasi resort khusus para pemain golf,, wajar saja ketika saya datang kesana, lokasinya asri, dengan rumput2 hijau yang memanjakan mata, walau kita dilarang memasuki area golf tersebut.  dan kolam renang yang bersih bisa kita nikmati, namun saya tak sempat bertanya berapa yang harus dibayar agar bisa berenang disitu.  masuk kepantai ini  tiket nya Rp. 5000, dan parkir motor Rp.2000


area golf dengan view kota singapure

View dari Pesisir pantainya 

area bermain kano dan renang...

kolam renang yang disediakan

area pantai yang cukup luas untuk bersantai
Indahnya pantai di kota batamku...
#kepribukanriau
#wonderfullkepri
#lovebatam



Sabtu, 28 November 2015

Beberapa Wisata Pantai Yang Bisa di Kunjungi Saat Ke Barelang Batam

WISATA PANTAI DIBARELANG - BATAM



Jalan jalan memang hobiku dari kecil, tak perduli kemanapun aku pergi, ketika ada  yang mengajak aku berpergian aku selalu menerima ajakan dengan senang hati...
Hobi tersebut terbawa sampailah aku beranjak remaja,, dewasa bahkan sekarang dah menjadi seorang ibu...hobi mengunjungi tempat tempat baru semakin menjadi..Aku tak pernah menyangka bahwa aku bisa mengunjungi semua tempat wisata yang ada dikawasan Barelang, secara kalo diliat dari kasat mata, perjalanannya cukup jauh, apalagi ditempuh dengan menggunakan sepeda motor... belum lagi jalanannya terbilang sepi, Namun kalo sudah Hobi...Jalanan jauh bukan lagi alasan...tetapi sampai ketujuan merupakan kepuasan

Jembatan 1 ,
disinilah icon nya kota Batam... ( sdh tak terhitung aku kesini utk melepas lelah, secara dari rumah hanya 25 menit ). Dijembatan ini merupakan jembatan yang paling ramai dikunjungi semua wisatawan, karena semua pemandangan indah berawal dari sini...jembatan ini merupakan tempat ngumpul dan bersantai baik oleh para remaja, keluarga maupun komunitas, Biasanya waktu sore dan malam hari menjadi puncak ramainya orang orang bersantai..dan foto foto..ada juga penyedia jasa foto patokan harga nya Rp 25.000

Icon jembatan 1 barelang



Setelah puas bermain dan berfoto foto di jembatan 1 barelang, bisa melanjutkan perjalanan menuju

PANTAI SETOKOK
Pantai setokok ini berlokasi setelah jembatan 3 barelang... kira2 10 menit lah dari jembatan 1, nah pada saat masuk dari gerbang PANTAI SETOKOK. jalanan disana juga masih dibilang sepi...namun pemandangannya tak kalah cantiknya.. bukit2 dan pepohonan menemani disepanjang jalan..
lebih kurang 10 menit juga kita sudah bisa sampai dipesisir pantai setokok...cukup membayar 10 rb perorang sdh termasuk kendaraan, kita sudah bisa bermain sepuasnya dipantai setokok..
disini banyak terdapat binatang2 kecil seperti kepiting.. (org batam sebutnya RAMAK ), pasir nya putih..dan jika air sedang surut kita bisa main sampai ketengah2 lautnya...woww asiknya....apalagi sunsetnya kawan.....buat yang hobi take foto..bakalan asik deh jepret sana jepret sini,,,( termasuk diriku..hehehehe )

sunset dipasir putih pantai setokok

suasana hening dipantai setokok dibalut pasir putih yang bersih
 PANTAI ZORE

pantai Zore adalah pantai baru yang diresmikan pada tanggal 1 Januari 2015,
Kawasan Pantai zore tidak terlalu besar, disini tersedia cafe Buah naga. karena memang banyak pohon buah naga disana, Alhasil duduk santai dicafe sambil menikmati jus dan melihat laut dan kebun buah naga, merupakan pengalaman yang menyenangkan...



