Kamis, 22 Februari 2018

Tahukah Kamu ? Tempat-Tempat Wisata Cantik di Indonesia Ini Ternyata Bekas Tambang

Pernah mendengar nama Bukit Breksi yang sedang ngehits di Instagram dan banyak dikunjungi oleh wisatawan di Jogjakarta ?  Siapa yang mengira ternyata kawasan cantik itu dulunya adalah bekas tambang yang sekarang sudah tak lagi digunakan sebagai tempat pengambilan batu kapur.

Dan ternyata, tidak hanya Bukit Breksi yang menjadi tempat wisata setelah tak jadi tambang. Beberapa tempat wisata di Indonesia berikut ini juga mirip seperti Bukit Breksi, bekas tambang yang dilupakan, lalu berubah wujud jadi lokasi wisata yang cantik dan menarik banyak pengunjung untuk liburan kesana.

Daerah mana saja lokasi tersebut ? Simak disini  yuk..

DANAU KAOLIN - BELITUNG


sumber:phinemo.com


Selain memiliki pantai dengan bebatuan purba yang cantik, Pulau Belitung juga dikenal dengan Danau Kaolin yang airnya berwarna biru muda. Pemandangan di sekitar danau ini amat cantik, dengan bebatuan putih yang ada di sekitar air danau.

Dulunya, tempat ini adalah penambangan kaolin yang kemudian ditinggalkan oleh pengelolanya. Karena hujan, ceruk-ceruk bekas tambang berubah menjadi kolam.  Air hujan ini kemudian bereaksi dengan sisa kaolin yang masih ada disana, membuatnya jadi berwarna biru yang cantik.

Puluhan tahun berlalu, kini Danau Kaolin yang dulu adalah kawasan tambang tertutup, berubah menjadi tempat wisata yang menarik perhatian banyak wisatawan yang liburan ke Belitung.


DANAU BLINGOH - JEPARA



sumber:silanews.com



Danau yang terletak di Jepara  ini adalah bekas tambang batu kapur yang sudah ditinggalkan. Cerukan bekas penambangan membuat air hujan tertampung di sana dan setelah bereaksi dengan kapur, berubah warna menjadi kehijauan yang cantik

DANAU BIRU LOA BAKUNG - SAMARINDA




Danau ini juga dikenal dengan nama Danau Cermin, karena airnya yang berwarna kebiruan sangat jernih seperti cermin. Dulunya Danau Biru Loa Bakung      yang berada di Samarinda ini adalah tambang batubara. Setelah kandungan batubara disini habis, cerukan ditinggalkan oleh pengelola dan akhirnya terisi dengan air yang kemudian membentuk danau nan cantik.


DANAU PUTHU KREBET - TULUNGAGUNG


sumber:punyadzikri.blogspot.co.id



Danau dengan air yang warnanya bermacam- macam ini dulunya adalah bekas tambang tembaga. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Telaga Warna.

Setelah kandungan tembaga habis, cerukan ini ditinggalkan oleh pengelola dan kemudian penuh oleh air. Uniknya, masing masing cerukan bekas galian di sini memiliki kandungan logam yang berbeda beda. Yang membuat air di masing -masing cerukan pun berbeda warna.  Hal ini semakin menambah  pesona Danau  Puthuk Krebet di mata para wisatawan.


DANAU QUARRY


sumber:hipwee.com


Tak jauh dari Bogor, terdapat sebuah danau dengan air yang kehijauan dan cantik. Namanya Danau Quarry, yang dulunya adalah bekas tambang galian, namun sekarang sudah tidak lagi digunakan.

Karena airnya yang berwarna cantik ini, membuat Danau Quarry sekarang ramai dikunjungi wisatawan. Mau sekedar selfie atau prewedding, bisa kamu lakukan di danau yang terletak di kawasan Rumpin, Kabupaten Bogor ini.

Ternyat ada banyak tempat bekas tambang yang ditinggalkan begitu saja dan menjadi tempat wisata ya ? Sebagian besar fotogenic banget, tapi kamu harus menjaga agar tidak merusak apapu di sana.

Sudah punya ide mau ke mana ?  Cari tiket pesawat kamu sekarang juga di Traveloka. Dengan langkah yang mudah, cari tiket pesawat di Traveloka nggak menghabiskan waktu lama buat menemukannya. Sambil mencari tiket pesawat, buat juga rencana perjalanan kamu ke kawasan bekas tambang ini. Biar perjalanannya makin Seru !!

Happy Holiday's.. :) 





























2 komentar:

  1. Yang nampak natural seperti sungai yang di Samarinda, seperti sungai alami aja, dan kayak diluar negri gitu

    BalasHapus