Tampilkan postingan dengan label SUMATERA-UTARA. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label SUMATERA-UTARA. Tampilkan semua postingan


Bandara Kuala Namu

Medan Sumatera Utara tidak hanya terkenal dengan Danau Tobanya yang super luas seperti lautan, Namun masih banyak tempat wisata, yang bisa dikunjungi saat kita berwisata ke Sumatera Utara.
Nah kali ini aku ingin berbagi beberapa tempat wisata yang sayang dilewatkan jika sudah berada di Sumatera Utara Jika kita memiliki waktu hanya 2 hari :

1. Istana Maimun dan Masjid Raya

Masjid Raya dan Istana Maimun ini terletak tidak berjauhan, Sehingga untuk menuju ke 2 tempat ini kita bisa jalan kaki saja, Paling 5 menit udah sampai. Terletak di tengah kota Medan.


Istana Maimun Tampak Samping

Istana Maimun

Taman di Depan Istana Maimun

Masjid Raya Medan / Al Mashun

Bagian Dalam Masjid Raya Medan / Al Mashun



2. Danau Toba

Danau terluas di indonesia, dan menjadi icon nya Sumatera Utara, untuk menuju Danau toba, membutuhkan waktu sekitar 4 jam dari kota Medan, Bisa menggunakan Bus dari stasiun bus amplas dengan biaya sekitar Rp 40.000 maupun bisa menggunakan Travel dengan biaya kurang lebih Rp 70.000

View Danau Toba dari Pelabuhan 

Duduk Santai di atas Fery menuju Samosir 

Ini bukan Lautan...Tapi ini Danau Toba


3. PULAU SAMOSIR

Pulau Samosir terletak di tengah tengah Danau Toba, cukup naik ferry dari parapat dengan biaya sekitar Rp 15.000 dan lama perjalanan kurang lebih 1 jam. Di Pulau Samosir terdapat beberapa wisata, salah satunya Makam Raja Siallagan.


Sawah2 yang ada Di Pulau Samosir

Diatas Bukit Pulau Samosir

Huta Siallagan di Samosir


4. TOMOK

Wisata di Tomok masih dalam area  Samosir, sehingga kita cukup berjalan kaki saja ketika sampai dipelabuhan untuk mengelilingi area Tomok. Disini kita bisa melihat atraksi Tarian dari Patung Sigale gale, ada 2 tempat yang menyediakan patung si gale gale, dan sekali pertunjukkan penonton dikenakan biaya Rp 80.000. Serunya disini kita bisa ikutan menari dan mendengar cerita sejarahnya pembuatan patung sigale gale ini. Selain itu juga ada museum tomok, dan pasar oleh2.

Jangan Sungkan untuk menari bersama patung Sigale gale

Bisa Mencoba Baju Adat Sumatera Utara di Museum Tomok


5. Sidamanik

Sidamanik adalah sebuah Desa dimana terdapat beberapa wisata yang bisa dikunjungi antara lain, air terjun bahbiak, pemandian Bahdam, dan Kebun teh. Utk menuju Sidamanik membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari Medan dengan biaya sekitar Rp 40.000 ( dari medan naik bus, dilanjutkan naik angkot saat berhenti disimpang 3 sidamanik )


Area Kebun Teh di Sidamanik
Pemandian Bahdam

Jernihnya Air di Bahdam


6. Gunung Simarjarunjung

Gunung Simarjarunjung terletak di kabupaten Simalungun, Udara disini cukup dingin, karena memang letaknya diatas. Dikawasan ini terdapat sebuah hotel yang bernama Siantar Hotel, Duduk di Restaurantnya sembari menikmati pisang goreng dan melihat view yang indah merupakan hal yang sangat menenangkan hati.

