Rabu, 20 Juli 2016

Pengalaman Pertama Menjadi Tour Guide bersama Samara Trivindo Batam

Liburan hari raya idul fitri 1437H ini merupakan liburan yang sedikit membuatku patah hati, bagaimana tidak, harga tiket pesawat yang kuharap bisa turun saat hari raya atau setelah hari raya nya ternyata habis. Mau lewat transit jakarta juga harganya bisa mencapai 2 jutaan, benar benar gak ketulungan kecewanya dan sedihnya aku.

Disaat hati sedang patah hati dan galau segalau galaunya, seorang teman bertanya padaku, kemana liburan lebaran ini mbak ? kujawab dengan dingin.. gak kemana mana. Dia pun kembali bertanya gak pengen jalan jalan ke Lagoi mbak ? lagi lagi jawabanku dingin.. Gak ada uang. Trus kembali dia bertanya. Mbak mau bantu aku gak bawa orang tour ke lagoi ?? kan mbak sarah sudah sering kesana, dan aku pernah baca tulisan mbak tentang bintan, lagoi. aku yakin mbak bisa bantu aku, dan aku percaya itu. Sedikit hatiku mulai terbuka untuk menghargai ajakan nya, Kutanya kembali, Memangnya rute yang mau di datangi kemana saja ? berapa orang yang harus aku bawa ? dan selanjutnya percakapan kami berlanjut sampai kami sepakat di hari raya ke 2, aku membawa tamu yang ingin berlibur ke bintan dan lagoi.

Jam 6.30 pagi, aku dan temanku kak chaya sudah sampai dipelabuhan telaga punggur batam , aku termasuk telat 30 menit, karena semestinya jam 6.00 aku sebagai tour guide sudah harus sampai duluan disana. Namun karena aku kesiangan jadi ya, di omelin dikit ama si boss, karena peserta sudah duluan sampai dari pada aku. Akupun di berikan nama peserta yang akan aku bawa nantinya, setelah itu aku dan peserta lainnya di arahkan untuk langsung naik kekapal, secara jam 7.00 kapal memang harus berangkat. Penumpang begitu ramai, sehingga benar benar tidak menyisakan ruangan sedikitpun, untuk bisa bersantai di atas kapal selama 1 jam perjalanan.

Foto bareng sebelum bertugas
Aku minta maaf sama kak chaya, bahwa tour pertama ini, aku tidak bisa menemaninya, karena aku membawa sebuah keluarga, dengan menggunakan mobil jenis avanza, sementara kak chaya gabung bersama temannya dan peserta lain menggunakan bis. Di pelabuhan tanjung uban kami pun berpisah, namun kupesankan bahwa pulangnya tetap aku akan mengantarnya pulang ke kost nya lagi. 

Oke, aku memperkenalkan diri kepada Keluarga Bapak Yanuar, bahwa aku yang akan menemani mereka untuk mengunjungi beberapa tempat wisata, Keluarga Bapak Yanuar berasal dari tanjung pinang, namun sudah lama pindah ke batam, orang tuanya kurang bisa berbahasa indonesia, sehingga ketika aku berbicara, aku harus benar2 menjelaskannya secara perlahan. dan alhamdulillah mereka mengerti, dan jadilah aku seperti bagian dari keluarga mereka saat itu. 

Tujuan pertama wisata kami adalah BUKIT PASIR yang ada di daerah desa busung, di jalan lintas tanjung pinang - bintan kepulauan riau , bukit pasir terletak ditepi jalan raya kok, sehingga mudah sekali menemukannya,  dan bukit ini terbentuk bekas aktifitas penambangan pasir, untuk menuju lokasi ini jarak tempuh dari pelabuhan tanjung uban sekitar 30 menitan.

Para pengunjung yang ber selfi ria di Bukit PASIR

Perjalanan dilanjutkan Ke BINTAN LAGOON RESORT , disini awalnya aku ragu bisa masuk atau tidak, secara resort yang ada di kawasan lagoi ini terbilang cukup ketat penjagaannya. Namun karena si boss ku sudah menjanjikan tour ini masuk dalam list wisata mereka, aku berusaha untuk bisa masuk apapun alasannya, dan Alhamdulillah aku memang bisa membawa mereka masuk, setelah melalui proses tanya jawab kepada securitinya.

Bintan Lagoon Resort

Tarian Untuk menyambut Tamu yang datang Ke Bintan Lagoon Resort

Kolam Renang Cantik dari Bintan Lagoon Resort


Keluarga Pak Yanuar sedang ber selfi

Selanjutnya Ke NIRWANA GARDEN, Resort yang satu ini memang aku tahu bebas untuk umum, paling tinggalin KTP dan sebutkan tujuan kita mau ngapain didalam, maka kita akan dipersilahkan masuk dengan ramah oleh security nya. Di nirwana garden, kita bisa mengunjungi mini zoo, melihat atraksi gajah, naik kuda, main flying fox, panahan, paintball, tentunya dengan harga yang telah mereka tentukan. Namun aku membawa keluarga pak Yanuar ke zoo dan foto bersama gajah saja.

Leyeh2 di bawah pohon kelapa saja ( Nirwana Garden )

Ngadem di Nirwana Garden

Wisata selanjutnya LAGOI BAY,  disini kami hanya berkeliling saja menggunakan mobil, Karena cuaca diluar begitu panas, keluarga pak Yanuar tak mau turun dari mobil, dan meminta ku segera ke kolam renang saja.

Danau didekat Lagoi Bay

Treasure Bay, Wisata inilah yang ditunggu tunggu oleh keluarga mereka, dimana mereka sangat penasaran dengan antusias warga batam yang berbondong bondong pergi kelagoi untuk melihat kolam renang yang begitu besarnya. Betapa senangnya mereka ketika berada disini, Namun aku meminta mereka jangan mandi dulu, karena aku sedang mengusahakan mereka untuk menaiki kapal yang mengelilingi kolam renang tersebut. 30 menit menunggu akhirnya mereka sekeluarga bisa menikmati wahana kapal ini, setelah itu mereka memilih untuk mandi, dan aku menjaga barang bawaan mereka.


Mereka sedang naik kapal mengelilingi kolam renang

Wahana yang bisa di coba di Treasure Bay

Meski Air Asin, tetap nyebur

Menyempatkan diri untuk selfi hehehhe
Jam 16.30 ku ingatkan mereka untuk segera berganti pakaian, karena kita akan pulang dengan kapal yang berangkat jam 18.00, namun karena pengunjung begitu membludak, akhirnya hampir satu jam mereka baru siap berganti pakaian, alhasil jam 17.30 kami baru keluar dari treasure bay.

Selanjutnya mampir ke PATUNG PENYU ternyata mereka sudah kelelahan, dan meminta langsung ke pelabuhan saja. Dan taraaaa kami pun telat sampai di pelabuhan tanjung uban, karna jalanan macet. Jadilah kami naik kapal Roro jam 19.00 untuk pulang ke batam. Dan menjadi tour guide hari ini pun berakhir. Dan sebelum kapal sandar di telaga punggur, handphone ku pun berbunyi, aku diminta untuk menemui keluarga bapak Yanuar, ketika aku menghampiri, alangkah senangnya aku mendengar ucapan terimakasih dari mereka, katanya aku sabar, ramah, dalam menemani tour mereka hari ini. dan aku dikasi bonus tambahan, awalnya aku tolak, karena memang tugasku membuat keluarga bapak nyaman berwisata bersama saya. namun katanya aku berhak menerimanya.. ya sudahlah...rezeki tour guide soleha artinya..heheheh

Tanggung jawabku sebagai guide keluarga Pak Yanuar berakhir sesuai rencana, namun tidak dengan temanku kak chaya, dia amat kecewa karena bis yang mereka pakai katanya diganti, terus makanan mereka juga gak enak. Senyum ku yang tadinya sumringah, menjadi agak kecut, karena kesan pertama peserta tour yang menggunakan bis mengecewakan. Hal ini aku sampaikan ke boss ku, dan aku senang, boss ku langsung meresponnya, dengan membuktikannya  dihari ke 4 lebaran, aku dipercayakan lagi menjadi guide. dan semua berjalan sesuai rencana, baik dari bus yang sudah stanby di pelabuhan tanjung uban , maupun dari segi makanan juga sudah diganti dengan rasa yang lebih enak. Mohon maaf ya kak chaya :) 



Yang Minat ikut Tour silahkan call /wa contactnya

Tour Lagoi Reguler  Rp 290.000/ pack
-bukit pasir
-lagoi bay
-treasure bay
-patung penyu





2 komentar: