Langsung ke konten utama

Transportasi Unggul Indonesia Maju


Bagi Saya yang memiliki hoby traveling, Selain mempersiapkan perlengkapan yang harus dibawa, seperti uang, pakaian, obat obatan, mencari penginapan yang memiliki lokasi yang strategis dekat dengan area keramaian, moda transportasi  juga menjadi pertimbangan penting yang harus Saya cari di setiap daerah yang Saya datangi, dimana sebelum Saya mengunjungi beberapa tempat yang menjadi tujuan traveling, Saya harus tau bagaimana cara Saya untuk menuju kesana, transportasi apa yang telah tersedia disana, dan bagaimana kenyamanan transportasi tersebut bagi para traveler, sehingga dengan mengetahui hal hal yang Saya butuhkan, Saya pun bisa mempersiapkan budget agar itenary perjalanan yang telah dibuat bisa berjalan sesuai dengan perencanaan.

Moda Transportasi di Indonesia

Nah untuk seorang traveler yang sering berpergian sendiri ala backpacker, tentunya ada beberapa hal yang harus Saya perhatikan saat memilih moda transportasi yang akan Saya gunakan untuk menunjang traveling Saya agar bisa sampai ketujuan dengan hati yang bahagia :

1.Keselamatan
Yang utama adalah keselamatan, dimana Saya berharap transportasi yang Saya naiki tentunya mengutamakan keselamatan penumpang. Sang Supir / Masinis /Pillot/ Kapten tentunya orang orang pilihan yang sudah memiliki pengalaman dalam membawa kendaraan nya, karena selain Saya sebagai penumpang, ada juga puluhan bahkan ratusan orang yang keselamatannya ada ditangan sang pembawa kendaraan  tersebut.
   
2. Keamanan
Hal yang tak kalah penting dari memikirkan  keselamatan saat menaiki transportasi adalah rasa aman saat berada di dalam transportasi yang dinaiki. Kebayang dong jika kita naik transportasi ternyata didalamnya ada orang orang yang bertangan panjang. Hal ini pasti tidak aman untuk Saya yang sering berpergian seorang diri.

3. Kenyamanan
Yess rasa nyaman, sebagai seorang traveler rasa nyaman didalam transportasi ini juga menjadi pilihan, dimana rasa nyaman ini bisa meliputi ketersediaan kursi yang sesuai dengan jumlah penumpang, fasilitas ac/kipas angin, hiburan yang disediakan.

Moda Transportasi menjadi penting bukan hanya untuk para traveler, wisatawan namun juga untuk semua kalangan,  dimana transportasi yang unggul bisa membuat Indonesia menjadi lebih maju.

"Pengalaman Menyenangkan menggunakan Kereta Api untuk perjalanan Jakarta- Bandung "

Tiga tahun lalu, tepatnya tahun 2016 Saya merencanakan liburan ke Bandung dengan memilih transportasi Kereta Api, dari awal proses pembelian tiket saja sudah sangat menyenangkan, karena Saya tidak perlu datang ke konter hanya untuk mengantri pembelian tiket, pembelian tiket kereta api sudah bisa dibeli melalui online.

Saat hari keberangkatan menjelang, proses checkin dan mendapatkan boarding pas juga sudah bisa dilakukan sendiri pada mesin mesin yang telah disediakan diarea stasiun.  Semua proses berjalan lancar dan Saya tinggal duduk manis menunggu kereta api datang.

Ketika memasuki gerbong Kereta Api, suasana didalam kereta sudah menyenangkan , area nya bersih dengan tempat duduk yang nyaman pula. Tersedia kabin diatas tempat duduk untuk meletakkan barang barang,  dan ada juga tempat bagasi yang berada di depan. Di area tempat duduk tetap terdapat meja lipat dan senangnya ada colokan charger, tau sendiri dong ya, betapa penting nya colokan charger ini bagi seorang traveller.

