Kamis, 26 November 2015

Berburu Kuliner Khas Kota Pontianak


Pontianak ( Kalimantan Barat )

Kota kelahiran ku ini bukanlah pusat nya wisata alam, Ia tak memiliki pantai berlaut biru, hijau Tosca atau Pink seperti yang ada di pulau sulawesi, sumatera maupun jawa. Kota Pontianak hanya memiliki kebanggaan Tugu Khatulistiwa, Keraton Kadariah , Rumah Radank, dan  Sungai Kapuas yang katanya menjadi sungai terpanjang di Kalimantan, kalo pun ada wisata alam, aku harus menempuh perjalanan berjam2 untuk mencapai air terjun, pantai, atau danau, bahkan mencapai Pulau Simping yang sudah dinobatkan menjadi pulau terkecil didunia...

Namun aku tak berkecil hati,karena dikota Pontianak merupakan pusat wisata kuliner,dari jajanan pasar,  kue tradisional maupun kuliner lainnya,berbagai macam aku bisa temukan disini, enak murah lagi...hehehe

Dan kota pontianak bukanlah kota yang besar, ia bisa dikelilingi dalam waktu 1 hari dari ujung keujung..( siapkan pantat utk duduk dimotor berlama2 ye )

Nah kali ini aku ingin mengenalkan beberapa kuliner yang bisa kamu coba saat bertandang ke pontianak, yang pasti kuliner ini bisa jadi ciri khas kuliner kota Pontianak

CHAI KWEE
kamu bisa menemukan banyak rumah makan menjual jajanan ini..salah satunya dikawasan jalan rajawali, isi dari chaikwee ini adalah bengkoang atau daun kucai, dimakan bersama kuah sambal...

Kue Tradisional PUTU PIRING
setiap malam dijual di area sungai jawi, terbuat dari tepung beras dan dalam nya isi gula merah..rasanya kurang lebih seperti putu ayu.

kembang TAHU
dijual setiap pagi sebagai sarapan..bisa kamu dapatkan didaerah sungai jawi atau didaerah kaisar 


BUBUR PADAS
kuliner ini benar2 khas dari kalimantan , kamu bisa menemukan kuliner ini disekitaran jalan merdeka atau gang padi, terbuat dari macam2 sayuran dan dilengkapi dengan taburan kacang serta ikan teri dan kuah sambal..hmm yummiee

MI SAGU
kuliner ini enak dimakan saat musim dingin, aroma mi sagu nya benar2 menggugah selera, kamu bisa menemukan kuliner ini di gang padi kedai PEMPEK MITHA,  kedai ini selalu ramai saat jam makan siang... karena hanganya hanya Rp 6.000/ perporsi

NASI GORENG IIN
nasi goreng ini sangat terkenal dipontianak, terletak dikawasan jalan johar, pas dipersimpangan lampu merah..bukaya dari sore..namun kalo malam kesini, siap2 mengantri ya,,karena laris banget ni kuliner.. 

DURIAN
siapa yang tak kenal buah musiman ini....kalo kamu bertandang kepontianak tepat dimusim buah durian, kamu bisa menikmati sepuasnya durian ini , dengan harga seperti dibandrol, bahkan bisa  Rp 5.000/buah jika sudah benar2 puncak musimnya.. kawasan Jl Tengku Umar selalu dipenuhi penjual durian ini..makan disana semakin malam semakin ramai...

SOTONG PANGKONG
kuliner ini menjadi ciri khas pada saat bulan ramadhan, namun karena peminatnya cukup banyak, makan jajanan ini dijual setiap hari dari sore ampe tengah malam, kamu bisa menemukannya di Jalan merdeka ,berjejer penjual menjual sotong pangkong ini..dinamakan sotong pangkong,  karna setelah dibakar sotongnya di pukul2 menggunakan martil sampai tipis dan lembut, kemudian disajikan bersama kuah cabe+kacang...aduhaaaiii tak cukup sekali makan ini..bawaannya pengen nambah nambah dan nambah lagi...harganya sesuai ukuran ya,..semakin besar ukuran yang kamu pilih semakin mahal..berkisar dari Rp 5.000 sampai 20.000

Sebenarnya masih banyak lagi kuliner lainnya yang bisa kamu dapatkan dipontianak, siapkan saja isi dompet dan perutnya...selamat mencoba ya teman2,



Rabu, 25 November 2015

Mimpi yang jadi Nyata- Bertemu Blogger Kece di Batam


Hobby berpetualang ketempat tempat wisata sudah kurasakan sejak aku kecil..makanya jika ada kegiatan pramuka, aku paling bersemangat mengikutinya terutama menjelajah dan berkemah..karena dengan kegiatan tersebut aku bisa menemukan tempat2 baru, melewati hutan2 sungai dan belajar untuk tidak takut dengan tempat yang baru aku kunjungi,.

