Sunday, 10 June 2018

Berwisata Mengelilingi Sungai Kapuas di Pontianak Dengan Kapal Lancang Kuning

Ini bukan pertama kalinya saya menaiki sebuah kapal kayu yang menjadi kapal wisata saat bertandang ke kota kelahiran saya Pontianak. Namun baru kali ini Saya sempat menuliskannya. Liburan yang singkat ini, lagi lagi Saya antusias untuk naik kapal kayu yang lebih populer disebut Kapal Lancang Kuning,  untuk menikmati suasana sungai kapuas.

Kapal Lancang Kuning Pontianak




Tempat bersandar nya Kapal Lancang Kuning ada di Taman Alun Alun kapuas yang terletak dijalan Rahadi Usman. Setiap sore Taman Alun Alun Kapuas ramai dikunjungi oleh wisatawan baik sekedar untuk bersantai di tepian Sungai Kapuas, maupun mencoba menaiki kapal Lancang Kuning untuk mengelilingi Sungai Kapuas.

Harga tour menggunakan kapal Lancang Kuning ini sebesar Rp 15.000/ orang dengan lama perjalanan sekitar 1 jam. Diatas kapal Lancang Kuning ini tersedia aneka minuman dan makanan, sehingga wisatawan tak perlu khawatir merasakan lapar dan haus.

Selama tour, kapal akan melewati perumahan penduduk, dan disini kita akan  melihat aktifitas warga Pontianak, baik yang mandi maupun mencuci di sekitaran Sungai Kapuas, dan juga kita akan melewati Masjid Jami' Sultan Syarif Abdurahman yang merupakan masjid tertua di Pontianak. Moment yang paling ditunggu saat perjalanan mengelilingi Sungai Kapuas adalah moment sunset dimana langit jingga menghiasi langit khatulistiwa.


Masjid Jami' Sultan Syarif Abdurahman

Jembatan Sungai Kapuas Pontianak

Setelah berwisata dengan kapal Lancang Kuning, kita bisa menikmati suasana santai di area Alun Alun Kapuas, karena disini juga tersedia spot spot foto menarik, seperti replika tugu khatulistiwa, air mancur, dan juga ada beberapa pedagang yang menjual makanan dengan menggunakan perahu dipinggir Sungai Kapuas.

Para Pedagang yang berjualan di Pinggir Sungai Kapuas Pontianak

Taman Alun Alun Kapuas bisa jadi taman untuk keluarga yang ingin bersantai menikmati suasana sore, dan bagi kamu yang ingin berlibur di Pontianak, jangan lupa coba juga naik kapal Lancang Kuning dan rasakan pengalaman tournya, agar kamu bisa melihat aktifitas warga Pontianak yang tinggal di pinggiran Sungai Kapuas. 

Para Penumpang Kapal Lancang Kuning Pontianak
Menuju taman Alun Alun Kapuas bisa menggunakan kendaraan umum, namun jika ingin cepat sampai sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, karena yang Saya tau oplet di Pontianak sudah mulai berkurang jumlahnya, khawatir kamu akan lama menunggu oplet tersebut lewat.



22 comments:

  1. Cantik sekali pemandangan di Ponti ini ya. Apalagi kalau sore- sore menikmati suasana semilir angin sambil naik kapal terus setelah lelah jalan-jalan, kulineran olahan bakar yang ada di sana. Mana murah lagi 15K turnya. Jadi mupeng aku kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga ada masanya silvi melalak ke kota pontianak, kota yang mulai berkembang berikut wisata kulinernya juga mulai menjamur loh..:)

      Delete
  2. Kota kite, macem mane sekarang, makin mantap jak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. padat om..dah macam jakarta macet..panas bedengkang...tapi bangunan die dah bagus bagus, tinggal jalan raya aja sepertinya mesti diperbesar lagi

      Delete
  3. Cantiikk pemandangannyaa.. Tapi klo aku liat kapal gt jd kebayangnya pulau2 di kepri..hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepri banyak juga ya kapal kayu, bahkan jadi alat transportasi umum kalo nak nyebrang ke pulau pulau

      Delete
  4. asik yah suasananya,, langka euy,, jualan di atas perahu

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kak bara bisa melanglang ke pontianak juga ya, menikmati kuliner dan wisatanya :)

      Delete
  5. Ternyata kapal lancang kuning malah eksis di sungai Kapuas ya Kak Sarah.. Padahal identiknya dgn melayu Riau lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pontianak juga ada tanah melayu nya kak...bahkan ada rumah raja sultan melayu di dekat sungai kapuas itu

      Delete
  6. Impian banget Naik kapal mengelilingi kapuas... Pasti excited banget Kan kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kalo gitu melalak cantik ke pontianak yuk kak ?

      Delete
  7. Wah, Pontianak sekarang cantik ya... Pernah kesana dulu tahun 2008an. Asyiknya mengelilingi sungai sambil melihat pemandangan masyarakat Pontianak. Semoga suatu hari bisa ajak Aal Maryam ke sini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin aamiin...aal dan maryam pasti suka ni naek kapal

      Delete
  8. kerennya itu yang pedagang di pinggir sungai,.
    seru banget yaaa.. saya belum pernah ke pontianak
    baca-baca ini jadi kepengen ke sana ,
    kapan ya ...? hehehe
    btw salam kenal mbak, sy dari Makassar hehe
    kalau jalan ke Makassar kontak2 ya hehe
    ini first time mampir blog mbak sarah
    ku follow ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak Zil, Terimakasih sudah mampir,,,, iya ni aku juga belum pernah kemakassar, padahal disana juga banyak tempat wisata ya... aku follback ya

      Delete
  9. Aku juga naik kapal ini pas di Pontianak, kak. Timing-nya juga sama, berlayar kembali ke Taman Alun Kapuas saat sunset. View-nya jadi dramatis banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuhuu kak...pontianak gak punya laut, tapi wisata sungailah yang akhirnya jadi icon wisatanya :)

      Delete
  10. Terakhir nyoba wisata telusur sungai di banjarmasin yang tulisannya sudah kubagikan di blog. Sepertinya kalo wisata kapal pontianak di sungai kapuas ini juga seru, apalagi pemandangan sunsetnya baguss bangeeet itu :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete
  11. Pengalaman yang menarik. Berhubung tinggal di perkotaan, jarang merasakan yang seperti ini...

    ReplyDelete
  12. Minggu depan rencana mau ke Pontianak. Pingin nyobain keliling Kapuas.

    ReplyDelete