Wisata Mempawah Mangrove Park Kalimantan Barat

, , 9 comments
Saat ini wisata mangrove sedang gencar gencarnya di buka di tiap kota yang ada di Indonesia, namun sebenarnya apa sih hutan mangrove itu ? dan apa manfaatnya ? Nah dibawah ini sedikit saya jelaskan apa itu mangrove dan manfaatnya berdasarkan info yang ada di pos Mempawah Mangrove Conservation ( MMC )

Tempat Bersantai di Mempawah Mangrove Park
Apa itu Mangrove ?
Dalam bahasa inggris kata mangrove digunakan baik untuk komunitas tumbuhan yang tumbuh di daerah jangkauan pasang surut maupun untuk individu - individu jenis tumbuhan yang menyusun komunitas tersebut. Hutan mangrove dikenal juga dengan istilah tidal forest, coastal woodland, dan hutan payau, Selain itu hutan mangrove oleh masyarakat Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya yang berbahasa Melayu sering disebut dengan HUTAN BAKAU.

Lokasi  Mempawah Mangrove Park
Apa saja manfaat Hutan Mangrove ?
1. Menjaga agar garis pantai tetap stabil
2. Melindungi pantai dan sungai dari bahaya erosi dan abrasi
3. Menahan badai / angin kencang dari laut
4. Menahan hasil proses penimbunan lumpur, sehingga memungkinkan terbentuknya lahan baru
5. Menjadi wilayah penyangga, serta berfungsi menyaring air laut menjadi air daratan yang tawar
6. Mengolah limbah beracun, penghasil O2 dan penyerap CO2
7. Tempat berlindung, bersarang dan berkembang biak dari burung serta satwa lain.

Hutan Mangrove Mempawah Park yang sudah jadi tempat wisata
Nah saat saya berlibur di kota Mempawah Kalimantan Barat, saya berkesempatan mengunjungi wisata hutan mangrove ini, Lokasi mangrove tepat disamping Taman Makam Pahlawan kota Mempawah.

Seperti biasa kendaraan kita akan disambut oleh tukang parkir yang akan meminta uang retribusi Rp 2.000.  Setelah memarkirkan kendaraan, kita akan berjalan sedikit dan akan menemukan kembali pos tiket, cukup terjangkau kok harganya Rp 5.000/ orang saja untuk masuk kedalam hutan mangrove ini.

Tiket Masuk Hutan Mangrove Mempawah Park
Area wisata Mangrove sepertinya masih tahap penyelesaian, sehingga masih ada beberapa orang yang sedang mempersiapkan tempat duduk untuk bersantai, Namun secara keseluruhan, para pengunjung sudah bisa menikmati area wisata ini dengan leluasa.

Semoga saja, Hutan Mangrove yang didirikan oleh Mempawah Mangrove Conservation ( MMC ) ini, tetap terjaga kebersihan dan kelestariannya, Sehingga menjadi tempat wisata kebanggaan bagi masyarakat kota Mempawah.

Pos Informasi mengenai Hutan Wisata Mangrove
Dan dari area wisata hutan mangrove ini, pengunjung juga bisa menyebrang ke pulau Penibung dengan biaya Rp 20.000/ orang pp, konon katanya sunset dari pulau Penibung ini sangat bagus, sayang saat saya kesana, air sedang surut, dan pengunjung tidak ada yang ingin menyebrang, sehingga saya pun mengurungkan niat untuk menyebrang kalo hanya sendiri.

Pulau Penibung yang Tampak dari Hutan Mangrove
Tetap jaga kebersihan ya guys...Dan saya mengucapkan terimakasih kepada sahabat terbaik, yang meski dalam keadaan hamil besar, tetap keukeh ingin menemani saya mengunjungi wisata yang ada di mempawah. 



Ibu Hamil juga pengen Narsis :) 


Salam dari Sarahjalan.com











9 komentar:

  1. Ah kakak satu ini maennya dah kemana mana, noted lah kak kali aja nanti aq sampe sana mau ke mangrove ini ah

    BalasHapus
  2. Waaah, boleh juga neh ya, Mbak, bisa foto-foto tuh, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. spot foto banyak tersedia disini loh....

      Hapus
  3. Waaah, boleh juga neh ya, Mbak, bisa foto-foto tuh, hehe...

    BalasHapus
  4. Sudah pernah ke Kalimantan Barat, cuma sampai Pontianak dan sekitarnya saja. Belum pernah ke Mempawah. Next ke sana lagi, bakal kesini deh.. Mantap infonya mbak Sarah>

    www.catatantraveler.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Kak chaycya, mesti dikunjungi wisata yang ada dimempawah dan singkawang juga

      Hapus
  5. Seru banget bisa mampir ke sini. Sunsetnya juga bagus banget. Sukak

    BalasHapus