Hobby tersebut terus menerus menjadi bagian dari hidupku sampailah aku dewasa, ketika ada waktu kesempatan dan uang aku tak pernah melewatkan  perjalananku..hanya saja aku hanya menyimpannya utk diriku sendiri..

Haus dengan tempat wisata baru terus menghantui pikiranku...setiap hari sabtu dan minggu rasanya aku tak mau menghabiskan waktu hanya dirumah belanja ke mall kepasar dan dirumah lagi...aku ingin selalu menemukan tempat2 baru yang belum aku kunjungi..

Suatu ketika aku coba browsing digoogle, pantai2 yang ada dibarelang, nah saat itu banyak pilihan tulisan yang membahas tentang pantai2 cantik dibarelang batam..nah saat aku membuka satu tulisan,
tertera banyak pantai yang bisa kubaca, nah satu blog ini ternyata banyak sekali judul2 yang membuat aku ketagihan...nah nah nah.... ketagihan membaca maksudnya .. :) :)  setiap hari blog ini selalu kubuka.. saat aku buka google ku ketik saja " Jalan kemana gitu "....langsung deh  yang ingin kucari kutemukan disini....

Ni penulis hebat ya gumamku dalam hati,,,,semua daerah batam sudah dikunjungi, dan tulisannya benar2 bermanfaat dan membuat ku ingin datang ketempat wisata tersebut..gaya penulisan yang sederhana dan mudah dimengerti benar2 membuat ku seperti menemukan idola baru didunia maya ...aaalaaahhh lebaynya diriku..heheheheh......

Sang blogger ini bernama Iqbal Rois Kaimudin , blognya dulu berjudul jalankemanagitu.wordpress.com skrng menjadi " Jalankemanagitu.com "  setiap aku mau pergi mengunjungi wisata dibatam,  aku pasti membukan blognya dulu untuk mencari tau cara kesana dan melihat keindahan2 disana..akhirnya hampir lah semua pantai dibatam ini aku datangi karena blognya..terimakasih Kakak

Alm. Kak Iqbal
Puas menjelajah pantai didaerah batam, aku lagi2 mencari info tentang snorkeling...nah kebetulan dari blog nya iqbal kutemukan lagi nama agen yang bisa mengadakan snorkeling..cuma biayanya agak mehong... ku coba browsing lagi tentang snorkeling, kudapatlah satu blog yang aku lupa namanya, disana mereka melakukan snorkeling dipulau abang...nah saat aku koment diblognya mungkin 1 bulan berikutnya yah...sang blogger cewek ini membalas pertanyaan saya dan mengarahkan saya untuk bergabung di batam traveller... mulai bergabung dibatam traveller saya mendapat wisata tambahan lagi karena adminnya memposting tempat2 wisata juga yang ada diarea batam....disaat ada postingan ajakan bergabung di wa Anak Pulau, saya pun memberanikan diri untuk mendaftarkan diri, dengan harapan bisa dapat kawan baru dan pengetahuan baru lagi tentang wisata...
namun beberapa hari terdaftar saya malah kebingungan,,nih group hebohnya ampe tengah malam, dan  saya tak kenal mereka ,tak mengerti apa yang mereka bicarakan.... akhirnya saya pilih mengundurkan diri...alias out... :(

Saya coba cari cara lain bagaimana bisa menemukan teman baru yang bisa menyamakan hobi berpetualang..saya add di fb satu persatu anggota batam traveller, dan saya coba mengenal mereka dari status yang mereka buat meski belum juga bisa berkenalan langsung...saya coba lagi rajin membaca postingan dibatam traveller , nah  ketika seorang blogger wanita bernama Lina Sasmita dengan  blognya www.linasasmita.com memposting tulisannya dibatam traveller, saya melihat satu persatu tulisannya dari gunung ke gunung...pulau kepulau...saya pun menjadi semakin suka membaca...apalagi melihat cover fotonya yang menurut saya hebat banget ya wanita ini...hasil fotonya keren2 dan tak kalah menarik ia adalah seorang ibu..sudah ibu2 masih aktif mendaki gunung ?? dan membawa anak dan suaminya lagi.... Subhanallah betapa kagum nya aku dengan sosok wanita ini.dan beruntungnya ia memiliki keluarga yang mensupport kegiatannya..salut saya mah....tak bisa berkata apa2 lagi...

Teh Lina bersama keluarga yang selalu mensupport hobinya
Artinya skrng aku sudah memiliki 2 blogger yang tulisannya bisa membantu aku menuju tempat wisata yang mau kudatangi..sempat terbesit dihati,.,akankah aku bisa bertemu langung ke2 orang ini...halaaaahhh jangan mimpi lah sar...mereka pasti sibuk..lagian kamu juga bukan seorang penulis dan backpacker hebat yang sudah mendunia...

