masjid Sultan Riau dari kejauhan

Kamu Pernah dengar Pulau Penyengat yang ada tak jauh dari Kota Tanjung Pinang Kepulauan Riau ? itu loh Pulau yang sejarah Masjidnya Dibuat dengan campuran Putih telur,.konon, Pulau Penyengat ini merupakan mas kawin loh dari Sultan Mahmudsyah III untuk Raja hamidah atau Engku Putri.wah hebat ya raja jaman dahulu..ngasi mas kawin aja sebuah pulau loh.....kalo aku mah dikasi maskawin berhektar hektar kebun durian juga gak apalah2 dah senang kok...nah loh ??kumat ngelanturnya..


saat bawa keluarga ke masjid Sultan Riau


lomba yang disediakan

karena Pulau penyengat ini banyak menyimpan sejarah dari pada raja2 jaman dahulu, maka dibulan februari 2016 tepatnya tanggal 20-24 februari ,pemerintah Kota Tanjung Pinang bekerja sama dengan kementrian Pariwisata indonesia mengadakan Festival Pulau Penyengat  (FPP ),dan untuk menyemarakkan FPP, pemko Tanjung Pinang melalui Dinas Pariwisata dan kebudayaan ( Disparbud ) Kota tanjung pinang akan mengundang tim dari Negara Tetangga Malaysia, Brunai Darussalam, dan Singapura untuk berpartisipasi dalam kegiatan FPP ini. Sedangkan dari Luar Tanjung Pinang akan diundang Tim dari Kabupaten Dan Kota Se Kepri, serta dari Provinsi Riau, Jambi, Bangka, Belitung, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan DKI Jakarta. Wah kebayang donk gimana meriahnya acara ini...secara bukan hanya dari dalam kota peserta nya tapi dari luar juga...

Mau Tau apa aja perlombaan yang bisa diikuti nanti  ?

* hari Sabtu ,20 Februari 2016
1. Pembukaan Lomba
2. Lomba Jong
3. Lomba Sampan Layar
4. Lomba Gurindam 12
5. Pameran Fhoto


lomba sampan Layar,  pict by : Fpp

* Hari Minggu, 21 Februari 2016
1. Lomba Jong
2. Lomba Sampan Layar
3. Lomba Nambat Itik
4. Lomba Pukul Bantal
5. Lomba Renang
6. Lomba Gasing
7. Klinik Sastra

lomba pukul bantal yang pasti seruuuu pict by : fpp

*  Hari Senin, 22 Februari 2016
1. Lomba Sampan Dayung
2. Lomba Fashion Show
3. Lomba Pidato sadar wisata
4. Lomba Pantun
5. Lomba Melukis


* Hari Selasa, 23 Februari 2016
1. Lomba Layang- Layang
2. Lomba Pompong Hias
3. Lomba Becak Hias
4. Lomba Puisi
5. Lomba Penyajian Sejarah


lomba pompong hias pict : by fpp
* Hari Rabu, 24 Februari 2016
1. Lomba Fhotograpi
2. Penutupan Acara


Yuk ke Pulau penyengat, nikmati wisata sejarahnya, Nikmati Kuliner khas melayu , dan beriteraksi dengan masyarakat Disana yang ramah tentunya..daaaannn kita ikuti perlombaanya dijamin seruuuuuuuuu.... dengan Mengikuti Lomba artinya kita ikut serta mengembangkan kebudayaan Indonesia kita tercinta...:)













Pasir Putih di Pantai Tegar Putri
Sepertinya ngetrip kedaerah barelang gak ada habis habisnya.. betapa tidak..baru minggu lalu melewati perjalanan panjang sekitar 1jam diatas motor...kali ini kami melewatinya lagi..bahkan lebih jauh lagi beberapa kilo meter. Kalo ditanya gak capek ya? Jawabnya ya capek..trus gak bosen ngepantai mulu? Pastinya TIDAK.. nah kalo capek kok bisa tiap minggu nempuh jarak berpuluh puluh KM hanya ingin melihat pantai? Kan pantai yg dekat2 banyak.... aku cuma tersenyum jika ada yg berkomentar seperti itu..

Ketika Tuhan menciptakan Alam dan isinya ketika itu juga manusia berhak untuk menikmati dan menjaganya.. banyak sekali keindahan alam yg belom ter exspos kemata dunia lantaran karena tidak adanya pengelola atau akses menuju wisata tersebut masih minim dan sangat susah dilalui..

