Selasa, 21 Februari 2017

Blogger Kepri Belajar SEO di D'Merlion Hotel Bersama Bapak Ammar Satria


Foto Bersama Blogger Kepri dan Pak Ammar Satria

Blogger Kepulauan Riau ( Blogger Kepri )
Apa itu Blogger ? Blogger adalah orang yang menulis cerita di blog, baik cerita fiksi, menulis tentang pengalaman traveling, wisata, kuliner, review produk, dan lain lain.
Apa itu Blog ? Blog itu seperti wadah/ applikasi untuk menuliskan apa yang kita ingin tuliskan, jika jaman dahulu, orang lebih senang menulis didalam buku diary, nah semenjak ada internet, orang lebih memilih menulis di blog. Untuk menulis di blog, kita harus memiliki email terlebih dahulu, kemudian kita membuat blog.

Supaya blog kita enak dibaca, maka blog kita harus berisi informasi yang jelas,tidak bertele tele ceritanya, dan bahasa yang digunakan jangan alay, lebay, karena nanti orang akan malas bacanya, (termasuk saya sendiri, malas baca cerita panjang lebar gak jelas ujungnya) dan sampai saat ini pun saya merasa blog saya jauh dari kata bagus.

Sebagai blogger yang baru satu tahun menulis di blog, masih banyak hal hal yang saya tidak mengerti tentang dunia blog. Bagaimana membuat template / tampilan blog supaya lebih cantik, bagaimana tulisan bisa berada dihalaman 1 om google, dan bagaimana membuat pengunjung ramai dan betah di blog saya. Yang saya tau, setiap saya selesai traveling saya menuliskannya di blog, tujuannya untuk berbagi informasi, dan mengenalkan wisata atau kulinernya. Udah itu aja.

Blog yang bagus bukan saja di bekali dengan cerita2 dan foto2 , namun juga harus sesuai SEO. Agar blog kita mudah terindex di google. Nah apa itu SEO ( Search Engine Optimization  ) Kakak pun tak tau dek, apa itu SEO, benar benar kakak tak faham lah.

Nah, dikarenakan  bukan hanya saya saja yang tak mengerti tentang SEO, Maka para Admin Blogger Kepri Lina Sasmita dan Dian  Radiata, berbaik hati mengadakan seminar Belajar SEO yang diadakan pada hari minggu tanggal 19 feb 2017, di D'Merlion Hotel Batu Aji dengan pembicara Bapak Ammar Satria Dahlan, dan Moderatornya Kakak yang paling kece blognya Danan Wahyu.

Suasana Belajar SEO di D'Merlion Hotel
Bapak Ammar Satria Dahlan ini adalah seorang Dosen, dan pendiri Fingerfast Lab, Beliau juga seorang pebisnis multimedia yang melayani jasa pembuatan applikasi Smartphone, Tablet, Ebook, Wedding dan lain lain.

Bapak Ammar Satria sedang menjelaskan Dasar2 SEO
Banyak yang dibahas dalam seminar ini, Namun tak semua bahasan nyangkut dalam otak saya, secara memory otak  yang saya miliki, memang belum bisa menerima langsung bahasa bahasa asing dalam dunia blog. Namun ada beberapa hal yang mulai saya pahami, dan akan saya praktekkan, yakni :

1. Jika saya ingin tulisan yg saya buat mudah ditemukan di halaman google, maka saya harus memahami kata kunci (Keyword Research ), Agar tulisan tersebut terindex di halaman google. satu contoh, jika ada yang mencari wisata PANTAI TEGAR PUTRI maka tulisan saya ditemukan disana.

keyword Pantai Tegar Putri , Tulisan saya terindex di halaman pertama Google

2. Meta Deskription, agar blog saya memiliki deskripsi tersendiri. Misalnya pengkhususan mengenai , kuliner, event, review, wisata, pantai, sehingga tulisan tersebut berada di tempatnya / sesuai tema nya. jadi gak campur aduk.


Peletakan Deskripsi yang masih harus saya rapikan sesuai tema yang saya kategorikan

3. Blog harus mengikuti perkembangan zaman, Agar konten yang saya buat tidak membosankan / monoton. Misalnya kalo dulu saya hanya menulis saja dengan foto foto, next, saya harus belajar memasukkan video / membuat vlog di halaman blog saya juga.

4. Publish tulisan yang sudah dibuat di media sosial, seperti facebook, twitter, google + dan di group2 komunitas yang diikuti, agar tulisan kita di baca orang.