Ya sudahlah...hari2 berlalu aku coba sesekali memberikan koment pada status anggota batam traveller, dan ternyata aku di sambut baik oleh seseorang bernama  Narsih Asih... dari dia aku juga diajak untuk kepulau Labun untuk snorkeling..benarkah dengan biaya yang murah ,  aku benar2 bisa bergabung dengan mereka yang katanya Anak Pulau yang sudah sering mengelilingi perairan kepri ini ?

Yup..tepat dibulan juni 2015 aku bergabung dengan beberapa anak pulau,, mepo yang ditentukan ditop 100 memperkenalkan aku kepada kak RINA, dan Mbak ASIH  senang hati ku ? iya...beberapa menit menunggu,, ternyata kami perginya pake mobil, nah didalam mobil aku diperkenalkan lagi kepada Mbak Dian dan Teh Lina Sasmita..... ha ?? Lina sasmita ?? rasanya pengen kucubit pipiku kiri kanan,..benarkah aku berada dalam satu mobil dengan beliau ?? tak henti2nya aku memandangi wajahnya dan mendengar ceritanya... sebenarnya aku pengen banget mengungkapkan kegirangan hatiku ini kepada beliau...namun hati tetap berkata...tahan Kampungan mu sarah...tahan...jangan ndeso ya....hahahahah

Selama perjalanan aku memperhatikan sosok Teh Lina dan Mbak Dian.. sepertinya kok aku pernah nampak wajah seperti mbak dian ya ...apa kah yang kubrowsing sehingga wajah mbak dian ini berkesan denganku...seperti tak aneh juga....sudahlah lupakan saja dulu aku tau mbak Dian dari mana yang jelas harii itu aku senang banget bisa kepulau Labun bersama mereka...aku bisa kenal Cilla anak dari Teh Lina dan lala kiting anak dari mbak Dian...anak2 pintar yang tak rewel ketika diajak berpetualang oleh orangtuanya...

Pulang dari Labun tak henti2nya aku berucap syukur...terimakasih Tuhan,....awal yang kukira hanya mimpi ternyata jadi nyata juga...aku bisa berkenalan dengan seorang Blogger yang sudah terkenal, iiiiss senang banget lah diriku...

Saking penasaran nya dengan sosok Mbak Dian, Keesokan harinya...aku browsing lagi, kucoba cari digoogle tentang buah naga dan pantai zore.. Naaahh benarkan...Disinilah aku melihat Mbak dian dan Lala...alaaaahhh bagai orang kampung ketemu artis ibu kota diriku...ketika bisa kenal langsung dengan penulis2 hebat seperti mereka  jadi senang tak ketulungan... kalo kamu mau tau blog mbak dian buka aja digoogle "adventurose.com " dan siapkan waktu untuk membaca tulisan tulisannya yang sudah tak terhitung juga....


Mbak Dian bersama Keluarga.. 
Akhirnya aku pun benar2 menjadi teman dengan Mbak Asih kak Rina Teh Lina dan Mbak Dian difacebook..aku juga tak canggung untuk bercoment ria..karena aku tak lagi harus Sok kenal gitu..tapi emang beneran dah kenal...Sah !!!

Nah setelah mengenal 2 wanita hebat ini,,,pikiranku masih penasaran dengan 1 blogger yakni kak Iqbal Rois,,berkat bantuan Teh Lina , Iqbal menerima permintaan pertemananku difb...mungkin sekitar 7 bulanan diabaikan...hiks,..hiks..hiks.. apelah saye ni bang....hahahahah

Hari2 berlalu Mbak asih kembali menawarkan kebaikan padaku untuk menghadiri acara peluncuran Flyboard di turi beach resort nongsa- batam ...aku pun mantap utk bergabung...dan lagi2 disana aku mengenal Blogger yang sudah warawiri Kak Danan..buka aja blog nya www.dananwahyu.com
ni blogger juga aktif dan bocor habis ei...secara orangnya selalu rame...dan selalu bikin kami tertawa,,, punya bakat ngelawak ya kak ??? hehehe senang deh kenalan ama kakak....gelitik dikit pelutnya..aw aw,,aw,,,


Kak Danan yang selalu bikin suasana rame dengan celotehannya..