Taman yang ada Di kawasan Simarjarunjung

View Dari Restaurant yang ada di Simarjarunjung


7. Bukit Gundaling

Gundaling ada nama sebuah bukit yang ada di Berastagi, Untuk mengelilingi daerah Gundaling, bisa berjalan kaki maupun naik kuda, Karena banyak penyedia jasa kuda dikawasan ini. View dibukit Gundaling sangat indah, Dimana sawah2 dan gunung Sibayak dan Sinabung pun bisa kita lihat dengan jelas ketika cuaca sedang bagus.

View Gunung dilihat dari Bukit Gundaling

Sawah2 yang terlihat dari Bukit Gundaling

View Gunung dari Bukit Gundaling


8. Air terjun si piso piso

Air terjun ini berada di Desa Tongging Kabupaten Karo, Untuk masuk kawasan si Piso Piso kita akan dikenakan retribusi sebesar Rp 4.000/ orang, Dari area air terjun ini kita masih bisa melihat pesona Danau Toba yang indah.


Air Terjun Si Piso Piso 

View Danau Toba dari Si Piso Piso

Bonus Pemandangan Syantik dari si Piso Piso


9. Taman Alam Lumbini
Taman Lumbini terletak di Desa Tongkoh, kecamatan Dolatrayat Kabupaten karo, Untuk masuk ke area Taman Lumbini, tidak dikenakan biaya, hanya saja kita mengisi buku tamu dan tidak diperkenankan membawa makanan. Disini terdapat replika pagoda Shwedagon, dan taman taman yang tertata rapi.


Pagoda Shwedagon  yang megah 

Area Pagoda yang Luas


Selain tempat wisata diatas, kita bisa mampir di Berastagi untuk membeli buah buahan, dan berhenti di spot spot cantik yang kita jumpai di sepanjang perjalanan. Selamat berwisata ya teman teman.

Tips :
  • Jika berpergian sendiri jangan segan untuk bertanya pada supir atau warga tentang keadaan / lingkungan yang akan dikunjungi.
  • Jika menyewa mobil usahakan supirnya hafal tempat wisata, sehingga kita gak buang buang waktu dijalan hanya untuk mutar mutar mencari tempat yang dituju
  • Jika dari luar daerah, usahakan cari penerbangan pertama, dan pulangnya cari penerbangan paling terakhir.

Happy holiday ya guys..


































































Read More


Kebun Teh di Sidamanik


Bagi para wisatawan dari luar kota medan, mungkin masih asing mendengar nama Sidamanik. 
Sidamanik sendiri adalah sebuah kecamatan yang ada didesa sarimatondang, Sebuah desa yang bisa ditempuh kurang lebih 3 jam dari kota Medan, Namun dari Pematang Siantar mungkin bisa ditempuh dalam waktu 45 menit dengan menggunakan angkutan cary atau sepeda motor, dan jika dari Parapat bisa ditempuh dalam waktu 1 jam.


Nah pada saat berlibur dari Danau Toba, saya dan teman ingin mencoba mengunjungi daerah sidamanik, karena kami pernah melihat dari media sosial hamparan kebun teh yang luas disana, secara saya belum pernah sekalipun melihat secara langsung seperti apa sih daun teh itu.maklum saja ya, dikota kelahiran saya pontianak, dan didaerah sekarang saya tinggal, kota batam tidak memiliki kebun teh...


Dari kota parapat, saya menaiki bus sejahtera, biayanya 15rb /per orang, kurang lebih 1 jam kami turun di simpang 3 sidamanik, depannya ada pom bensin. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan dengan menaiki angkutan sejenis mobil carry, jalan raya sidamanik tidak besar, suasana pedesaan pun mulai terasa ketika hamparan sawah, kebun, terbentang dikiri dan kanan jalan. Sesekali aku melihat pengendara motor membawa seekor babi, waah jujur ya. Ini pertama kali saya melihat seekor babi berwarna agak pink, bulat buntal dan hhrrrggg cukup membuat saya tersenyum kecil,benar benar pengalaman pertama melihat hewan ini.