Namun bagiku...susah dilalui bukan berarti tak bisakan ?  aku tak segan2 untuk mendatanginya..meski sama sekali belum mengenal lokasi tersebut.. seperti biasa sebelum memulai perjalanan ini kami berdoa agar kami bisa sampai dgn selamat dan pulangnya pun tak kurang apapun..

Trip kali ini kami ingin mendatangi Pantai Tegar Putri yg berada dikawasan jembatan 6 barelang galang baru...pantai ini baru dibuka untuk umum tgl 1 januari 2016..patokan untuk menemukan pantai ini tak begitu sulit, jika kalian sudah tau tower kembar hasyim.. nah sekitar 500 meter dari tower kembar ini..akan ada 1 tower lagi disebelah kanan...nah pantai tegar putri disebelah kirinya..


patokan jalan masuk kepantai tegar putri

spanduk pantai tegar putri, hanya saja kayunya ada yang patah sehingga spanduknya mulai tak kelihatan
Jalan tanah merah bebatuan sudah menunggu untuk dilewati...cukup jauh jalanan bebatuan ini harus dilewati...namun kalo sudah bertekad utk sampai jng pernah menyerah.. kami tetap melalui medan2 yg cukup membutuhkan konsentrasi utk menguasai kendaraan...sesekali kami berhenti ketika kami menemukan view yg indah dari ketinggian...

jalanan yang masih baru dibuka..
Perjalanan kami lanjutkan...mungkin sekitar 15 menitan kami sampai diujung pantainya.. laut biru sudah membentang didepan mata...namun sayang..kami datang dijam air mulai surut..sehingga kami tak bisa nyebur..

hanya ada hamparan pasir putih yang lembut...

Kusapa seorang ibu yg sedang menyapu daerah gazebo..dan ternyata keluarganyalah yg membuka pantai ini... mereka datang tiap hari utk membersihkan pantai dan ketika sore menjelang mereka pulang keseberang namanya pulau sembur apa semor..aku rada2 lupa..

Ibu tersebut sangat ramah padaku... tujuan nya membuka pantai ini pengen lihat orang2 batam datang katanya...hahahah tawaku pun keluar... ternyata aku tamu perdana disini.. aku tanya kami harus bayar berapa..katanya tak usahlah.. silahkan tengok2 pantainya... dan kutanya sewa gazebo berape buk...lagi2 ibunya bilang duduk ajelah..tak payah bayar.pun kalian cuma berdua..heheheh makasih ya Ibu...

gazebo yang baru dibangun

Ya udah..kami menikmati pantai tersebut..setelah menghampar hammock dipasir, kami pun berbaring melepas penat..membaca buku,.dan menikmati angin yang menyapa dibawah pepohonan yang melindungikami... wwaaahh enaknya istirahat dipantai...rasanya pengen tidur ajah disini...camping juga mantap ni disini....

Pasir putihnya  bersih..dan area pantainyapun  cukupluas... karena air sedang surut kami banyak menemukan bintang laut disini..namun kami tak bisa berenang...1 jam setengah kami disini air tak kunjung pasang... ya sudah kami makan saja ubi rebus yg kami bawa dari rumah... perut terisi kami pun bergegas pulang..

bintang laut  yang cacat

enak banget bersantai dipantai yang tenang ini...

pantai yang luas..namun sayang airnya lagi surut
Karna pantai ini masih baru..si ibu belum buka kantinnya..sehingga gak ada jualan makan dan minum disini.. bawalah bekal dan jng lupa buanglah sampah ditempat yg sdh ibu sediakan..


kantin yang belum siap.


Sepertinya pecinta kuliner pedas semakin dimanjakan dengan hadirnya cafe cafe yg
Menyajikan aneka masakan pedas..pedas banget...atau superrrr dupeerr pedas...,tergantung selera kita masing masing tentunya.. :)


Masakan pedas tentu didukung dengan bahan utamanya cabe..mau cabe rawit. Cabe merah tetap aja menu utamanya cabe deh.. nah sekarang kamu tak perlu khawatir jika pengen makan pedas.. kamu gak harus keluar rumah kok buat menikmati makanan bersensasi pedas ini...karena skrng sudah ada bumbu rendang rawit yg bisa kamu simpan dirumah

Rendang rawit ini terbuat dari bahan2 alami loh..diolah bersama dengan rempah2 pilihan sehingga menghasilkan bentuk seperti suiran rendang atau abon.. rendang rawit bisa ditambahkan kedalam makanan yg berkuah maupun gorengan..dan pastinya rasa pedas yg kamu inginkan bisa kamu sesuaikan dengan lidahmu..kalo aku sih sudah ketagihan dng extra pedas...