view pantai zore

numpang mejeng ya...
Lanjut kepantai selanjutnya yakni

PANTAI MELAYU
Saat itu aku tiba sudah sore..dan sangat disayangkan air sedang surut sehingga..laut seperti kosong, dan aku hanya menikmati sepiring indomie untuk mengganjal perut yang mulai keroncongan, oh iya,..biaya masuk kepantai melayu Rp 10.000 sudah termasuk kendaraan.. pantainya dikelola sehingga terawat dengan baik.
plang pantai melayu yang mulai rusak

pantai pasir putih nya saat lagi surut..
PANTAI SEMBULANG

Nah disini sebenarnya sudah banyak penduduk, sdh ada sekolah, puskesmas kantor kecamatan, dll.. jalan menuju kepantai sembulang nya cukup jauh, kira kira 20 menitan juga baru kita bisa menemukan pantainya, pantainya kecil dan mulai kotor,...mungkin karena tidak dirawat kali ya...secara masuk kesini gratesss. hanya saja, disini kita bisa melihat kebun2 sayur,,seperti kebun jagun pisang pepaya..ubi  dan macam2 deh..
dan jalanannya juga masih bagus aspalnya...Dan kemaren aku beruntung, saat main kedermaga aku bisa membeli renjungan sekilo Rp 100.000 dikasi 10 ekor gede gede ei....makannya ampe eneg... secara kalo dah dijual kerestoran bisa jadi 200 rb segitu...( hedewww mikir2 deh kalo dah segitu harganya )


pantai sembulang saat lagi surut, dipenuhi kerang2 putih..

Pantai MIROTA
Setelah melalui jembatan 5, kira kira 30 menitlah perjalanannya dengan menggunakan sepeda motor dengan kecepatan 80 km. Pantai Mirota sudah terkenal cantiknya..view laut yang berwarna hijau dan biru cukup membuat mata tak berhenti memandang takjub..sudah banyak yang menghabiskan liburan kesini, camping, acara2 kantor....alhasil pantai nya pun yang awal2nya bersih, mulai tercemar oleh sampah : ( sampah dan sampah :(  dipantai MIROTA ada penyewaan Banana Boat dengan tarif Rp 20.000 per orang, biasanya 5 orang baru bisa ikut main... permainan Kayak  75 rb per 15 menit untuk  2 orang dan kalo mau jalan2 saja menggunakan pompong kepulau2 dekat Pantai Mirota  juga bisa dengan tarif 10-15 rb perorang. dipantai Mirota juga tersedia Villa yang bisa disewa 350 rb permalam. oh iya biaya masuk kepantai Mirota 10 Rb,

warna air laut yang membiru dan menghijau...cakep deh
Kalo sudah ke pantai Mirota sayang banget melewatkan Wisata Ex Campung Vietnam, karena jarak Pantai Mirota dan EX Vietnam cuma 5 menit. Wisata kekampung ex vietnam tidak membutuhkan waktu lama, 30 menit saja sudah cukup untuk mengelilingi tempat2 sejarah masyarakat Dari Negara Vietnam, ada kapal, museum, barak , tempat ibadah dan ada penangkaran rusa juga disana..oh iya..disana banyak monyet2 yang berkeliaran dijalan yang setia menanti pengunjung datang memberi makanan.....namun yang sering jadi icon wisata Ex Vietnam adalah Patung Dewi Guang Shi pu sha....masuk kewisata ini hanya 5rb perorang,
icon nya camp ex vietnam Patung dewi guan Shi Pu Sha

bujangku sedang menikmati keindahan alam dari puncak vihara
Lanjut dari Wisata ex Vietnam, kira2 5 menit lagi, ada

PANTAI MELUR

Nah saat aku datang, pantai ini sedang renovasi, alhasil keindahan pantainya tak bisa di explore lebih leluasa , Namun tetap bisa menikmati keindahan sunset yang menakjubkan disini ya. oh iya masuk ke melur juga Rp 10rb.

Menikmati Sunset dari Pantai Melur
Nah tak jauh dari pantai melur, ada pantai baru lagi, namanya pantai

GALANG CANTIK ( VIO VIO ) 
Jalan menuju pantai ini masih tanah merah, kondisi jalannya menanjak banget, dan ketika turun sangat terjal, jadi kudu hati2 jika membawa motor, kalo kondisi jalan setelah hujan licin banget, masuk kepantai ini dikenakan biaya 10 ribu,,, masih pas dikantong anda kan ??

kondisi pantai masih banyak sampah2 dari ranting bakau

jalanan yang belum di aspal..

Siap siap perjalanan yang lebih jauh, yakni ujungnya batam Jembatan 6 kalo dipikir memang bokong ini lelah....hahahahah tapi sekali lagi...kepuasan didepan mata.