Hari2 berlalu...lagi2 mbak Asih menawarkan  kebaikan pada saya untuk ikut bergabung di WA blogger kepri, karena akan ada acara memajukan wisata Kepri bersama Bapak dari Dinas Pariwisata Batam...awalnya aku ragu..namun ketika aku ingin menambah wawasan dan ingin menjadi bagian yang ikut memajukan wisata Kepri dimata Dunia, aku yakinkan diri untuk bergabung... tepatlah ditanggal 20 November 2015 jam 7 malam... aku hadir dan berkenalan langsung dengan blogger2 dan backpacker hebat dari kepri...dan pastinyaaaaa ada Iqbal disitu...wow...Alhamdulillah ya Allah...rasanya aku benar2 senang...apa yang kukira hanya mimpi ternyata jadi kenyataan dimalam ini...pengen lompat2,,tapi maluu ketawan noraknya...hahahahah..sejuk dingin tangan saat berkenalan langsung dengan Kak Iqbal....senang eiii senaaaangg,, Sang Motivator ku ada didepanku...

Bukan hanya 2 blogger yang kukenal saat ini, tapi lebih.Terimakasih ya Allah. aku senang mengenal mereka,.dan pastinya buat  Mak asih...Makasih banyak ya mak...
jangan kapok ajak saya utk berpetualang...cipok mak Asih...mmmuaaachhh

Semua berawal dari Mak Asih.  ( blog nya : asihtraveling.blogspot.com )

semakin tinggi pohon semakin kencang anginnya...semakin hebat seseorang semakin beribu pujian...namun tetaplah ingat sehebat apapun kita.. tetaplah sederhana dalam bersikap dan menataplah keatas untuk melangkah lebih maju.. jadikan kelebihan yang dimiliki bermanfaat untuk orang lain, bukan untuk menyombongkan diri.
dari hati.......
"shesarah"




foto bareng Kadis Pariwisata dan Travel Blogger

Dari acara pertemuan blogger Kepri ini, aku tak hanya memiliki beberapa teman blogger lagi melainkan puluhan teman, Senang ?? ya pastilah..










Senin, 23 November 2015

Provinsi KEPULAUAN RIAU ( KEPRI ) beda loh dengan Provinsi RIAU...



Tanggal 20 November 2015, jam 19.00 wib.  kepala Dinas Pariwisata batam  Bapak Guntur Sakti , mengundang beberapa Blogger kepri di Restoran Saung Sunda Sarwagi Batam Center, untuk makan malam dan membicarakan masalah pariwisata di Kepri.

Nah kebetulan saya pun ikut disana terdaftar sebagai blogger batam..nah loh ?? benarkah saya seorang blogger.....saya sendiri belum yakin..secara penyakit malas menulis lebih sering menggerayang diotak saya.. tapi abaikan sajalah tentang julukan blogger itu...yang jelas saya sangat menikmati kebersamaan malam ini....dan menjadi bersemangat dengan wisata yang ada di Kepri yang harus saya beritahukan keseluruh dunia.

Ilmu yang saya dapat malam ini dari Pak Guntur, bahwa Kepri merupakan Income terbesar no 3 mendatangkan wisatawan, setelah Bali dan Jakarta..wow amazing ya...
daaaaan tambahan ilmu yang saya dapat dari pembicaraan malam ini, bahwa KEPULAUAN RIAU
 ( KEPRI ) ini berbeda dengan RIAU..catat !!!

                   Provinsi KEPRI - ibu kotanya TANJUNG PINANG,
                   Provinsi RIAU  -  ibu kotanya PEKAN BARU
                                   nah beda banget kan ???

Ruang lingkup kepri terdiri dari Kota tanjung Pinang dan Kota Batam,serta teridiri dari Kabupaten Tanjung Balai karimun, Bintan, Natuna, Anambas , Lingga..nah kalo saudare2 datang kedaerah tersebut, artinya saudare2 datang kedaerah Kepri...bukan daerah Riau.

Kepri ini kaya dengan Laut, tak heran jika pantai nya aduhai canteknye  kate orang melayu.. elok sangatlah....sangat mempesona dan dijamin bagi kamu pencinta laut gak bakalan nyesal menginjakkan kaki ke Kepri,..( pantai dibarelang...pantai di bintan trikora, pantai di lagoi beserta resort2nya...belum lagi air laut bening di Anambas, Natuna, itu semua ada diarea KEPRI, trus kuliner nya juga tak kalah enak loh...apalagi seafoodnya...dan dikepri sudah banyak restoran atau kelong2 yang menyediakan kuliner tepi laut., sehingga suasana makan dan bersantai menjadi lebih berkesan.....waduh..kok jadi promosi yah..hahahahaha.

Terimakasih saya ucapkan kepada kakak senior di Travel Blogger Kepri, bersedia menerima saya untuk bergabung dan terimakasih Kepada Kadis Pariwisata  Bapak Guntur sakti beserta rekan2nya , dari informasi yang kalian sampaikan merupakan ilmu baru bagi saya tentang pariwisata Kepri,dan sebagai masyarakat kepri saya merasa memiliki tugas membantu memajukan Wisata Kepri kepada Dunia.

Pesona Indonesia Pesona Kepri dan pastinya #kepribukanriau

kadis pariwisata bpk. Guntur Sakti

Foto Bareng dari Dinas Pariwisata dan Travel Blogger.
















