Thursday, 28 June 2018

Punya Keinginan Melunasi Kredit Perumahan di BTN, Persiapkan Beberapa Berkas di Bawah Ini Agar Anda Tidak Bolak Balik Karena Hal Sepele

Mau beli rumah secara tunai ? rasannya bagi Saya itu hal mustahil, karena Saya tak memiliki tabungan berjuta juta, apalagi beratus ratus juta, kalo dalam mimpi sih, mungkin bisa saja lebih dari yang Saya sebutkan tadi. Namun dari jaman dahulu juga beberapa Bank telah bekerjasama dengan developer perumahan untuk membiayai masyarakat kurang mampu yang ingin membeli rumah, dengan cara mencicil. Nah dari kemudahan ini Saya pun mau tak mau ikut menggunakan jasa kredit dari Bank, salah satu yang bisa Saya gunakan saat itu adalah Bank BTN.





Syarat2 mengambil fotocopy sertifikat rumah di Bank BTN klik disini

Setelah melalui masa kredit 9 tahun 10 bulan, Saya bermaksud melunasi sisa hutang perumahan yang Saya ambil, karena sisa 2 bulan lagi.  Nah apa saja yang harus dilakukan untuk melunasi kredit sebelum  jatuh tempo ?
  • Pergi ke Bank BTN terdekat, bawalah buku tabungan dan KTP, dan carilah bagian kredit, agar kita bisa meminta sisa hutang kita.
  • Setelah ke bagian kredit dan mendapatkan hasil rincian sisa hutang, bunga, beserta denda pelunasan sebelum waktunya, maka selanjutnya pergilah ke bagian teller dan isi form penyetoran sesuai dengan angka yang tertera di rekening koran yang diberikan oleh bagian kredit tadi.
Form Penyetoran 

  • Setelah menyetor  ke bagian Teller dan mendapat bukti penyetoran pelunasan dan stamp lunas dari Teller, maka pergilah ke BTN pusat, dan pergi ke bagian kredit lagi dengan membawa bukti pelunasan kredit.
  • Di bagian kredit siapkan materai 2 lembar dan fotokopi KTP 2 lembar juga, tanda kita mau mendaftar untuk pengambilan sertifikat rumah.
  • Setelah mendaftar kita akan mendapatkan bukti untuk pengambilan sertifikat rumah, dan pengambilan sertifikat rumah ini membutuhkan waktu sekitar 3-7 hari kerja, atau sesuai dengan yang ditentukan oleh bagian kredit, jika lewat dari tanggal yang ditentukan, maka akan didenda lagi  sebesar Rp 500.000/bulan
Bukti Yang Harus dibawa Saat ingin mengambil Sertifikat


  • Datanglah sesuai waktu yang telah ditentukan tanggal dan jam nya, seperti biasa ambil nomor antrian dan menunggulah dengan sabar.
  • Sertifikat, IMB, Akta Jual Beli dan surat2 penting lainnya siap dibawa pulang😊


Surat2 Penting dari BTN yang sudah menjadi milik Nasabah

Nah itulah proses pelunasan kredit rumah ketika belum jatuh tanggal temponya, jangan lupa sebelum meninggalkan Bank periksa kembali nama yang tertera di sertifikat, tanggal lahir dan alamat rumah. Jangan sampai selisih huruf atau ada yang berbeda.

Semoga bermanfaat


27 comments:

  1. Wah bakalan didenda ya umie kalo udah daftar tapi telat mengambil sertifikat. info bermanfaat nih umie, karena rencana ada sodara yg mau ambil sertifikat rumahnya di Bank BTN Batam yg udah lama lunas tapi karena udah pindah ke luar kota Batam jadi belum terealisasi. Makasih inpohnya umie saraah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Denda Ami... 500rb pula tuh jika lewat dari hari yang ditentukan

      Delete
  2. wah selamat kak akhirnya dah jadi milik seutuhnya, rumahku baru aja dimulai kak hiks. Semoga bisa segera menjadi milik seutuhnya juga, btw mantap tips and sharingnya kak sangat bermanfaat nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.... Don't worry babang...kalo sudah memulai...tinggal ikuti saja waktunya...inshaallah aku selesai juga :)

      Delete
  3. senangnya rumah lunas, bak terangkat beban segunung, uang yang biasanya dipakai buat rumahb isa dipake buat yang lain, ini saya alami waktu cicil motor 2 tahun. gimana kalau terangkat beban yg ditanggung 10 tahun ya, senangnyaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kak rina...plong rasanya sudah bisa lunasin hutang :)

      Delete
  4. Wiiihhhh bu dewan lumaah baluuuu lunasss :D

    ReplyDelete
  5. Alhamdulilah lunas yah kak... Makasih tips-nya.

    ReplyDelete
  6. Wah saya juga lewat Bank BTN, tapi yang syariah katanya. Entah bedanya di mana. Saya sih masih lima tahun lagiiiii. Tapi terima kasih infonya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar bang...semua akan selesai pada waktunya :)

      Delete
  7. Wihh alhamdulillah akhirnya Lunas juga ka rumah barunya hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Ely...selesai satu hutang :)

      Delete
  8. Cihuiiii.... Rumahnya udah lunas, berkurang dong beban di pundak. Selamat ya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kaka...lebih plong rumah dah lunas skrng :)

      Delete
  9. wuih ini tho penjelasan kejadian temen gua yang telat nggak ambil sertifikat bertahun2 akhirnya bayar berjuta2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kak... lewat 1 hari sampai sebulan udah 500rb aja dendanya

      Delete
  10. Alhamdulillah.. Seneng ya kak kalo udah terbebas dari kredit. Rasanya bisa bernapas legaaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak deee... akhirnya perjalanan panjang itu selesai juga :)

      Delete
  11. Wah bener sekali ya kak harus cek Dan ricek jangan sampai salah nama walaupun cuma sehuruf saja urusannya bakalan ribet Kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yakak...penting banget soal nama di dokument penting kita, karena bakalan berpengaruh kalo kita akan berurusan dengan bank lagi

      Delete
  12. Lumayan ini infonya. simpen link dulu ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. simpan kak...mana tau nak ambil rumah di Batam ni kan ?

      Delete
  13. sertifikat lambat ngambil juga kena denda kak? adooii.. harus pasang alarm berarti.

    infonya bermanfaat kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iye kak wen...makanya jangan telat ambil ya ruggiiiiii

      Delete
  14. Bahagia nya beban lunas, ternyata syarat nya gampang ya kak. Selamat kak udah terbebas dari tanggungan bulanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah eka...sedikit lega

      Delete