PANTAI CAKANG / BARELANG BAY

Selama diperjalanan ternyata pemandangan dikanan jalan wow...pulau pulau terhampar didepan mata...lautnya yang biru....hedewww tak tahan rasanya pengen nyebur disana...hahahaah..mimpi deh akhirnya kami pun sampai ditujuan terakhir...PANTAI BARELANG BAY ujung nya pulau batam. oh iya biaya masuk perorang RP 4.000 dan motor Rp5000




warga setempat menjala ikan...
Sebenarnya kesemua tempat diatas bisa dikunjungi dalam waktu 1 hari, pergi saja dari pagi, estimasi biaya kesana  150rb, sdh termasuk bensin motor full , tiket masuk kwasan wisata, dan makan siang.

selamat mencoba bagi kawan2 yang mau menikmati semua pantai di kawasan barelang - batam






Pantai Galang Cantik - Barelang Batam

Sewaktu Teman saya dari Pontianak datang kebatam agustus 2015, saya dengan senang hati menemaninya untuk berkeliling kota batam, sekalian memperkenalkan wisata kota batam dan sekitarnya..

Hari terakhir perjalanan kami, aku membawanya ke daerah Barelang..maklum saja Jembatan Barelang ini kan icon Utama wisata untuk kota batam, rasanya sia sia jika saya tidak mengajaknya kesini.setelah berpuas hati menikmati keindahan alam dan berfoto2 dari jembatan 1,kami pun melanjutkan perjalanan lebih jauh, yakni kepantai Galang cantik yang berada didaerah Galang, melewati Jembatan 5, pantai ini juga baru beberapa bulan dibuka, sehingga aku pun memang belum pernah menginjakkan kaki kesana.

Welcome Pantai Galang Cantik

Jalannya masih tanah merah, dan semakin kedalam semakin menanjak Tinggi...hedewwww jujur agak deg degan juga karena aku takut ban motorku tergelincir, secara jalannya masih belum bagus, dan belum ada pengamanan dikiri kanan jalan, temanku Tri juga merasa cemas, dan selalu berkata..pelan pelan say...pelan2 say bawa motornya... hahahhahhaha....lucu sendiri mengingatnya. Namun ketika berada diatas puncaknya..kami pun kegirangan, laut luas sudah keliatan dan pemandangan hutan2 barelang terbentang luas...ajiiibb saya suka saya suka...

Nah loh setelah diatas, kami harus turun kebawah...lagi2 aku perlahan- lahan mengendarai my blue beat...maklum turunannya curam ditambah jalan yang berkerikil, membuat ku berkonsentrasi memegang rem, agar kami tidak tergelincir kebawah....daaaaannn akhirnya sampai juga kami kebawah...Alhamdulillah ya.... mau kepantai aja susah nya minta ampun...hahahahaa ( maklum pantai baru, sayang kalo gak didatangi biar penasaran gak menghantui... )

Rute Jalan Menuju Pantai

Setibanya kami didekat pantai, ada tersedia kantin,,banyak juga makanan yang dijual disana, hanya saja kami ingin menikmati air kelapanya saja...kantin nya bersih...namun ketika air kelapa kami datang..wew...lalat satu persatu mulai berdatangan..hiks hiks... bikin ilang selera ni

Kantin

Tak mau buang2 waktu kami pun berkeliling pantai, dan menikmati sore itu dengan senang hati...
Pantai ini memang masih keliatan baru, ranting2 dari hutan bakaunya masih berserakan dipesisir pantainya, kalo untuk berenang kayakna harus lebih ketengah agar tak terkena ranting2 bakau. namun untuk mengadakan permainan ditepi pantai, okelah..karena lahannya cukup luas untuk lari2an dan gazebo2 yang disewakan juga tersedia. Untuk masuk kawasan ini terbilang cukup mahal RP. 10.000 per orang... secara wisata pantai lainnya  yang berada didaerah barelang paling Rp.5000 per orang. Namun demi menghatamkan perjalanan wisata ku didaerah Barelang. aku sah sah saja.

Area Pantai

Suasana Pesisir Pantai Pasir Putih dipenuhi ranting2 bakau

Cuma berharap kedepannya pengelola lebih kreatif menyediakan beberapa permainan air supaya wisatawan lebih rame datang kesini.... dan untuk saat ini aku masih memaklumi karena pantai ini memang masih baru dalam pengembangan...jadi keindahan pesisir pantainya memang masih biasa2 saja...namun kalo kamu tipe orang yang memang kurang suka keramaian yang membludak ..pantai ini bisa jadi pilihannya...


gazebo yang disewakan

Area Parkir 

Tetap Jaga kebersihan ya guys...