Rendang Rawit yang bikin makananmu pedas mantap


Kreasi pertamaku menggunakan rendang rawit ini ialah memasak nasi goreng..kucampurkan rendang rawit ini dan kutaburkan juga sebagian diatasnya...alhasil 2 piring selesai...heheheeh antara doyan pedas..lapar..maruk ntahlah...tanya sama rendang rawit saja ya..kenapa ia enak..dan buat saya langsung jatuh cinta pada rasanya..

karena ditaburi rendang rawit, makan jadi nambah..

Kreasi ke 2 saya membuat i fumi goreng...sama juga saya campurkan rendang rawitnya dan taburi diatasnya...alhamdulillah suami lahap makannya... memasakpun  jadi menyenangkan..


i fumi goreng rendang rawit..

Hari minggu ini mumpung libur..aku pengen memasak lebih banyak menu..dan kreasi ku selanjutnya ialah memasak tempe dan cumi goreng tepung serta sayur bening kesukaan kami.. untuk sambalnya kubuat dari rendang rawit ini...kucampurkan air sedikit dan kutambahkan kecap manis..request dari suami krn dia senang sambal pedas manis.. taraaaa sambal nya pun jadi maknyuss...cucuran keringat pun menemani kami makan kali ini...gimana tidak..nasi panas..lauk pauk panas..dan sambal rendang rawitnya pun tak kalah membuat bibir merah... alhamdulillah...kipas mana kipas....heheheh

rendang rawit yang bisa dijadikan kuah sambal

penasaran dengan rasa rendang rawit ini...coba deh kontak no dibawah ini...follow IG, Twitter dan Fbnya juga ya..
silahkan mencobanya :)








Baru saja 4 hari bergelut dengan rutinitas yang menguras waktu dan fikiran..otakku sudah ingin masuk dalam freezer biar fresh... nah loh ??? mulai ngawurnya kalo sudah lelah bekerja...  saking jenuh dan capeknya badan ini..terfikir oleh ku sore ini aku pulang sore ajah..Tuh kerjaan kalo diturutkan gak bakal ada habisnya..dan Duit kalo dicari gak akan ada kata cukup2nya..

Setelah bernegosiasi dengan temanku, akhirnya dia bersedia stay dikantor sampai orderan selesai, dan aku bisa balik jam 4 sore...horeeee kemana ya..kemana... kemana..kemana....ku harus berjalan kemanaaaa...hahahahha otak langsung muter2 dari segala arah, lihat langit masih cerah..sudah ah kesekupang ajah..

kali ini aku ingin menunggumu Matahari... Aku ingin Menunggu sinarmu yang perlahan akan meninggalkan Langit biru....So pancarkan lah sinarmu agar bisa ku perlihatkan pada Dunia bahwa sinarmu begitu indah....

Sore ini, benar2 koleksi sunset ku bertambah...senang..kagum...dan semakin mencintai Langit Ciptaan Mu....dan pastinya setelah melihat matahari kembali pulang, otak ini pun kembali relax,,,

dibawah ini beberapa tempat yang kutemui memiliki Sunset yang indah dan sempat kuabadikan..

sunset dari Cafe The One Sekupang
sunset dari Tanjung Riau





 sunset dari pantai Melayu Barelang




sunset dari Pantai Setokok Barelang



sunset dari jembatan 6 barelang

sunset dari Alun2 engku putri batam centre


 akan terus dan terus mencari keindahanmu dari berbagai Daerah. Karena Aku mencintaimu Alam Indonesiaku..





Sepertinya wisata alam terutama pantai di Batam terus bertambah, gak diragukan memang, Laut dikepulauan riau ini begitu indah, dan tak kalah dengan pantai2 yang ada di daerah lain.. sebagai warga batam kepulauan Riau, saya tidak mau melewatkan kesempatan untuk terus dan terus mengunjungi tempat2 wisata baru, bukan karena ikut2an, sekedar  datang selfi2 trus ninggalin sampah, namun terlebih ingin terus mencintai dan menikmati Ciptaan Tuhan yang begitu Luar biasa.