Berwisata Ke lagoi Bay Bintan


October 2015,


Pagi2 jam 6.15 sahabat ku vina sudah datang kerumah untuk menjemputku...
waduuuhh mana aku masih ngantuk..maklum saja malamnya aku tiba2 susah tidur alhasil mulai subuh ni mata seperti enggan diajak melek...tapi mau gimana lagi rencana sudah disusun dari hari sabtu...akhirnya dengan rasa malas dan sedikit ogah2an aku pun mandi, dan mengajak vina..hayuklah kita pergi,nanti dipelabuhan saja cari sarapan ya...aku masih ngantuk...kuminta vina memboncengiku dengan harapan aku masih bisa tidur dibelakang..

Kami pergi dengan modal nekat saja..karena kendaraan dibatam diatas tahun 2009  kategori Kendaraan FTZ... (gak ngerti benar sih FTZ itu..cuma Free Trade Zone ini yang kutau intinya kendaraan tidak bisa dibawa keluar batam ) motor melaju dan tibalah kami dipelabuhan Punggur jam 7.20, lumayanlah 45 menit perjalanan kami,...

Harap2 cemas saat mau membeli tiket dikonter, bisa gak ya...bisa gak ya...vina mencoba membeli tiket dengan menyebutkan nomor kendaraan , namun petugasnya hanya berkata kalo motor silahkan langsung beli didepan kapal.... nah loh ?? tapi sudahlah kita ikuti saja perintah petugasnya...
nah saat kami pergi ternyata ada komunitas Motor Gede yang akan tour LAGOI- Bintan- Tg.pinang juga..kami berdua mulai ikut bergabung dengan antrian mereka...dan aku liat motor mereka semua baru2..dan jika itu beli dibatam pastilah tidak bisa keluar juga..

Apa yang kami khawatirkan ternyata tak terbukti...kami diijinkan membeli tiket tanpa harus menyerahkan STNK, kami hanya membayar biaya Kendaraan golongan kelas 2, ( motor ) sebesar Rp 31.000 dan biaya penumpang dewasa per orang Rp 20.000. senyum ku mengembang...ngantuk ku hilang..tapi tidak rasa laparku...perut ini mulai berjoget joget ria minta diisi...syukurla sivina membawa perbekalan roti yang cukup mengganjal perut ku...

Perjalanan dimulai jam 8.00 menggunakan kapal RORO...tak henti2nya aku bersyukur karena kami berhasil memulai pengalaman pertama kami keluar batam menggunakan motor pribadi.... saat perjalanan laut tak banyak yang bisa dinikmati selain kapal kapal yang tertutup asap...karena saat ini memang sedang musim asap.... ( hedewww ASAP kok jadi musim... buah2an kaleee yang musiman : ) tapi sutralah..yang penting sekarang kami sudah dikapal dan akan memulai pertualangan baru,,

Jam 9.00 kami sampai dipelabuhan Tg.uban..kami memulai perjalanan dengan semangat 2015, benar2 enak menggunakan motor..mata lebih leluasa melihat sisi kanan kiri jalan...kami pun berjalan santai sembari mencari sarapan apa yang menjadi khas di TG.Uban.. tak sadar juga 45 menit perjalanan santai kami pun tak menemukan sarapan yang cocok seleraku..Namuuuuunnn kami malah menemukan Gerbang yang aku tau itu adalah Gerbang menuju wisata Lagoi.....haaaa ??? kita sudah sampai lagoi loh vin...kok cepat ya ??? senyum ku sumringah banget... lebih sumringah karena tak jauh dari gerbang Lagoi,,aku menemukan Tulisan Rumah makan AYAM Bakar Pak Bel... ya udah akhirnya kami pun mampir mengisi perut dulu..

Ayam bakar pedasnya enak loh.....

pilihan yang bisa dipilih...

Setelah perut terisi dengan full,...kami pun melanjutkan perjalanan, didepan pos penjagaan wisata kami hanya membayar tiket Rp 1000 utk motor, Mobil Rp 5.000, wow murah banget utk kawasan se mewah dan sebersih LAGOI..dan tak lupa pak satpam berpesan hati2 dijalan dan jangan ngebut ya mbak...patuhilah peraturan, baik pak terimakasih sambil tersenyum kami pun melanjutkan perjalanan.