Perjalanan panjang yang Saya lalui juga menyenangkan,  dimana Saya bisa melihat pemandangan yang menyegarkan mata seperti hijaunya sawah yang membentang. 

Didalam kereta juga tetap tersedia beberapa menu makanan dan minuman yang bisa di pilih dengan harga yang masih terjangkau, apalagi rasanya juga tidak mengecewakan.

Sistem yang diterapkan juga sudah  teratur dimana para penumpang duduk memang sesuai tempat duduk, karena didalam perjalanan akan ada petugas yang akan memeriksa data tiket penumpang dengan seksama, melihat nama, nomor tempat duduk dan tujuannya.

Kereta Api tiba ditujuan juga tepat waktu, sehingga itenary yang Saya buat untuk melanjutkan perjalanan ketempat lain tidak terkendala. Pengalaman ini sungguh berkesan buat Saya. Ternyata transportasi di Indonesia semakin hari semakin baik, istilahnya gak malu maluin deh dengan negara maju diluar sana.


Proses Check-in Yang Mudah


Moda Transportasi Kereta Api dengan fasilitas yang lebih baik

Salah Satu Menu yang bisa di Pesan di Kereta Api

Beberapa waktu yang lalu Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, bahwa transportasi dapat merajut nusantara, membangun bangsa hingga ke pelosok negeri Indonesia.

Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah yang secara masif dalam lima tahun terakhir membangun proyek infrastruktur untuk memperkuat konektivitas. 

"Upaya ini tidak hanya dilakukan di pulau Jawa saja , namun  sampai dengan pelosok tanah air. Tidak hanya di kota besar, tapi sampai dengan daerah terpencil. Tidak hanya melayani masyarakat maju, tapi juga masyarakat tertinggal. Tidak hanya di pusat bisnis dan pemerintahan, tapi juga sampai daerah terdepan dan terluar,"

Budi Karya Sumadi juga  menjelaskan, transportasi antar moda menjadi kunci untuk menjadi Indonesia maju, karena transportasi selalu hadir disetiap kegiatan sehari-hari seluruh masyarakat.

"Perkembangan pun dapat dilakukan lebih optimal karena daya jangkau yang lebih luas sampai ke ujung-ujung Indonesia," ujarnya

Dan beberapa tahun ini Saya sudah merasakan, moda transportasi di Indonesia mulai lebih baik, contohnya kecil nya saja, untuk pemesanan tiket , skrng begitu mudahnya mendapatkan tiket tanpa harus pergi ke konter untuk mengantri, karena semua sudah bisa dibeli secara online, kita tinggal datang pada hari keberangkatan, berlaku untuk semua transportasi  baik moda transportasi darat, laut maupun udara, meski masih terbatas untuk tujuan tujuan daerah tertentu, setidaknya keselamatan, keamanan dan kenyamanan sudah dirasakan langsung saat menggunakan armadanya. 

Sudah puas dengan transportasi yang ada ? tentunya belum karena sebagai pengguna transportasi umum, Saya lagi lagi berharap agar transportasi lebih diperbanyak jumlah dan rutenya terutama untuk Bus dikota Batam, karena jika semakin banyak transportasi yang tersedia, maka semakin banyak juga masyarakat dan wisatawan merasakan kemudahan menikmatinya. Dengan begitu bukan tidak mungkin Indonesia menjadi tujuan utama wisata dunia karena moda transportasinya sangat memadai diseluruh wilayah Indonesia. Untuk Kementrian Perhubungan Teruslah membangun transportasi yang bisa jadi andalan seluruh masyarakat Indonesia 

Tulisan ini diikutsertakan dalam 2019 Blogger Writing Competition
Website kemenhub: http://dephub.go.id
Sosial media:



Komentar

  1. NIce info pak... memang dalam lima tahun ini transportasi Indonesia sedang dibangun dengan Masive... bttw saya juga ikutan kompetisi Blognya Kemenhub... BW ke blog saya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga segera menyebar ke pelosok Indonesia, biar semua bisa merasakannya :)

      Hapus

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid