Sabtu, 14 Januari 2017

Lima Tempat Yang Menjadi Alasan Kawasan Puncak Selalu Ramai


Sudah bukan berita yang menghebohkan lagi jika berita televisi menyiarkan kondisi lalu lintas di area Puncak, Bogor, padat dan macet. Baik kala liburan akhir pekan atau libur panjang seperti liburan sekolah, kawasan ini tidak pernah sepi wisatawan. Anda yang belum pernah ke daerah Puncak mungkin lantas bertanya-tanya, ada apa di sana?
      Taman Nasional Gunung Gede Pangrangro

Source: Wisata Cibodas

Biasanya, mahasiswa dari perguruan tinggi di kawasan Jakarta, Bandung, dan sekitarnya tidak akan melewatkan kesempatan untuk menjajaki pendakian ke gunung ini. Bahkan mereka yang masih seorang amatir pun tidak mau ketinggalan. Hal tersebut tidak salah, karena pendakian Gunung Gede Pangrangro dirasa cocok dan cukup aman bagi para pemula.



      Taman Safari
Source: Taman Safari Indonesia
Jika Anda tidak berniat untuk mendaki Gunung Gede Pangrangro, maka cobalah datang ke Taman Safari yang terkenal. Tempat wisata ini cocok Anda jadikan destinasi vakansi bersama keluarga, terutama mengajak anak-anak. Untuk mengelilingi kebun binatang yang menjadi nominasi dalam Social Awareness Award 2017 oleh Saleduck Asia ini Anda tidak harus berjalan kaki. Anda dapat melihat koleksi satwa di sini dari dekat dengan tetap mengendarai mobil atau menggunakan jasa bis yang disediakan pengelola.

Ada banyak sekali hotel murah di Puncak yang berlokasi tidak jauh dari Taman Safari. Dengan demikian, setelah puas melihat keanekaragaman fauna, menyaksikan berbagai pertunjukan satwa, menjajal berbagai wahana, dan trekking di Taman Safari, Anda bisa beristirahat sejenak dan lanjut mengunjungi destinasi selanjutnya.

      Kebun Raya Cibodas
Source: Daka Tour
Tempat wisata yang satu ini sebenarnya masih berada di kompleks Hutan Gunung Gede Pangrangro. Lokasinya tepat berada di bawah kaki Gunung Gede Pangrangro dengan luas nyaris mencapai 80 hektare. Topografi lapangan kebun raya ini bergelombang dan berbukit-bukit dan hamparan hijaunya menyegarkan mata.

Menurut beberapa sumber, awalnya Kebun Raya Cibodas difungsikan sebagai perkebunan kina. Namun rupanya kondisi tanah Cibodas tidak cocok untuk pertumbuhan kina. Karena itulah kemudian taman botani ini dialihfungsikan sebagai tempat koleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika. Berdasarkan catatan pengelola, ada 5.831 contoh tanaman dari 1.208 jenis tanaman yang hidup di kebun raya.

Di sini Anda tidak hanya dapat sekadar berjalan atau duduk-duduk saja menikmati hamparan lapangan dan pepohonan hijau. Di rumah kaca, Anda bisa melihat variasi kaktus, anggrek, dan tanaman langka. Ada pula rumah kaca di Jalan Araucaria yang tidak pernah sepi pengunjung. Selain itu, ada pula air terjun, kebun sakura, dan danau yang kian mempercantik. Anda bahkan juga bisa menyewa kuda untuk berkeliling menikmati indahnya Kebun Raya Cibodas.

      Perkebunan Teh
Source: Hello-PET.com
Sudah tidak terhitung banyaknya foto masyarakat di media sosial yang menampilkan lanskap perkebunan teh di kawasan Puncak. Anda pun juga bisa merasakan pengalaman berada di tengah-tengah perkebunan teh yang tenang dan asri di Agrowisata Gunung Mas. Lahan ini merupakan lahan milik negara yang dikelola oleh PTPTN VIII. Untuk masuk ke sini, Anda hanya dikenakan biaya sekitar Rp15.000,00 per orang.

Di kawasan Agrowisata Gunung Mas ini suah tersedia fasilitas untuk menginap. Harga yang dipatok per malamnya adalah sekitar Rp550.000,00. Namun jika Anda ingin mencari penginapan atau hotel murah di Puncak lainnya, Anda bisa cek dan pesan via Traveloka.com.

      Telaga Warna

Source: Wisata Puncak
Tempat wisata ini berada tidak jauh dari perkebunan teh kawasan Agrowisata Gunung Mas dan dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam. Di alam terbuka dengan suasana yang tenang ini adalah pilihan yang cocok bagi Anda yang ingin sejenak lepas dari kepenatan dan kehibukan rutinitas. Anda akan dikelilingi hamparan luas kebun teh dan juga telaga seluas 1,5 hektare yang kerap berubah warna.
Perubahan warna pada telaga tidak terjadi setiap saat. Menurut penelitian, ada tujuh warna air yang terihat pada telaga ini kala berubah. Namun tidak perlu berpikir berlebihan. Salah satu faktor yang memengaruhi perubahan warna tersebut adalah pantulan berbagai wana pohon yang ada di sekitar telaga.
Hanya itu saja yang menarik di Puncak sehingga orang betah bermacet ria di jalan? Tentu tidak. Masih banyak tempat wisata lain di Puncak yang harus Anda tahu dan kunjungi, seperti kebun bunga, berbagai air terjun, taman wisata dan rekreasi keluarga, dan lain-lain.

Nah, jika Anda merencanakan untuk mengunjungi kawasan Puncak dan menginap. Pesanlah jauh-jauh hari terutama apabila Anda berniat menghabiskan akhir pekan atau di sana, sehingga pilihan hotel murah di Puncak masih terbuka lebar untuk Anda. Selamat berlibur  Dan tetap jaga kebersihan tempat wisata  !

5 komentar:

  1. wah mau kesana semua kalau misal ada kesempatan hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sil..saya juga pengen kepuncak jadinya :)

      Hapus
  2. Pengen kesana tapi ga ada temennya, hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan ada kakak ..hayuukk kesana kita...

      Hapus
  3. Seumur-umur belum pernah ke Taman Safari :)

    BalasHapus