Selasa, 15 Mei 2018

Membangun Fasilitas Air Bersih di Danau Toba Untuk Mencukupi Kebutuhan Masyarakat Sekitarnya

Siapa sih yang masih meragukan  keindahan wisata alam Sumatera Utara ? Mulai dari Gunung, sawah, air terjun, bahkan Danau Toba yang menjadi icon wisata nya begitu sangat indah dipandang mata. Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Danau Toba juga menjadi destinasi wisata  dunia, setiap saat begitu banyak wisatawan  yang datang baik dalam maupun luar negeri yang berkunjung untuk menikmati keindahan danaunya.

Pertama kali mata saya melihat Danau Toba, alangkah takjubnya saya saat itu, karena Danau ini bak lautan luas membentang, berkali kali Saya bertanya kepada keluarga Saya, bener ini Danau Toba? Kok kayak lautan gitu luasnya.  Namun keluarga Saya hanya tersenyum sedikit sembari berkata, ya iyalah inilah Danau Toba, kau fikir kolam lele.  Mendengar jawaban itu Saya pun nyengir namun dalam hati tak henti hentinya saya berdecak kagum.


Danau Toba 


Danau yang luas dikelilingi bukit bukit tinggi menjulang ini, menambah takjub Saya atas kuasa Tuhan.  Adakah manusia yang mampu membuat Danau sebegitu indah ini ? Aahh Saya akan gila jika terlalu memikirkan Ciptaan Tuhan ini.

Suasana di pelabuhan saat Saya akan menyebrang ke Samosir begitu ramai, kapal yang lalu lalang di Danau Toba ini tak ada hentinya, benar benar Danau Toba merupakan sumber kehidupan bagi manusia, dari beraktifitas menyebrang antar pulau, mandi, bahkan banyak hotel hotel di sekitar danau Toba menyediakan wahana water sport dikawasan Danau Toba, yang airnya tak pernah habis.



Kapal yang sandar di Danau Toba
Namun siapa sangka dibalik keindahan dan luasnya danau Toba, masih ada beberapa daerah yang kekurangan air bersih, padahal kita semua tahu bahwa air bersih merupakan kebutuhan dasar bagi setiap individu yang harus dipenuhi.


Bisa kita bayangkan betapa jauhnya perjalanan yang harus ditempuh hanya untuk mencari sumber air yang bisa mereka gunakan untuk kebutuhan sehari hari. Jika sumber mata air itu mereka dapatkan, jika tidak ? alangkah menyedihkan membayangkan keluarga kita disana kekurangan air.

Mengingat masih sulitnya mendapatkan akses air bersih di sejumlah daerah di Sumatera Utara, maka dibangunlah Filter Air Bersih Danau Toba yang dilakukan dan diresmikan di daerah Tambun Raya. Kemurnian air yang melewati proses filter tersebut juga sudah diuji di laboratorium dan menyatakan bahwa airnya layak dikomsumsi. Kini masyarakat sekitar Danau Toba tidak perlu lagi susah mendapatkan pasokan air bersih.

Danau toba dengan segala keindahannya, akan tetap menjadi idola bagi wisata di didunia. Dengan memanfaatkan air danau sebagai sumber mata air bersih, bukan tak mungkin ikut membantu meningkatkan ekonomi masyarakat disekitarnya juga. Diharapkan juga dengan adanya alat ini setiap keluarga dapat memenuhi kebutuhan air bersih sehari hari. Untuk mewujudkan kebutuhan air bersih dalam jangka panjang ini, hendaknya wisatawan dan warga turut membantu dalam menjaga kebersihan disekitarnya agar kebersihan air Danau Toba tidak tercemar.


Menikmati Keindahan Danau Toba
** Danau toba, suatu saat aku akan kembali menikmati Kesegaran airmu ..**





31 komentar:

  1. Wah, baru tau loh kak ternyata warga sekitar Danau Toba kekurangan sumber air bersih. Kirain mata air disekitaran danau banyak. Alhamdulillah ya sekarang airnya Danau Toba udah difilter dan bisa digunakan warga sekitar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kak eka.. dengan adanya pembangungan Filter Air Bersih harapan kita mereka selalu dapat memenuhi kebutuhan air bersihnya.

      Hapus
    2. itu untuk daerah yang agak di bukit-bukit, kalo sekitar Danau banyak yang ambil dari danau sih kayaknya, kecuali untuk air minum

      Hapus
  2. kak ajak aku ke toba ya kapan2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inshaallah...semoga ada waktu kita jalan bareng ke danau toba ya...