Baca juga wisata pulau samosir 



Selama dalam perjalanan, kami pun bertanya pada penumpang selain kebun teh wisata apa aja yang ada disidamanik, kami di beri tahu bahwa ada pemandian Bah Damanik ( bahdam )  dan ada air terjun bahbiak juga. Namun air terjun bah biak tidak bisa ditempuh dng kendaraan umum, mesti bawa kendaraan sendiri, karena jalan masuk ke area air terjun cukup jauh.  Namun jika ingin ke pemandian bahdam, kita bisa mencapainya dengan mudah, karena lokasinya tidak terlalu jauh masuk kedalam.


Niat kami turun dipemandian bahdam pun, kami utarakan ke pak supirnya, dan kami memang diturunkan di depan plang pemandian bahdam. Dengan membayar 8ribu perorang, kami mulai menelusuri jalan setapak menuju lokasi pemandian, melewati kebun jagung, dan rumah warga, sekitar 7 menit berjalan kami pun sampai di area pemandian.  Lokasinya masih benar benar asri, pepohonan yg ada membuat suasana begitu adem, apalagi air yang mengalir begitu jernih, membuat saya tak sabaran ingin mencuci muka. Benar saja, ketika saya membasuh wajah, subhanallah segarnya mata air disini. Dan saya minum sedikit airnya, mana tau bisa balik lagi ketempat ini kan..hahahah..


Plang Pemandian BAHDAM




Airnya bening banget




Pemandian Bah Damanik ini, Dahulunya merupakan tempat pemandian Raja Damanik, Namun sekarang, siapa saja bisa menikmati kesegaran mata air disini , baik untuk warga lokal maupun untuk pendatang dari luar kota seperti kami. 


Ketika teman saya memilih untuk mandi di kolam, saya ingin melakukan sholat zuhur, nah ketika niat saya mau sholat saya sampaikan ke abang yg jaga disana, beliau pun menyediakan tempat sholat untuk saya di rumah pohon, beliau kasi karpet dan beliau bersihkan areanya, alhamdulillah makasih bang.. usai sholat saya duduk didekat abang, eeh dekat kolam sembari melihat teman saya belajar berenang. Perut mulai keroncongan dan dikantin si abang hanya menjual mi...tak ada pilihan lain, memang mi goreng lah yang aku pesan. Ntah karena lapar atau enak, namun saya lahap menyantap mi goreng ini sampai piring nya bersih..heheheh


Sebenarnya belum puas bersantai di area pemandian Bahdam, namun kami ingin melanjutkan perjalanan melihat hamparan kebun teh, Kami keluar dengan berjalan kaki menuju jalan raya, sembari menunggu angkot yang tak lewat lewat dijalan, kami pun berjalan kaki saja, sembari bertanya tanya pada anak2 yang pulang sekolah, apa kebun teh masih jauh ? katanya gak lagi kak, jalan aja, namun ketika kami terus berjalan, saya bertemu dengan teman lama saya,  Haiiii begitu surprise saya ketika melihat nya, Alhamdulillah kami tetap saling mengingat, dan akhirnya kami dipinjami motornya,  Biar gak capek jalan kaki katanya..Subhanallah saya senang sekali. Bisa bertemu dengan nya, dan berkat nya juga kami bisa sampai dan melihat hamparan kebun teh ini, dan saya pun berlari lari kecil ditengah2 hamparan kebun..saya senang saya senang..







Hamparan Kebun Teh 





Jam 3 setelah mengembalikan motor teman, kami naik angkot lagi menuju pemantang siantar, dengan biaya yang sama Rp 8ribu/per orang, dilanjutkan naik bis sejahtera dengan biaya Rp 25 ribu/ per orang sampai di medan. 

Read More




Jika kita berlibur Ke Sumatera Utara, Tujuan kita pastinya melihat keindahan Danau Toba yang sudah di akui oleh dunia keindahan disekelilingnya, Nah ditengah tengah Danau Toba ini ada sebuah pulau yang menarik perhatian untuk kami kunjungi, dan nama pulau tersebut adalah Samosir.