D'Merlion Hotel Batu Aji 

Acara Blogger Kepri belajar SEO di adakan diruang Meeting Room D'Merlion hotel, Sesi pertama ini dimulai dari jam 9.30 wib -12.00wib, di sela sela acara, Kami juga mencicipi beberapa jajanan tradisional dan teh manis.


Cemilan pertama dari D'Merlion Hotel
Jam 12.00wib Kami menuju restaurant D'Merlion Hotel untuk menikmati makan siang bersama, Kali ini makan siang cukup sederhana, dengan beberapa lauk seperti ayam goreng, sayur, fillet ikan, kerupuk, sambal, dan soto ayam. ( saya merindukan gepuk hijau dari D'Merlion, sayang semalam tidak ada ).

Menu Makan Siang dari D'Merlion Hotel

Setelah makan siang, kami sholat zuhur yang ada dilantai 2 D'Merlion Hotel, dan melanjutkan kembali belajar SEO, Sampai pukul 15.00wib, yang di akhiri dengan jajanan sore lagi + teh manis.

Acara belajar selesai, Para peserta di manjakan oleh pihak D'Merlion untuk melihat lihat jenis kamar yang disediakan mulai dari yang standar, superior, sampai Deluxe. Harga dari kamar standar dari D'Merlion Rp 250.000/ Malam belum termasuk sarapan pagi.

Kamar Standard dari D'Merlion Hotel


Kamar Superior D'Merlion Hotel
Dan promo Steamboat yang super yummy tetap murah meriah dengan harga Rp 100.000/ 4 pack, kami nikmati sebelum beranjak pulang kerumah.


Menikmati Steamboat di D'Merlion Hotel

Apa yang saya ambil dari Pelajaran SEO hari ini:
1. Belajar tidak mengenal usia, mau pemula atau sudah senior, tetaplah terus belajar.
2. Jangan pernah malu bertanya apapun yang kita tidak faham soal Blog dan SEO jika mau blog kita bagus.
3. Gunakan media internet untuk mencari ilmu sebanyak banyaknya untuk memperkuat konten blog, jika ingin blog kita mendapat kunjungan banyak dari pembaca.
4. Fahami dasar2 SEO, dan terapkan di blog, jika ingin blog kita dilirik oleh agency, sehingga blog kita bisa menghasilkan rupiah.

Sarahjalan.com
Saya atas nama peserta Blogger Kepri mengucapkan terimakasih kepada :
1. Admin Blogger Kepri : Kak Lina sasmita,  Kak Dian Radiata, Kak Danan Wahyu
2. Bapak Ammar Satria Dahlan selaku pembicara
3. D'Merlion Hotel beserta para staff nya yang ramah.
4. Sola Tiket.com
5. Teman2 yang hadir di acara Blogger Kepri Belajar SEO.









19 komentar:

  1. keren , semoga next event bisa belajar bareng lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. next even belajar merayu dedek gemes...hehehe

      Hapus
  2. Seru ya kemarin, ada beberapa hal baru seperti google bisnis, google adword dll.

    Bolehlah ya , lain kali request cara edit vedio untuk youtube.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah utk edit video utk youtube kita belajar sama sama lagi pak..saya juga belum faham betul

      Hapus
  3. Rajinnya Kakak ini. Warbiyasak deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikan sepat ikan gabus teh...mumpung lagi semangat nih... :)

      Hapus
  4. Belajarnya masih kurang nih. Perlu praktik lagi!

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget bang uma,.. masih banyak yang perlu kita praktekkan langsung

      Hapus
  5. bagi blogger belajar seo memang perlu ya, pemahaman seo yg benar perlu diketahui karena berkaitan dg trafik blog.
    jos sharingnya mba, memberikan gambaran saya blogger pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. setidaknya kita menulis saja dulu.. dan sering2 baca tulisan blogger yang sudah memiliki traffik tinggi...agar tulisan kita bisa ikut rapi dan enak dibaca :)

      Hapus
  6. Paling asyik belajar bareng dengan teman-teman dan makan enaaak :)

    BalasHapus
  7. seo susah kalo diikuti karena perkembangannya tidak menentu

    BalasHapus
    Balasan
    1. setidaknya kita mengenal dasar2 nya saja sudah beruntung...dripada tidak tau sama sekali kan ??

      Hapus
    2. Ya gitulah SEO, ilmua ga pasti, jadi harus terus nyoba dan sering sering sharing.

      Hapus
  8. benar mas andik...kudu di terapkan biar tau ilmu dan hasilnya

    BalasHapus
  9. kadang kalau gathering igtu yang teringat hanya makannya aja hahaha

    BalasHapus
  10. Cara menjadi member dari blogger kepri bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan gabung aja di fanpages di FB Blogger Kepri :)

      Hapus