Kawasan wisata yang mau kami kunjungi pertama yakni LAGOI BAY,  ni wisata yang baru dibuka tahun 2015 juga oleh Pak Yusuf kalla..aku juga belum pernah sampai,, makanya aku sangat bersemangat menuju kesana...setelah melihat petunjuk yang diberikan oleh plang2 yang dipasang ditepi jalan..akhirnya kami pun menemukan Wisata Lagoi Bay. Woww.....aku terkesima dengan kebersihannya...tanaman tanaman cantik menghiasi sisi jalan...dan jalanan yang bersih.

wowwwwww sekali lagi aku terkesima ketika aku menemukan danau buatan... Aku pun menepi kan motorku dan membuka helm jaket dan aku berteriak wwwuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu Lagoi indah....subhanallah...aku suka aku suka..benar benar aku suka tempatnya.....

area parkir di lagoi bay

jalan masuk menuju lagoi bay

danau lagoi

menikmati tenangnya danau indah ini...

pantai pasir putih lagoi bay

plaza lagoi bay



Akhirnya kami pun menghabiskan waktu menikmati wisata Lagoi yang murah meria ini, namun tempat nya mewah dan bersih eii.....jam 3 kami sudah keluar dari lagoi menuju pulang kepelabuhan tanjung uban..secara kapal Roro yang terakhir jam 17.30 wib.

Lagoi....aku akan kembali karena Keindahan dan kebersihanmu,,,,


Indahnya Wisata Kepri..
#kepribukanriau
#wonderfullkepri




Sabtu, 21 November 2015

Nikmatnya Kuliner di Kedai B3 Palm Spring Batam Centre


Wisata kuliner sepertinya tak pernah habis untuk diberitakan...mengapa ? karena pastinya kita butuh makan donk setiap hari.. dan ketika menemukan rumah makan yang menyediakan masakan yang enak.....egois ya kayakna kalo kita gak  kasi tau kepada khalayak ramai...bahwa dirumah makan ini makanannya enak dan harganya terjangkau pula...

Ketika aku harus menunggu berjam jam nomor antrian yang berjalan seperti siput...aku lebih memilih mencari kuliner yang bisa mengisi perut yang mulai keroncongan ini,  daripada duduk yang bikin bokongku mulai tepos..( padahal emang udah tepos kaleee )  ,  kebetulan saat ini aku berada dikawasan batam center ( tepat nya di Imigrasi ), nah pikiranku tertuju pada satu rumah makan yang sudah cukup lama tidak aku datangi,,,

Kedai B3 Palm Spring
Ya...Kedai Minuman  B3, terletak dikawasan batam centre tepatnya diruko PALM SPRING, dirumah makan ini ada kuliner Miso dimana rasa kuah nya segar dan bumbunya benar2 terasa... dan Nasi goreng dengan bumbu pedas yang bisa kamu sesuaikan dengan kemampuanmu...nah kalo aku sering nya minta super pedas...hehehehe...  serta ayam kalasan yang dagingnya empuk banget.... menurutku T O P banget deh rasanya....


Nasi goreng pedas + Ayam bakar Kalasan enaknyaa.....


cemilan keripik yang disediakan



sambal ayam kalasan......


Kuah Miso yang segeeeeerrrr...


Daftar Harga yang sesuai isi kantong kite kite......

Kalo kamu berkunjung kebatam, rumah makan ini boleh jadi pilihan untuk dikunjungi.. Namun Hari Minggu Tutup ya.. karena mereka buka dari Senin - Sabtu jam 7 pagi ampe 6 sore saja...
selamat menikmati.... :)




 sarah






Rabu, 18 November 2015

MenJelajah Sumut..

                                                       2D1N

            MEDAN- DANAU TOBA- SAMOSIR-TOMOK-TUK TUK- AEK SIDAMANIK
                                   KEBUN TEA SIDAMANIK- MEDAN

12 october 2015
Jam 8 pagi kami sudah tiba diterminal Amplas,dan kami membeli tiket tujuan Amplas -Parapat seharga Rp.40 rb/ per orang.. Bus yang kami naiki adalah Bus Sejahtera ( Bus nya besar dan dilengkapi dengan Kipas Angin ) dan jarak waktu yang ditempuh 5 jam menuju pelabuhan Ajibata parapat ( Danau Toba )

tiket bus sejahtera menuju danau toba (parapat )

konter pembelian Tiket

Dari Pelabuhan Ajibata ini kami menaiki Ferry menuju Tomok, biayanya 8Rb/ orang, dan lama tempuh perjalanan 1 jam. selama perjalanan menuju Tomok, pemandangan Danau toba sangat tidak indah, karena tertutup kabut asap..:(  k e  c e w a  pake banget dah..

kapal yang kami gunakan dari ajibata menuju Tomok

view danau toba yang tak indah

Sampai di Tomok jam 1, waktunya kami mengisi perut karena disekitaran pelabuhan Tomok terdapat banyak rumah makan, dari rumah makan Halal sampai Non Halal pun ada, dan harganya juga tak terlalu mahal lah..1 porsi untuk 2 lauk berkisar 27 rb, enak pula tuh....hehehehe menurut lidah saya seeh, setelah mengusap usap perut yang sudah terisi dan kenyang.... skrng waktunya menjelajah Area wisata Tomok, cukup dengan jalan kaki saja ya karena tempat wisatanya Sigale gale nya gak jauh kok.




