Selasa, 09 April 2019

Central 65 Hostel Pilihan Tepat Bagi Traveller Yang Senang Belanja Oleh Oleh Murah di Singapura

Sudah beberapa bulan aku gak keluar dari Batam, banyak sih alasannya kenapa aku memang membetahkan diri dirumah saja, selain memang kecapean kerja, aku juga sedang menikmati nyamannya berada dirumah kecilku. Nonton, masak, makan dan bermain bersama Cici sikucing kesayanganku ternyata membuat hari hariku udah penuh tawa aja dirumah karena tingkah laku si Cici.

Namun ada rasa rindu untuk melelahkan tubuh lebih dan lebih, sehingga aku memutuskan untuk berlibur di akhir pekan ke Singapura bersama adikku. Kesingapura mungkin  terdengar wow bagi teman temanku yang melihat postingan postingan yang aku bagikan dimedia sosial. Namun disini aku jelaskan kembali bahwa Batam - Singapura ongkos ferrynya hanya Rp 280.000 PP, Catet ya ! tentunya jauh lebih murah dari pada pulang kekampung halaman sendiri yang butuh biaya utnuk tiket pesawat 2jutaan PP. Dan perjalanan seharian di Singapura juga terbilang murah karena tersedia banyak transportasi mulai dari MRT, BUS, dan Taxi. Kalo ojek aku belum tau ya, blom pernah dengar , heheh

Rooftop Central 65 Hostel

Untuk trasnportasi bisa baca disini 
Ditulisan ini aku lebih membahas Hostel yang cocok bagi para traveller yang menginginkan lokasi yang strategis untuk jalan jalan terutama untuk membeli oleh oleh murah, seperti Mustafa Center, karena jarak dari hotel menuju pusat perbelanjaan cukup 4 menit saja berjalan kaki.

Cara Menuju Central 65 Hostel Singapura 
Dari Harbourfront bisa menggunakan MRT North East Line (NE1 ) / Line yang berwarna ungu trus berhenti di pemberhentian NE4 ( Chinatown ), keluarlah dari MRT dan beralih lah menggunakan MRT Downtown Line DT19  ( Line yang berwarna biru) hingga di pemberhentian DT22 Stasiun Jalan Besar. Keluar lah dari MRT dan ikuti petunjuk jalan keluarnya yang ada didalam stasiun,  Jika kamu keluar dari pintu Exit A, maka berbelok lah kekanan, dan berjalanlah lurus saja sampai bertemu perempatan lampu merah tetaplah lurus ( melewati Plang Kelantan Road ) dan jalan sedikit sudah sampai ke hostel, paling jalan kaki 4 menit saja. Namun jika kamu keluar dari pintu Exit B, maka berbeloklah sebelah kiri, jalan paling 3 menit maka didepan seberang jalan kamu akan menemukan Central 65 Hostel.

MRT Jalan Besar Exit A

Petunjuk ke Bugis, rochor dan Little India dari depan pintu exit A

MRT Jalan Besar Exit B

Fasilitas Central 65 Hostel Singapura

Resepsionis
Nah setelah sampai di hostel, aku menunjukkan bukti booking kamarku kepada resepsionisnya, meski dengan terbata bata menggunakan bahasa inggris , akhirnya proses checkin berjalan dengan baik, oh ya di Central 65 akan dimintai deposit sebesar $ 10.00 ya, jadi bisa diambil setelah checkout. Aku memesan kamar mix dengan 16 bedroom seharga Rp 431.000 untuk 2 orang 2 tempat tidur termasuk sarapan melalui applikasi AGODA, namun aku dikasi kamar female dengan 8 badroom. Alhamdulillah artinya isi kamarku perempuan semua, dan letaknya dilantai 2, jadi gak perlu capek capek naik kelantai 5 karena disini gak ada lift. cukuplah kakak capek dengan kisah hidup dek, jangan capek turun naik lantai 1sampai 5 lagi , kurus lagi nanti kakak halaaaaa lebaynya kumat.


Central 65 Hostel
Di area resepsionis terdapat dua buah komputer yang bisa dipakai, namun aku gak tanya itu gratis atau bayar, trus ada banyak tempat duduk yang dilengkapi dengan colokan listrik untuk mengecash gadget, ada TV, dan ada juga jualan minuman serta mi instan dengan harga sekitar $2.00 - $3.00


Resepsionis 

Komputer yang ada di Central 65 


Ruang Bersantai Sekaligus Untuk Makan
Setelah menerima kunci, aku dan adikku menuju lantai dua, nah untuk membuka pintu menuju lantai atas, kita meski menscan kartu yang ada dikunci baru pintu akan terbuka. Setelah itu simpan lah sepatu yang di lemari yang telah disediakan di tiap lantainya, kemudian masuklah kekamar dengan perlahan dengan membuka kuncinya. Karena setiap kamar otomatis terkunci, dan hanya pemilik kamar yang bisa membukanya. Masuklah kamar dengan perlahan dan jangan berisik, karena ini kamar diisi oleh tamu tamu lain juga. Setiap tamu akan diberikan loker untuk menyimpan barang bawaan.

Lemari Sepatu yang disediakan di Central 65

Kamar Dorm Female
Untuk kasur, bantal sangat empuk ditambah lagi dengan selimut yang tebal, menambah nyenyak  tidur di bawah suhu yang lumayan dingin. Namun kali ini aku kurang beruntung, karena kamarku sudah berantakan saat aku datang, mungkin staff nya blom sempat mengganti seprainya. Namun tidak dengan kasur adikku, ia mendapat kasur bantal dan selimut yang tersusun rapi. Mau komplain aku sudah malas turun kebawah karena kami tiba juga sudah pukul sembilan malam. Jadi aku siasati tidur dengan menggunakan mukenah biar gak terlalu kedinginan.


Model Kamar di Central 65 Hostel

Tirai Penutup Kamar Tidur di Central 65 Hostel
Dikasur juga tersedia colokan charger dan lampu, sehingga kita tak perlu khawatir dengan masalah handphone lowbatt. Selain itu setiap kasur disekat kiri kanan dan didepannya dikasi tirai, sehingga privasi tidur juga aman. Mau tengkurap, telentang, nungging, kaki diatas, bebas, asal jangan mendengkur dengan volume tingkat tinggi aja ya, kasian tetangga sebelah :)

Colokan Listrik yang terdapat di Tiap Kamar
Kamar Mandi Share 
Untuk kamar female, kamar mandinya terdiri dari 2 toilet yang dilengkapi dengan shower untuk mandi, 1 toilet saja, dan 1 shower saja. Tersedia juga air dingin dan panas namun untuk peralatan mandi seperti sabun, shampoo, odol dan pasta gigi harus bawa sendiri ya, karena mereka tidak menyediakan meski tempat nya ada. Selain itu handuk juga tidak tersedia gratis, melainkan sewa $5.00. Oleh sebab itu jangan lupa bawa handuk sendiri kalo mau berhemat.

Kamar Mandi dan Toilet di Central 65 
Roof Top Untuk Sang Perokok
Sepertinya area ini paling membahagiakan buat para tamu yang ingin menikmati kebebasan merokok di Singapura, karena selain untuk merokok, rooftop bisa jadi tempat ngobrol terenak dan tersantai selama mereka mau. Kalo buatku menikmati suasana rooftop dipagi hari merupakan suatu kesenangan juga, karena selain udaranya segar melihat gedung gedung tinggi dan jalanan yang bersih membuat fikiran jadi ikut bersih. Namun sayang nya kolam berendam yang ada di rooftop ini sudah tidak berfungsi lagi. Mungkin perlu perbaikan.

Sofa di Rooftop Central 65


Area Roof Top Central 65 Hostel


Menikmati Suasana Pagi dari Rooftop Central 65 Hostel
Sarapan Roti dan Minuman Hangat
Tidur berkwalitas sudah aku dapatkan di central 65 meski hanya tidur kurang lebih  5 jam. Karena memang aku terbiasa bangun jam 5 dan jam 6 waktu Singapure. Setelah sholat subuh aku memilih keluar hostel untuk menikmati jalanan yang masih sepi. Jam 7.30 aku kembali ke hostel dan menikmati sarapan roti dengan berbagai selai, susu segar, teh, kopi yang sudah tersedia di area resepsionis. Ada dispenser yang menyediakan air dingin , hangat dan panas, ada batu es, ada juga pemanggang roti, gelas dan piring kecil. Namun ingat setelah kita memakai peralatan makan dan minum kita wajib mencucinya sendiri.

Segelas Susu Segar dan Roti  ( Trip kedua sarapan jam  9.45 )


Trip Pertama Sarapan Jam 7.30 
Cuci Piring dan Gelasmu Setelah dipakai ya
Setelah perut kenyang rasanya pengen kembali bermalas malasan dikamar menikmati wifi dan kasur empuk, namun jam sudah menunjukkan pukul 11.00 waktu Singapure artinya kami harus checkout dan membawa kesan yang menyenangkan.

Depan Hostel Pemberhetian Bus
Cara Ke Mustafa Center dari Central 65 Hostel
Dari Hostel berbelok lah kekanan, dan ikuti saja jalan sampai bertemu dengan perempatan lampu merah, menyebranglah dan jalan lurus sekitar 150meter kemudian belok kiri, udah sampai deh ke Mustafa Center yang menjadi pusat perbelanjaan murah 24 Jam.

Cara Ke Bugis Street dari Central 65 Hostel
Dari Hostel berbelok lah kekiri, dan ikuti saja jalan sampai bertemu lampu merah beberapa kali tetaplah lurus, sampai kamu menemukan plang plang yang bertuliskan BUGIS.  Explore saja area tersebut, pasti akan bertemu dengan barang barang yang membuatmu jadi khilaf pengen belanja :) 

Semoga tulisan ini bisa jadi petunjuk untuk kalian yang ingin menginap di Central 65 Hostel ya :) 


Central 65 Hostel
134 Jalan Besar
Singapore
Checkin  jam 2.00pm
Chekout  jam  11..00am











9 komentar:

  1. dah lama gak ke sing.. bisa jd rekomendasi nih kak..thank u kak

    BalasHapus
  2. buat backpackeran ke singapura boleh juga nih..

    aku belum pernah ke singapura, dan belum pernah ke batam. jadi pengen ke batam terus nyeberang ke singapura..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gitu hayuklah kak main kebatam, dan langsung nyebrang kesingapura 2 hari aja disana..pasti puas :)

      Hapus
  3. Wah bersih nih penginapannya, ada roof topnya asik nih buat santai2. Ada komputer bisa dipakek lagi nih, boleh juga nih jadi rekomendasi penginapan next ke Singapore

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuy lah babang...disini lebih dekat kemana mana :)

      Hapus
  4. Duh boleh nih entar ke singapur cobain nginap di sini dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayuk ayuk kak...lebih dekat buat ke pusat perbelanjaan :)

      Hapus
  5. rooftop nya juara! pasti seru banget kalau malam kak

    BalasHapus