Kali ini saya tertarik untuk mengunjungi Pulau Mubut Darat, untuk menuju kepulau mubut, harus melewati dermaga yang berada dipesisir pantai Sembulang , melewati jembatan 4 barelang Namun belum sampai ke jembatan 5 ya, Cuaca hari ini begitu cerahnya, meski diperjalanan sempat diguyur hujan yang cuma numpang lewat,,dan ombak sedikit naik keperahu, namun tak menyurutkan hatiku,,view didepan sana yang begitu cantik seolah olah sudah menunggu kedatangan kami..pasir putih yang begitu halus juga seperti tak sabar untuk kami jalani..


pulau mubut dari kejauhan



pesisir pulau mubut

langit cantik...


gerbang pulau mubut

Perahu kami pun tiba dipesisir...waaahhh awan putih yang begitu tebal dan langit biru yang cerah benar2 membuat pulau ini begitu indahnya..walau panas begitu menyengat dikulit, aku tak perduli,,karena yang kutau disekeliling  pulau ini begitu membuatku takjub.

lihatlah awan yang cantik dibelakang itu...

perahu kami pergi menjemput tamu lainnya

hamparan air yang jernih dah hijau..

Hari ini pengunjung pulau mubut begitu ramai, sehingga gazebo yang disewakan Rp 50.000, sampai puas,  pun ludes terisi pengunjung.. namun tetap..kami selalu menyediakan peralatan sendiri, sehingga perjalanan kami tak perlu menyewa, dan tetap kami bisa santai..
pengunjung menikmati makan siang mereka

ada yang sedang bermain volley ball


pada sibuk dengan aktifitas masing2 meski mendung mulai menyapa

Pulau mubut baru dibuka, dan masih tahap dikelola,sehingga belum ada yang berjualan disini..jadi kudu bawa dari rumah ya stok makanan...hanya ada buah kelapa yang bisa dibeli Rp 5000 tapi saking ramainya pengunjung saat itu kami nunggu hampir 2 jam  baru dapat, dan toilet untuk berganti pakaian atau meninggalkan jejak..nah loh ???heheh abaikan saja jejeak ditoilet itu ya...

sudah ditulis dilarang mengotori tetap aja pengunjung membuang sampah sembarangan

Bahkan Pampers bayi pun dibuang ditepi pantai..dasar penyampah...


kalo sudah begini...bawaannya betah,,, air kelapa yang belum sempat
 kami nikmati sampai habis, keburu diharuskan pulang :(

Ada sedikit kejadian yang mengecewakan aku dimana, spanduk tertulis Rp 40.000/ pp , namun jam 3 sore kami diharuskan pulang dan mengikuti rombongan yang lain.. dan jika kami ngotot mau pulang jam5, kami dikenai biaya tambahan Rp 200.000 alasannya rugi kalo cuma ngantar 2 orang...kecuali minimal 5 orang, baru bisa dijemput lebih lama..

apaaa ??? jengkel banget aku dengar nya...secara kita baru sampai jam 12.30 siang, masak harus pulang jam 3...alhasil aku mengomel  disana...biar mereka tau bagaimana cara memberikan pelayanan... so buat kamu yang mau kesana..sebelum nyebrang kepulau mubut pastikan dahulu buat perjanjian...jangan seperti kami, kecewa..karena dipaksa pulang sebelum waktunya..dan merasa hak bersantai kami dipalak!!

No. pengelola pulau mubut.


Spanduk yang dipajang


















welcome tu sembulang



View pantai ketika air pasang
Ini yang ke 3 x aku mengunjungi Pantai Sembulang...Pantai ini berada kira2 pertengahan jembatan 4 dan jembatan 5  barelang kecamatan Galang, Namun kali ini tujuanku ialah Kepulau Mubut Darat, yang mana  pelabuhannya melewati pesisir pantai sembulang. untuk menuju pantai ini memang meski bersabar, karena setelah masuk gerbang kelurahan sembulang, kamu kudu melewati 12Km lagi perjalanan sampai kebibir pantainya. Namun jangan khawatir...perjalanan disini sangat lengang.. dan kamu akan dimanjakan oleh view yang sangat memanjakan Mata, dimana terdapat perkebunan jagung, pepaya,daun ubi dan macam2 deh, serta pemandangan bukit2 yang menjulang..

menikmati jalanan yang lengang

panas mentari tak menyurutkan langkah kaki utk terus berjalan

Mungkin kali ini aku beruntung, ketika tiba dipantai sembulang, cuaca begitu cerahnya dan air laut sedang pasang, Alhasil kami takjub dengan keindahan air lautnya :) Subhanallah Indahnya....


pesisir pantai yang lagi bersih

gazebo yang disewakan Rp 50.000

view dari kelong yang ada di dekat pantai sembulang

lihatlah betapa cantiknya air laut yang menghijau dan membiru diseberang sana...