Wisata pertama yang kami kunjungi ialah patung sigale gale, jika ingin menonton pertunjukkan patung sigale gale ini kita harus membayar Rp 80 rb + dpt mendengar cerita sejarah dari pembuatan patung sigale gale ini..kita juga diperbolehkan ikut menari dan menggunakan ulos dan ikat kepala khas sumatera...seru bangetlah... ( jika mau hemat Rp 80 rb ini bisa dishare dengan pengunjung lainnya yang mau ikut pertunjukkan sigale gale .. )



foto bersama patung sigale gale..
Puas menari dan berfoto foto, kamipun melanjutkan wisata kami ke makam raja Sidabutar, disini juga kita diberi kain ulos..hanya saja nanti dipintu keluar dari area pemakaman ini penjaga meminta sumbangan ala kadarnya, jadi buat kamu...pastikan siapkan uang pecahan sesukarelanya sajalah... yang penting ikhlas booooo :)






Dari mengunjungi makam raja Sidabutar kami berjakan lagi menuju Batak Museum Tomok, disini juga tempatnya kecil saja, hanya ada 1 bangunan museum dan beberapa gazebo untuk beristirahat melepas penat.
museum Tomok

beristirahat sejenak..

Tak mau membuang2 waktu, kamipun berbelanja oleh2 di Tomok...harganya juga gak terlalu mahal lah..Untuk kaos Lake Toba 20Rb, Sandal wanita Lake Toba 15 rb, dan baju kaos anak lengkap ( baju + celana ) 30 rb.. pintar2 lah menawarnya..


Puas berbelanja kami pun beranjak menuju hotel Caroline didaerah TUK TUK SIADONG, namun dari Tomok  ke Tuk Tuk jaraknya lumayan jauh, jadi kami harus menggunakan angkot atau jasa ojek..nah
saat itu kami memilih menggunakan ojek..tarif yang mereka kenakan 20 rb/ per orang..namun saat
dikasi 50 rb tuh ojek cuma bilang terimakasih dan pergi ...hedewww punya penyakit lupa ingatan ya pak.....ikhlas....:)

10 menit perjalanan kami sampai di Hotel Caroline, kami langsung menuju receptionist dan mulai
memesan kamar, awalnya mereka bilang kamar ekonomi full, jadi mereka tawarkan kami kamar standart
Rp 200rban keatas, cuma kami menolak..karena sebelum sampai dihotel ini kami sudah mau booking 
kamar ekonomi, hanya disuruh datang langsung..ada perdebatan sedikit karena mereka ngotot gak
mau kasi kamar ekonomis, dan saya juga ngotot bahwa saya mau booking sebelumnya, namun di
suruh datang langsung..Akhirnya mereka mengalah dan memberikan kami kamar ekonomi hadap
pantai Rp. 180 rb/ permalam...( masih kategori mahal...krn yang kami mau ekonomis hrg Rp 125 rb)
tapi ya sutralah...kini kami yang mengalah...

Setelah meletakkan barang2..kami pun langsung mandi, dan keluar kamar...Subhanallah indahnya
danau Toba sore ini...udaranya segar dan hotel caroline ini pun dibilang bersih dan nyaman 
meski dikejauhan sana masih berkabut...tak mau terlewatkan momen sore ini..kami pun berfoto2 dan 
berkeliling hotel dan daerah sekitarnya sampai malam 





kamar kami dilantai atas tampak depan

area kamar mandi

closet..heheheh buat merenung mencari inspirasi sambil....

view dari  teras depan kamar kami

kasur yang empuk..
sebenarnya kami masih ingin meng explore daerah samosir..namun karena sewa motor disini 
sudah Rp 200.000 /perhari, dan perjam Rp. 40rb.. maka kami memutuskan untuk check out di
jam 9 pagi, ( tentunya saya sudah puas berenang didanau toba pagi harinya, : ) ) dan kami 
melanjutkan wisata kami ke kebun tea daerah sidamanik.. Nah dari hotel caroline ini kami cukup
menunggu dari belakang receptionist dan kapal yang tiap jam lewat menjemput kami,  
Adapun hotel yang dilewati kapal fery ini yakni Villa samosir, Hotel Caroline, Hotel Silintong dan
Sibigo Hotel, ke 4 hotel ini letaknya ditepian danau toba..sehingga tamu dari hotel ini cukup 
menunggu ditepian danau dan fery akan menjemput..biaya penyebrangan Rp 15 rb/ orang..kurang
lebih 1 jam juga kami sampai di Pelabuhan Tigaraja.