Untuk menuju ke Pulau Samosir, tentunya kita harus menaiki fery dari parapat, dan karena liburan kali ini kami menginap di Hotel Caroline Tuk Tuk, maka kami menaiki fery dari pelabuhan Tigaraja. Biaya per orang menaiki fery ini Rp 15.000 dan langsung sampai di depan pelantaran Lobby Hotel. Setelah proses check in selesai dan barang barang sudah disimpan, aku dan ke 3 temanku kembali menuju receptionist hotel untuk menanyakan sistem penyewaan motor, karena siang ini kami ingin mengelilingi Pulau Samosir.

Di hotel Caroline menyediakan penyewaan sepeda dan motor, Dan pilihan kami menyewa motor selama 4 jam Rp 80.000 sudah termasuk bensin full.  Oke ngetrip dimulai. Pulau Samosir tidak besar, jalanan sungguh lenggang saat itu, Sehingga kami sangat menikmati pemandangan disini, belom juga jauh mengendarai motor, kami sudah menemukan pemandangan yang indah banget, sebuah bukit yang berjejer rapi di tepi jalan dan persawahan yang terbentang, iiiiii bahagia kakak dek melihat yang beginian.






Kami melanjutkan perjalanan menuju Huta Siallagan/ Kampung Siallagan yang berlokasi di Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo. Menurut sejarahya Huta Siallagan ini dibangun pada masa Raja Laga Siallagan dan  turun temurun garis keturunan ini mendiami kampung ini, bahkan makam keturunan Raja Siallagan pun bisa ditemukan di desa ini.

Memasuki kawasan Desa ini, kami pun bisa melihat deretan rumah bolon yang berbaris rapi,serta deretan batu berbentuk kursi yang disusun secara melingkar, dan tempat ini dikenal dengan Batu Persidangan yang berfungsi sebagai tempat rapat. Selain itu ada juga batu persidangan yang memanjang, ini lebih berfungsi untuk eksekusi terdakwa, alias untuk membaringkan sang terdakwa dan kemudian memenggal kepalanya. Kraaakk!!!! 




Lokasi Pemasungan dibawah rumah


Alat yang digunakan  untuk meng eksekusi yang bersalah

Kursi Persidangan

Siap Memenggal Kepala.


Sebenarnya belum puas menikmati keindahan disini, namu kami harus melanjutkan tempat wisata lainnya, Nah tibalah kami di Tomok untuk melihat pertunjukkan Patung Sigale gale, cukup membayar Rp 5.000 sekali pertunjukan. Namun disini kami tidak mendapat sejarah patung si gale gale, hanya menonton tarian saja.







Nah setelah melihat pertunjukan sigale gale, Kami melanjutkan perjalanan ke Museum Tomok. Disini kami juga mendengar cerita  sejarah tentang raja Sidabutar, Museum ini tidak besar, hanya berbentuk 1 bangunan kecil saja, Namun museum ini memiliki pakaian adat sumatera yang bisa kita sewa seharga Rp 10.000 saja, Asik kan ?




Horas Kakak....


Baca juga wisata kebun teh dan pemandian Bahdam Sidamanik


Sebelum pulang ke Hotel, kami pun berbelanja cindramata yang banyak dijual di kawasan tomok, harganya pun tak begitu mahal, ada baju, celana, gantungan kunci, kerajinan tangan pokoknya banyak deh, Beli ya kalo kalian kesini, hitung2 memberi masukan pada masyarakat setempat :) Dan untuk yang muslim, juga jangan khawatir karena disepanjang jalan daerah Tomok banyak juga rumah makan halal dengan harga terjangkau, jadi gak perlu risau soal perut.  Hari menjelang Maghrib, dan kami pun kembali ke penginapan dengan membawa kenangan dan cerita menyenangkan selama berkunjung di Pulau Samosir.










Read More
Previous PostPostingan Lama Beranda