      Hapus
  3. wahhh terbantu ini dengan aktifitas CSR nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu juga yang kita semua harapkan. karena masyarakat disana berhak mendapatkan air bersih untuk kehidupan sehari hari mereka

      Hapus
  4. dari dulu pengen ke toba. pengen lihat kehidupan di sana gimana. dan baru tau juga teryata masih ada beberapa daerah di sekitaran danau toba yang kekurangan air bersih. terima kasih Corporate Affairs JAPFA karna sudah membangunan Filter Air Bersih Danau Toba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh tuh direncanakan ke Sumatera Utara Tahun ini...ayuuk rajin rajin cek tiket promo...mana tau ada yang murah..cuss deh kesana

      Hapus
  5. Saya paling suka kalau ada perusahaan yang punya kepedulian menyediakan fasilitas utama warga. Air adalah nadi kehidupan jadi kalau tidak tersedia dengan baik, ya bisa mengancam kehidupan. Semoga filter airnya senantaiasa membawa barokah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Kak...aku juga senang perusahaan yang perduli sama kebutuhan dan kesehatan warga, setidaknya perusahaan tersebut didirikan tidak hanya mengejar untung semata, tapi ada sisi lainnya,...keperdulian sosial

      Hapus
  6. Danau toba semakin indah dengan adanya perusahaan yang peduli dengan masyarakat sekitar sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Danau Toba memang indah om...semoga saja masyarakatnya ikut menjaga kebersihan danau tersebut

      Hapus
  7. Wah wah wah ternyata warga disekitaran Danau Toba kesulitan air bersih ya, tapi keren nih ada aktifitas CSR dari Corporate Affairs JAFTA sangat membantu pastinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. SPT memang yahuuud lah, semoga kebutuhan air bersih bukan jadi masalah lagi bagi warga Tambun Raya

      Hapus
  8. wah banyak juga ya yg sudah diperbuat PT STP untuk warga sekitarnya
    semoga masyarakat makin sejahtera

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..Aamiin...senang banget kalo ada perusahaan yang perduli dengan kebutuhan masyarakat

      Hapus
  9. Semoga warga yang sudah mendapatkan alat bantu filterisasi air beraih ini bisa terbantu untuk mendapatkan air bersih. salut ama PT STP

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ka..bravo buat STP..semoga CSR mereka terus berjalan kedaerah selanjutnynya

      Hapus
  10. nggak nyangka dekat danau besar tapi kekurangan air bersih tapi inilah faktanya, tapi untung ada perusahaan yang baikmau memberikan program csr seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kak...semoga STP bisa melakukan CSR di daerah lain lagiya

      Hapus
  11. Tempat seindah itu kekurangan air bersih ? siapa yang sangka ya, alhamdulillah ada PT. Suri Tani Pemuka yang menginisiasi pembangunan Filter Air Bersih di Danau Toba. Baik banget deh peduli sesama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harapan kita, semoga perusahaan tempat kita bekerja juga bisa mengikuti jejak PT. SPT ini ya dek...biar masyarakat bisa terbantu

      Hapus
  12. Masih gak nyangka ternyata disekitaran danau toba masih kekurangan air bersih. Untung ada PT. STP yg berbaik hati mengelola air bersih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikut bahagia ya eka...mereka terbantu dan tercukupi kebutuhan air bersih nya

      Hapus
  13. Sebenarnya miris juga ya saat tahu mereka fakir air minum, padahal mereka tinggal dekat Danau Toba.

    Untunglah ada teknologi filtrasi ini ya.

    Semoga dusun-dusun lain dengan masalah yang sama bisa mengadopsi solusi ini juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita sama sama berharap mbak. semoga SPT juga melakukan CSR didusun lainnya

      Hapus
  14. Aku juga takjub terlebih saat m3nyaksikan bukit-bukit di sekeliling Danau Toba. Kalau dari tempat tinggi melihatnya, maka Toba mirip cawan atau mangkuk raksasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indah ya teh...tak bosan melihat view dari ketinggian danau toba

      Hapus
  15. Terselip rasa heran juga kalau kenyataannya desa-desa sekitar danau terluas di Indonesia itu minim sarana air bersih ...,
    Seharusnya dari dulu setiap desa difasilitasi sarana penyaring air danau jadi air bersih siap pakai.

    Semoga cepat direalisasaikan.

    BalasHapus
  16. Menarik, penuh pengetahuan dan menginspirasi banyak orang, mampir di blog saya gan,
    Mata Air Bening | supplier air bersih | supplier air gunung | air minum isi ulang | air kolam renang | Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi
    https://www.jual-air.com

    BalasHapus