lokasi menunggu fery
Dari Pelabuhan tiga raja ini kami lanjut naik angkot dan bilang kesupirnya ke parapat, mau naik bus sejahtera. biaya angkot ini cuma Rp 4 rb/per orang., didalam Bus sejahtera kami menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam, kami pun turun disimpang sidamanik dengan biaya Rp 15 rb /orang, Patokannya simpang 3 ada SPBU . nah dari simpang 3 ini kami naik angkot lagi, bilang aja ama supirnya mau ke pemandian BAHDAM, waktu tempuh sekitar 25 menit dan biaya Rp 8rb/per orang, nah setelah turun dari angkot kita kudu jalan kaki sekitar 10 menitan untuk turun kewisata pemandiannya..wow..wow..dingin dan ademnya kurasa ketika sampai disana...daku pun bernyanyi santai...GAK MAU PULANG..MAUNYA LIBURAN... hahah senang senang senang....kami tiba dipemandian ini sekitar jam 1 kurang, oh iya...masuk kawasan pemandian ini bayar Rp 4rb/orang ya...dan bisa mandi sepuasnya sampai kamu menggigil hhhrrggg dingin eeii... sembari menunggu temanku mandi...aku memilih makan siang sajalah...kasian perut ini....oh iya kantinnya cuma menjual berbagai macam mie..dan pilihaku mie goreng 10 rb/ perporsi

Plang pemandian sebagai Patokan saat turun dari angkit

lokasi pemandian

rumah pohon utk beribadah...halan2...sholat tetap donk,.,, :) 

Jam 2 siang target kami harus keluar dari pemandian ini...dan kami menuju kebun tea, naik angkot 2rb/orang saja karena jaraknya cuma 1.5 km dari pemandian ini, dan lagi lagi aku berlari lagi sambil bernyanyi nyanyi saking senangnya dengan keindahan kebun tea yang ampun dah luasnyaaaaaaaa... GAK MAU PULANG MAUNYA LIBURAN...tak ada rasanya capek atau lelah setelah melihat pemandangan disini kawan...aku rasanya ingin lebih lama disini...tapi sayang jam 3 kami harus kembali menuju medan..karena bus terakhir jam 5 dari parapat..bahaya kami kalo kemalaman dijalan...secara kami kan wanita cantik..kalo diculik...seisi dunia bisa menangis.....wkwkwkwk lebay...
penyanyi sedang menikmati keindahan alam.... :) 

see u boru sidabutar.....

Dengan berat hati kami pun naik angkot menuju pematang siantar, dengan jarak temputh sekitara 1 .30 menit dan biaya cuma Rp 8rb/per orang...dan minta bantuan ke abang supirnya untuk diturunkan didekat pangkalan bis sejahtera menuju medan. Akhirnya perjalanan kami berakhir dibus sejahtera...kami tiba dimedan jam 20.00wib oh iya biaya nya Rp 25rb/orang...

Rincian biaya perjalanan yang tak bisa di share :
1.       Angkot dari  daerah Bromo ke terminal Amplas            Rp. 4000/ per orang
2.       Bus Sejahtera Ke Parapat ( Pelabuhan AJibata )             Rp .40.000 / per orang
3.       Fery dari Ajibata Ke pelabuhan Tomok                            Rp . 8.000 / per orang
4.       Ojek dari Tomok Ke hotel Caroline   (daerah Tuk2 )      Rp.20.000/ per orang
5.       Fery dari Tuk-Tuk ke Tigaraja                                             Rp.15.000/ per orang
6.       Angkot dari Tiga raja ke pangkalan bus parapat             Rp 4.000/ per orang
7.       Bus Dari Parapat ke simpang 3 Sidamanik                       Rp .15.000/ per orang
8.       Angkot dri Simpang sidamanik ke Pemandian                Rp 8.000/ per orang
9.       Tiket masuk wisata Bahdam                                                Rp 4.000 / per orang
10.    Angkot dari Bahdam ke Kebun tea                                   Rp.2000/ per orang
11.    Angkot dari kebun tea ke Pematang Siantar                   Rp. 8000/ per orang
12.    Bus P. Siantar ke Medan Amplas                                       Rp. 25.000 / per orang
TOTAL                    Rp. 153.000/ per orang
Rincian yang bisa di share ber 2
1.       Hotel caroline                                                                       Rp. 180.000 / per kamar
2.       Pertunjukkan sigale gale                                                     Rp. 80.000/ pertunjukan
3.       Tiket batam- medan PP                                                       Rp. 2000.000
TOTAL                    Rp.2.260.000 /2 = Rp. 1.130.000
Biaya belanja dan makan sesuai kebutuhan isi dompet masing2…hehehehehe

Semoga membantu ya…bagi kamu yang pengen jelajah Sumatera Area Danau Toba dan sekitarnya..


salam halan2